SISI dan FORDIGI Gelar Emerging Tech Meetup Bertajuk Machine Learning & Predictive Maintenance

Friday, 21 June 2024

Jakarta, – Forum Digital BUMN (FORDIGI) dan PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) yang merupakan bagian PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau dikenal SIG berkolaborasi menggelar Emerging Tech Meetup bertajuk “Machine Learning-Powered Predictive Maintenance for Industrial Equipment” pada Rabu, 12 Juni 2023 yang lalu. 

Kegiatan yang berlangsung di SIGnature Lounge, The East Tower, Lantai 18 ini, sukses menarik para profesional untuk membahas bagaimana peran krusial machine learning dalam predictive maintenance bagi industri khususnya manufaktur.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan terhadap keandalan dan efisiensi operasi dalam sektor manufaktur, predictive maintenance menjadi salah satu teknologi penting. Melalui analisa data sensor dengan machine learning, risiko kerusakan peralatan dapat diprediksi secara dini. Sehingga, dapat dilakukan tindakan pencegahan untuk menghindari henti produksi tak terjadwal, menekan biaya perbaikan, dan meningkatkan efisiensi produksi.

Pada agenda meetup kali ini, para pemateri seperti Achmad Tholchah (CEO PT SISI) dan Swarup Goswami (EVP & Business Head – APJ Infinite Uptime) berbagi wawasan serta pengalaman mereka tentang bagaimana machine learning dapat membantu meningkatkan akurasi dan kecepatan analisis data sensor, sehingga memungkinkan deteksi dini kemungkinan kerusakan alat dan meminimalkan risiko downtime.

Achmad Tholchah dalam kesempatannya memaparkan materi tentang implementasi smart plant yang kini bukan lagi hal yang rumit. Cloud platform dapat menjadi solusi alternatif dengan biaya yang lebih hemat. Implementasi smart plant membuka peluang besar untuk penghematan operasional pabrik, dengan memanfaatkan teknologi machine learning untuk analisis dan evaluasi yang lebih mendalam.

Sementara itu, Swarup Goswami juga turut berbagi berbagai pengalaman implementasi predictive maintenance dalam industri, termasuk manfaat, biaya, arsitektur, fitur, dan solusi berbasis machine learning. Predictive maintenance menawarkan banyak manfaat bagi industri, termasuk peningkatan keandalan aset, pengurangan biaya, dan peningkatan keselamatan.

Kegiatan ini berlangsung dengan antusiasme yang tinggi dari para peserta, dengan berbagai pertanyaan dan diskusi menarik yang mewarnai sesi tanya jawab. Para peserta memberikan apresiasi atas informasi dan wawasan yang berharga yang mereka dapatkan dari meetup ini.

“Sangat edukatif, pertahankan semua aspeknya. Pemaparan materi dan studi kasus sangat membantu dalam melakukan benchmarking di tempat kerja,” ungkap salah satu peserta, seorang profesional di bidang teknologi dari BUMN.

Terselenggaranya agenda FORDIGI Emerging Tech Meetup ini dapat menjadi wadah bagi para ahli dan profesional dari berbagai industri untuk saling berbagi dan bertukar pikiran, sekaligus mendorong penggunaan dan pengembangan teknologi. SISI dan FORDIGI berkomitmen untuk terus mendukung transformasi digital dan mendukung peningkatan efisiensi operasional dan daya saing bisnis.