Lakukan Ekspansi Bisnis dengan Memanfaatkan Shared Services

Monday, 20 December 2021

Tidak sedikit para pelaku bisnis yang berpikir bahwa melakukan ekspansi bisnis merupakan sesuatu yang relatif berat. Tetapi, setiap pelaku bisnis pasti sudah mengetahui bahwa bisnis yang ekspansif akan memunculkan peluang bagi hasil yang lebih baik dalam segi apapun. Melakukan ekspansi bisnis bisa dalam berbagai bentuk, salah satunya banyak pelaku bisnis dapat beralih menggunakan model Shared Services untuk operasional bisnisnya. 

Sebenarnya konsep Shared Services sendiri telah dimulai pada tahun 1980-an. Pada saat itu organisasi besar dengan banyak unit bisnis mulai mencari cara untuk melakukan ekspansi bisnis. Mereka mulai mencari cara alternatif untuk mengurangi atau menghilangkan biaya administrasi bisnis. Konsep Shared Services sendiri mulai mendapatkan daya tarik di kancah bisnis sekitar dua puluh tahun yang lalu sebagai taktik untuk mengurangi biaya dan mensimplifikasi bisnis. Berikut beberapa penjelasan mengapa Shared Services dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda dalam melakukan ekspansi bisnis.

 

Membantu Standarisasi Pelayanan

Standarisasi layanan adalah salah satu alasan terpenting organisasi memilih untuk menerapkan model Shared Service. Pembentukan sentralisasi dengan satu titik kontak untuk pemberian layanan pada pelanggan dalam suatu organisasi menciptakan standarisasi dalam pemberian layanan di seluruh unit bisnis. Dengan adanya hal ini juga dapat menghilangkan keberagaman pelayananan dalam perusahaan sehingga menciptakan jalur organisasi yang lebih andal dan efisien. 

Memungkinkan Bisnis Bersaing di Pasar Global

Implementasi Shared Service telah menciptakan peluang bagi organisasi untuk menetapkan nilai dalam melakukan continuous improvement dan meningkatkan pelayanan. Sebelum maraknya penggunaan Shared Services, setiap unit bisnis memiliki karyawan yang bertanggung jawab dalam tugas administratif yang berulang. Namun dengan adanya layanan ini, pihak ketiga yang menjalankan Shared Services nantinya akan ditugaskan untuk layanan tertentu dengan tujuan menjalankan, mengukur, dan meningkatkan kualitas. 

Shared Services akan bertanggung jawab untuk memastikan keberhasilan dengan mengukur kinerja, meningkatkan layanan melalui adopsi teknologi (seperti penerapan portal layanan bersama), dan memastikan bahwa layanan memiliki harga yang andal dan kompetitif.

Meningkatkan Produktivitas

Dalam Survei Layanan Bersama tahun 2017, Deloitte melalui surveinya menemukan bahwa Shared Services memberikan peningkatan nilai setiap tahunnya, dengan 76 persen responden melaporkan peningkatan produktivitas sebesar 5 persen atau lebih besar. Keuntungan ini terwujud ketika organisasi menetapkan KPI yang dijalankan oleh penyelenggara Shared Services, sehingga karyawan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka sambil menyempurnakan pendekatan terhadap penggunaan layanan Shared Services. Selain itu, penghematan awal rata-rata dari implementasi Shared Services yang baru secara signifikan telah meningkat menjadi 15 persen, dibandingkan dengan 10 persen dan 13 persen pada tahun-tahun sebelumnya. Ini terjadi karena penyelenggara Shared Services menemukan cara efisiensi yang selalu berkembang setiap tahunnya sehingga ekspansi bisnis pun dapat diwujudkan dengan baik. 

Meningkatkan Fungsionalitas

Salah satu manfaat utama dari Shared Services adalah bahwa mereka menawarkan solusi yang sepenuhnya terukur untuk organisasi yang ingin meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Pemilik perusahaan tidak harus melakukan implementasi multi-layanan besar-besaran dari model layanan Shared Service karena hal ini akan mengakibatkan biaya yang tidak sedikit. Sebagai gantinya, Anda sebagai pemilik perusahaan dapat memulai penggunaan Shared Service dengan satu fungsi dan perlahan-lahan dapat menggunakan fungsi lainya untuk meningkatkan kemampuannya dari waktu ke waktu. 

Fungsi yang paling umum digunakan oleh perusahaan diantaranya adalah keuangan, sumber daya manusia (SDM), teknologi informasi, pengadaan, layanan pelanggan, pajak, manajemen real estat dan fasilitas, layanan hukum, penjualan/pemasaran, dan manajemen pasokan. Semakin banyak, organisasi menggunakan fungsi Shared Services, Anda semakin dapat menangani berbagai fungsi yang ada di perusahaan. 

Efisiensi Biaya yang Signifikan

Dilansir dari Ivanti, banyak perusahaan sektor swasta terbesar di Amerika Serikat, termasuk General Electric, Ford, Pfizer, dan SAP, telah mengadopsi model layanan Shared Services untuk menurunkan biaya pengiriman layanan dan menghemat jutaan dolar dalam prosesnya. Dalam Survei Layanan Bersama Global 2019 yang dilakukan oleh Deloitte juga, responden menunjukkan bahwa efisiensi biaya dan mendorong nilai bisnis adalah prioritas utama untuk investasi dalam layanan Shared Services. Survei tersebut mengungkapkan bahwa 80 persen responden dapat memperoleh kembali investasi awal mereka dalam waktu tiga tahun sejak Shared Services diimplementasikan di perusahaan mereka. Hal ini sangat memungkinkan terjadinya ekspansi bisnis pada usaha yang Anda jalankan.

 

Jelas Shared Services menjadi penting bagi Anda yang akan melakukan ekspansi bisnis. Perusahaan dapat melakukan simplifikasi bisnis sehingga dapat fokus memberikan layanan dan produk yang lebih optimal pada pelanggan dan sesuai dengan visi perusahaan. Melalui penggunaan Shared Services, pengguna juga dapat menekan biaya perusahaan dengan tingkat layanan yang sama atau justru lebih baik. Perusahaan dapat segera merampingkan aktivitas operasional bisnis sehingga diperoleh kualitas layanan yang lebih baik, perputaran bisnis yang lebih cepat, konsistensi yang lebih besar dan peningkatan nilai bisnis. 

Jika Anda menginginkan dukungan dalam mengimplementasikan Shared Service ini, tanyakan kebutuhan Anda dengan hubungi kami sekarang juga!