Manfaat Firms, Software ERM bagi Transformasi Bisnis Anda

Monday, 16 January 2023

Bisnis apa saja yang ada di dunia ini, tak akan pernah lepas dari risiko yang mengancam kinerja dan pertumbuhan perusahaan. Oleh sebab itu, dibutuhkan metode yang kuat untuk mencegah risiko-risiko ini yang dapat merugikan perusahaan.

Enterprise Risk Management (ERM) adalah salah satu metode yang digunakan perusahaan untuk mencegah berbagai kendala dan risiko yang bisa saja terjadi di kemudian hari. ERM membantu perusahaan mengidentifikasi, mengkategorikan risiko dan evaluasi risiko.

 

Enterprise Risk Management mengambil pendekatan menyeluruh dan mencegah potensi kerugian dari tingkat dasar ke tingkat atas seluruh perusahaan. Ada enam tujuan risk management dalam perusahaan, di antaranya adalah:

  1. Melindungi

Tujuan menggunakan ERM yaitu untuk melindungi perusahaan dari berbagai risiko yang bisa menghambat proses pencapaian tujuan perusahaan.

  1. Membantu

ERM membantu perusahaan dalam proses pembuatan kerangka kerja manajemen risiko yang konsisten atas risiko yang ada pada proses bisnis dan fungsi-fungsi di dalam sebuah perusahaan.

  1. Mendorong

ERM juga mendorong perusahaan agar bertindak proaktif terhadap risiko guna mengurangi potensi risiko, dan menjadikan risk management sebagai sumber keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan.

  1. Peringatan

Mendorong semua individu dalam perusahaan agar bertindak hati-hati dalam menghadapi risiko perusahaan demi tercapainya tujuan yang diinginkan.

  1. Meningkatkan

Membantu meningkatkan kinerja perusahaan dengan menyediakan informasi yang lengkap dari setiap tingkat risiko yang disebutkan dalam peta risiko atau risk map.

  1. Sosialisasi

ERM membangun kemampuan individu maupun manajemen untuk mensosialisasikan pemahaman tentang risiko dan pentingnya risk management.

 

Dari tujuan-tujuan di atas, ERM dapat memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan. Manfaat ERM yaitu membantu perusahaan menciptakan budaya yang lebih berfokus pada risiko, mengintegrasikan evaluasi risiko ke dalam praktik bisnis dan IT. Ini adalah cara untuk meningkatkan manajemen risiko secara menyeluruh dalam perusahaan.

ERM juga membantu perusahaan dalam menerapkan pelaporan risiko yang lebih terstandarisasi, terstruktur, dan lengkap yang dapat membantu metrik dan pengukuran risiko untuk jangka panjang. Dengan menggunakan ERM, perusahaan juga dapat meningkatkan fokus dan perspektif mereka tentang berbagai jenis dan kategori risiko yang mungkin bisa dihadapi mereka.

Manfaat ERM lainnya yaitu dengan fokus yang lebih besar pada risiko yang terkait dengan tujuan bisnis dapat mengarah pada penggunaan sumber daya yang lebih efisien misalnya, penerapan lisensi keamanan titik akhir terbatas pada sistem yang paling terbuka dan kritis.

Perusahaan yang sangat teregulasi dengan baik dapat meningkatkan koordinasi masalah regulasi dan kepatuhan di seluruh rangkaian tujuan bisnis yang beragam. Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk menggunakan ERM.

 

Saat ini, terdapat aplikasi ERM yang bisa membantu Anda dalam mengelola risiko perusahaan yaitu Firms.

Firms adalah aplikasi terpadu yang digunakan untuk pengelolaan risiko perusahaan. Aplikasi ERM ini dapat membantu Anda dalam melakukan mitigasi mulai dari asesmen, pengawasan, hingga tindakan pengendalian risiko bisnis perusahaan.

Terdapat empat manfaat utama yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan Firms:

  1. Transparansi Informasi

Firms dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi dan mengetahui risiko yang mungkin sedang dan akan dihadapi perusahaan secara real time.

  1. Integrasi Antar Unit Kerja

Aplikasi Firms memberi kemudahan akses terkait potensi risiko antar corporate risk dan operational risk. Integrasi ini berguna agar setiap departemen atau divisi dalam perusahaan segera memberikan respon yang tepat dalam mengurangi risiko agar tidak merugikan perusahaan.

  1. Tingkatkan Produktivitas

Firms membantu Anda dalam mitigasi risiko yang lebih terencana dan terstruktur. Hal ini akan membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan produktivitas.

  1. Kemudahan Analisa

Analisis risiko adalah salah satu tahapan penting dalam pengelolaan risiko. Semakin mudah proses analisis, semakin cepat Anda dalam mencegah atau merespons risiko yang akan dihadapi perusahaan. Dengan Firms, Anda bisa melakukan analisa dengan mudah dan lebih terstruktur sebagai bahan evaluasi dan menghindari kesalahan yang sama.

Hadir dengan kombinasi teknologi dan bisnis, dapatkan manfaat Firms untuk mengelola keseimbangan antara risiko dan peluang dalam menciptakan alternatif terbaik bagi bisnis Anda.

 

Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap tentang Firms dan informasi lainnya tentang Enterprise Risk Management, hubungi kami di sini.