Semen Baturaja dan SISI Gelar Kick Off Implementasi Plant Equipment Health Diagnostic

Friday, 20 September 2024

Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan keandalan operasional pabrik, PT Semen Baturaja Tbk jalin kerja sama dengan SISI dalam  implementasi sistem Cloud Based Plant Equipment Health Diagnostic. Mulainya kerja sama ditandai dengan dengan agenda kick off meeting yang digelar pada Jumat, 13 September 2024 lalu melalui video conference.

Plant Equipment Health Diagnostic merupakan sistem yang dikembangkan untuk memantau kondisi peralatan pabrik secara real-time menggunakan sensor, analisis data dan kecerdasan buatan. Melalui teknologi berbasis cloud, perusahaan dapat mengakses data kesehatan peralatan dari berbagai lokasi pabrik secara terpusat dan efisien. 

Salah satu keunggulan dari sistem ini adalah analisis data yang didukung oleh machine learning dan artificial intelligence yang memungkinkan identifikasi dini terhadap potensi kerusakan peralatan. Hal ini akan membantu dalam predictive maintenance, perencanaan pengadaan suku cadang, dan optimasi penggunaan energi. Dengan sistem ini tim operasional dapat mendeteksi potensi kerusakan pada peralatan lebih awal, sehingga tindakan preventif dapat dilakukan sebelum terjadi downtime yang mengganggu produksi.

“Implementasi Plant Equipment Health Diagnostic ini akan memberikan visibilitas yang lebih baik terhadap kondisi peralatan pabrik di PT Semen Baturaja Tbk. Dengan data yang akurat dan real-time, kami berharap dapat memudahkan tim operasional dalam mengoptimalkan jadwal pemeliharaan, meminimalkan biaya perawatan, dan meningkatkan umur peralatan,” ujar Ahmad Ash Shiddiqi selaku Project Manager SISI dalam proyek ini.