Manfaat Membangun Digital Trust dalam Berbisnis

Monday, 24 April 2023

Perkembangan teknologi digital kini tak hanya meningkatkan inklusi digital, namun valuasi ekonomi digital juga turut serta meningkat seiring berkembangkanya kebutuhan masyarakat di Indonesia. Isu mengenai kebutuhan adopsi teknologi digital pada berbagai sektor industri bisnis terus menjadi pemberitaan di media. Namun kini hal tersebut tidak lagi sebatas isu tapi sudah banyak yang mempraktekkannya.

 

Jika sumber kehidupan ekonomi digital adalah data, jantungnya adalah digital trust. Digital trust merupakan tingkat kepercayaan pada orang, proses, dan teknologi untuk membangun ekosistem digital yang aman. Peran platform digital dalam membangun digital trust atau kepercayaan pengguna dalam berinteraksi dan bertransaksi secara digital menjadi hal yang fundamental, mengingat berbagai tantangan dan risiko keamanan digital juga meningkat. Berikut beberapa manfaat membangun digital trust:

  1. Memiliki transparansi dan aksesibilitas

Beberapa waktu terakhir keberadaan teknologi digital semakin dipercaya mampu menopang berbagai sektor kehidupan dan pendukung terciptanya solusi inovatif bagi masyarakat Indonesia maupun global. Dalam bisnis, keberadaan platform digital diharapkan oleh sebagian besar pelanggan dapat meningkatkan transparansi dalam setiap produk atau interaksi dengan pelanggan dan mengurangi ketidakpastian pengambilan keputusan serta mendeteksi adanya potensi penyalahgunaan atau penipuan, perdagangan gelap, dan aktivitas kriminal lainnya.

  1. Kepuasan pelanggan yang lebih baik

Digital trust kini telah menjadi prinsip dasar yang harus dimiliki oleh bisnis. Ini tentang bagaimana pelanggan tidak merasa ragu dengan menggunakan sebuah produk dan layanan yang Anda miliki apalagi bagi Anda yang memiliki produk atau layanan dalam bentuk digital. Tentu kepercayaan ini tidak datang secara tiba-tiba melainkan butuh proses yang panjang hingga pelanggan dapat mempercayainya. 

Digital trust akan memberikan dampak positif pada bagaimana Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan dan calon pelanggan. Teknologi tidak hanya memfasilitasi interaksi Anda, tetapi juga meningkatkan layanan sesuai kebutuhan dengan lebih tepat. Hasilanya pelanggan akan lebih puas dengan layanan yang diberikan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan lebih baik.

  1. Peluang digitalisasi produk dan layanan semakin terbuka

Apabila Anda telah memiliki berbagai data dan juga dapat menganalisanya, bisnis Anda akan lebih mudah membangun digital trust untuk setiap produk dan layanan yang ditawarkan. Anda dapat memiliki peluang pemasaran yang jauh lebih besar melalui digitalisasi karena gaya hidup masyarakat saat ini lebih menggemari sesuatu yang praktis dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan. 

Bisnis akan lebih mudah mengubah bagaimana cara komunikasi, interaksi, dan fungsi bisnis menjadi lebih baik dengan digitalisasi. Pada bisnis, digitalisasi juga dapat diimplementasikan dalam transformasi proses bisnis, fungsi dan model bisnis.  

  1. Keuntungan semakin besar

Kepercayaan pelanggan menjadi modal yang sangat berharga ketika Anda ingin membangun digital trust dalam berbisnis. Penerapan digitalisasi dalam berbagai sektor pada bisnis telah terbukti mampu meningkatkan profit perusahaan. Prospek digitalisasi membuka lebih banyak akses ke pelanggan serta mengembangkan pasar dengan lebih cepat. Tidak dapat dipungkiri ketika perusahaan mengadopsi konsep digital dan menerapkannya ke semua proses operasional, ini akan meningkatkan kualitas kerja perusahaan secara keseluruhan.

 

Dalam upaya membangun digital trust, peran inovasi teknologi melalui sistem integrasi bisnis yang baik sangat penting. Jika bisnis tidak dibarengi dengan inovasi digital, maka dapat dipastikan bisnis akan tertinggal dengan kompetitor.