Kembangkan Knowledge Karyawan, SISI Rutin Gelar Training dan Berbagi Pengetahuan

Friday, 15 October 2021

Pengetahuan merupakan hal yang penting bagi karyawan suatu perusahaan untuk dapat memiliki keunggulan kompetitif pada dunia bisnis. Ada berbagai cara untuk tingkatkan pengetahuan tersebut salah satunya mampu menggali potensi dan sharing pengetahuan seputar proses bisnis, manajemen proyek, tantangan yang terjadi pada setiap unit kerja, hingga berbagi pengalaman tentang hal-hal di luar pekerjaan yang bermanfaat bagi pengembangan pengetahuan dari pegawai perusahaan. 

Kegiatan semacam ini juga dilakukan oleh SISI melalui kegiatannya dalam kelas internal training. Kelas yang diselenggarakan oleh Tim HC Development dari Departemen SDM PT SISI ini menjadi kegiatan yang secara konsisten dilakukan setiap minggunya. Pada kegiatan ini terdapat beberapa bidang training yang dapat diikuti oleh karyawan, diantaranya kelas Project Manager, ABAPER, Programmer, Mobile-Flutter, dan beberapa kelas training lainnya. Dalam kegiatan ini, peserta diberikan waktu untuk dapat mengikutinya dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan setengah sesuai dengan jadwal training yang diikuti. 

Pada kesempatan ini, Ronalis Auriga selaku salah satu pembicara pada training ini bercerita sedikit mengenai pengalamannya menjadi pembicara internal training. Menurutnya antusiasme dari para karyawan menjadikannya semangat untuk dapat lebih mengembangkan kemampuan yang dimiliki, “Sejujurnya ini bukan pelatihan yang pertama di SISI, namun dengan adanya program ini menjadi semangat tersendiri bagi para karyawan karena program ini bersifat continous dengan bidang training yang menarik dan berskala lebih besar dari sebelumnya. Memang perlu penyesuaian utamanya bagi karyawan yang baru belajar khususnya di bidang ABAPER, tetapi saya yakin mereka semua mampu dan dapat mengkolaborasikan dengan pek erjaan yang mereka hadapi saat ini.”

Manager SDM, Hani Aisah Fara mengatakan bahwa kegiatan internal training ini digelar untuk memperkaya pemahaman para karyawan terkait berbagai keterampilan yang berpotensi untuk pengembangan dilingkungan kerja PT SISI. “Memang sejak tahun 2021 ini diharapkan kami dapat mengembangkan people development, salah satunya melalui training ini. Kita manfaatkan resource yang ada sesuai dengan bidang keahlian dan pengalaman yang mereka miliki. Namun sebelum ini kami juga telah memberangkatkan beberapa karyawan untuk melakukan pelatihan eksternal untuk dapat dibagikan ilmunya ke karyawan lain.”

Lebih lanjut Hani berharap kegiatan ini sebagai bekal para karyawan sehingga bermanfaat dalam berbagai pengerjaan proyek dan pengembangan layanan yang ada di PT SISI agar memiliki kesiapan yang lebih mumpuni, “Pekerjaan proyek yang kita miliki saat ini terus berkembang, sehingga karyawan yang mengerjakan juga harus dibekali dengan knowledge yang baik. Seperti contoh seorang Project Manager kami menyediakan kelas project manager, selain itu kami menyediakan kelas ABAPER maupun mobile programmer bagi karyawan yang tertarik untuk meningkatkan skill programming-nya. Agar nantinya mereka dapat memahami dan mengembangkan standar yang dapat diterapkan pada proyeknya dengan baik.”