Jakarta, 2 Januari 2019 – Mengawali tahun 2019, PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) telah resmi mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015. Keberhasilan SISI dalam mendapatkan sertifikat ISO tentunya berkat dukungan top manajemen dan komitmen seluruh karyawan.
Penerapan ISO 9001:2015 sangat bermanfaat bagi perbaikan pengelolaan perusahaan. Efektifitas proses bisnis pada level operasional hingga peningkatan produktifitas adalah 2 hal yang menjadi fokus utama standar internasional yang fokus pada Sistem Manajemen Mutu ini. Welly Adia, Program Management Office SISI mengatakan bahwa sertifikat ISO sangat penting bagi eksistensi perusahaan, terlebih perusahaan teknologi informasi.
Selain untuk meningkatkan jaminan mutu perusahaan, penerapan ISO ditunjukkan agar perusahaan dapat melakukan pengukuran proses bisnis yang sudah dijalankan. Proses bisnis yang sesuai standar akan berdampak pada maksimalnya keberhasilan kinerja perusahaan.
“International Standard Organization (ISO) adalah best practice pengelolaan perusahaan yang digunakan perusahaan seluruh dunia. Guaranty of quality merupakan hal yang akan didapatkan dari penerapan ISO. Sejalan dengan hal itu, SISI memiliki komitmen untuk mengikuti best practice dalam pengelolaan perusahaan di dunia, sehingga layanan yang kita berikan berkualitas.”
Analisa dan evaluasi internal telah dilakukan selama proses implementasi. Sementara itu, audit eksternal yang menggandeng British Standards Institution selaku Lembaga Sertifikasi difokuskan untuk menilai kesesuaian proses bisnis yang dilaksanakan dengan standar yang ditetapkan ISO 9001:2015. Assesor juga menilai proses delivery produk dan jasa perusahaan, tingkat kepuasan pelanggan, serta kinerja dan efektivitas sistem manajemen.
Dari hasil assessment, tidak ditemukan kondisi Major yang dapat mempengaruhi manajemen mutu perusahaan. Namun demikian, dalam prosesnya, corrective action dilakukan terus menerus selama tim audit internal masih menemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan pedoman ISO. Audit eksternal bahkan akan berlangsung setiap tahun setelah perusahaan mendapatkan sertifikat. Hal ini ditunjukkan untuk menjaga kualitas dan menjamin perusahaan untuk terus sesuai dengan standar.
“Ke depannya, kita akan memastikan agar seluruh prosedur dan proses bisnis berjalan sesuai dengan standart yang telah ada”, tambahnya. Hal ini jelas memerlukan komitmen dan konsistensi dari seluruh pihak. SISI terus melakukan perbaikan atas pengelolaan perusahaan sebagai perusahaan teknologi informasi dengan mendapatkan sertifikat ISO yang lain seperti ISO 20000 tentang Information Technology Service Management (ITSM) dan ISO 27001 tentang information security.
Seluruh usaha dan sertifikasi yang didapatkan SISI sebagai perusahaan teknologi informasi dan komunikasi tentunya tidak lain untuk menjaga perusahaan agar dapat bertahan dan tetap prospektif di mata potential klien. Jaminan mutu kepada klien yang akan meningkatkan kepercayaan kepada perusahaan adalah hasil yang kita harapkan dari berbagai usaha yang kita lakukan.