Optimalkan Fungsi Keuangan, SIG & SISI Gelar Kick Off Implementasi Shared Services

Friday, 4 October 2024

Dalam upaya menciptakan Operasional yang Excellence yang mendukung pertumbuhan bisnis SIG, SISI kembali dipercaya dalam penyediaan layanan operasional profesional berbasis shared services. Kerja sama ini ditandai dengan diselenggarakannya Kick-off Meeting Implementasi Shared Services Finance secara virtual pada tanggal 17 September 2024 lalu.

Sebagai pusat layanan bersama (shared services center), SISI akan bertanggung jawab atas pengelolaan fungsi operasional SIG, khususnya di bidang keuangan. Lingkup layanan yang diberikan meliputi pengelolaan akun hutang, pengelolaan proses pembayaran, proses rekonsiliasi inter/intra company, administrasi kearsipan dan layanan service desk, hingga laporan kinerja.

Kick-off meeting yang dihadiri oleh Achmad Tholchah selaku Direktur Utama PT SISI, Hasan Arifin selaku SVP of Corp. Finance, Vitria Daniati selaku GM of HC Policy & Strategy SISI, dan R Endah Sulistyo Haryani selaku VP of Financial Policy & Excellence SIG, ini menjadi momentum penting bagi kedua perusahaan untuk memulai kerja sama ini. 

Dalam kesempatan tersebut, Dame Yosephine Pardede selaku Project Manager SISI dalam Shared Services menyampaikan beberapa paparan mengenai rencana pelaksanaan, yang mencakup ruang lingkup pekerjaan, metodologi yang akan digunakan, serta timeline yang telah disepakati.

Endah Sulistyo Haryani selaku VP of Financial Policy & Excellence SIG menyampaikan bahwa SIG akan mengoptimalkan manfaat dari kerja sama shared services dengan SISI. Pihaknya menyatakan bahwa SIG dan SISI akan bersinergi untuk menemukan solusi terbaik dalam penerapan shared services ini. “Implementasi ini akan kita sesuaikan secara detail, termasuk penempatan sumber daya manusia, ini memungkinkan kita bisa melakukan transisi agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.”

Senada dengan Endah Sulistyo, Dame menyampaikan bahwa pihaknya akan mengadopsi pendekatan yang adaptif untuk memilih metode terbaik dalam penerapan shared services ini. “Kami akan menerapkan project shared services dengan pendekatan metode “Lift and Shift” sehingga project shared services dapat segera diterapkan. 

Sebagai penyedia layanan shared services, SISI berkomitmen menghadirkan pelayanan yang bersifat center of excellence, yang terdiri dari dukungan penuh terhadap proses bisnis mulai dari people, process, teknologi dan informasi.

Melalui kolaborasi ini, dengan mengalihkan sebagian pengelolaan proses operasional di bagian keuangan ke shared services SISI, SIG dapat lebih memfokuskan sumber daya pada aktivitas inti/core, analisa untuk mendukung inisiatif strategis, inovasi, pengembangan bisnis, serta  diharapkan dapat meningkatkan proses operasional yang excellence.