Soft Launching Aplikasi Safety Health Environment, SIG Utamakan Keselamatan Kesehatan Kerja

Thursday, 15 September 2022

Saat ini kita memasuki era industri 4.0, di mana peran revolusi digital sangat besar dalam masyarakat. Ini ditandai dengan penggabungan informasi dan teknologi komunikasi di hampir semua bidang. Hal itulah yang menginisiasi SIG dan SISI melakukan pengembangan aplikasi SHE (Safety Health Environment) SIG yang resmi launching pada hari Jumat (9/9/2022) melalui video conference.

Adapun dalam serangkaian kegiatan ini terdapat beberapa agenda di antaranya laporan project aplikasi SHE SIG yang disampaikan oleh Bapak Yulmizar dari ICT SIG, sambutan dan kick off aplikasi SHE SIG yang disampaikan oleh  Bapak Oepoyo Prakoso selaku BPO (Business Process Owner) SIG, dan pemaparan serta demo aplikasi SHE SIG oleh Poppy Melisa selaku co-project manager SISI.

Sentralisasi aplikasi SHE ini nantinya akan mendukung seluruh aktivitas departemen sustainability di seluruh area operasional SIG yang meliputi 3 ruang lingkup besar seperti K3/safety, environment, dan sustainability monitoring. Sebelumnya SIG sendiri telah menerapkan aplikasi SHE (Safety Health Environment) SIG yang berbasis web dan digunakan oleh masing-masing anak perusahaan SIG serta belum terintegrasi satu sama lain.

Dalam pengembangan kerja sama ini nantinya SISI akan mendukung proses bisnis terkini yang disesuaikan dengan kebutuhan SIG. SISI juga akan melakukan pengoptimalan pengelolaan aspek SHE untuk seluruh area operasional SIG yang mendukung multi company dan konsolidasi. 

Dalam sambutannya, Oepoyo Prakoso selaku BPO SIG menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik dan mendukung pengembangan inovasi yang dibuat guna membantu meningkatkan performa Kesehatan dan Keselamatan Kerja di perusahaan dengan baik. “Mungkin diantara kita sudah banyak yang aware dengan Safety Health Environment (SHE). Untuk mengurangi atau meniadakan kejadian fatal maka harus diupayakan berbagai cara termasuk pengembangan teknologi pendukung untuk monitoring dan mengurangi kondisi berbahaya yang ada di operasional perusahaan.”

Pada aplikasi ini pengguna akan diuntungkan oleh tiga keunggulan diantaranya bisa menjadi media untuk meningkatkan aspek analisa & monitoring dalam pelaksanaan K3, kepatuhan terhadap regulasi SMK3 (nasional) maupun ISO 45001 (international) serta meningkatkan efisiensi finansial dan operasional melalui aplikasi tersentral dan kapabilitas kontrol terhadap seluruh area SIG.

Dalam kesempatan kegiatan soft launching aplikasi SHE SIG ini, Oepoyo Prakoso juga menghimbau kepada seluruh insan SIG untuk selalu patuh terhadap aturan sehingga tercapai performa kesehatan dan keselamatan kerja yang diharapkan, “Kesehatan dan keselamatan kerja merupakan tanggung jawab bersama, untuk itu diharapkan semua pihak dapat berpartisipasi aktif melaksanakan aturan yang telah dibuat demi menjaga keamanan dan kenyamanan kita semua.”