Maraknya Program Affiliasi akankah Membuat Bisnis Berkembang?

Friday, 21 July 2023

Tahukah Anda bahwa Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki pengguna sosial media terbanyak di dunia? Sebut saja seperti Instagram, Twitter, Tiktok, dan lain sebagainya. Dengan maraknya sosial media saat ini, keberadaannya sering dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan pemasaran, salah satunya seperti program afiliasi.

 

Program afiliasi merupakan strategi pemasaran online yang menggunakan penghubung antara penjual dan pembeli, di mana penghubung tersebut akan mendapatkan komisi. Program afiliasi saat ini menjadi model bisnis yang cukup menjanjikan. Salah satu contoh umum bisnis afiliasi adalah penggunaan link referral. Namun tahukah Anda apa saja manfaat dari afiliasi? Berikut beberapa kelebihannya bagi bisnis;

  1. Membantu Proses Promosi untuk Meningkatkan Penjualan

Keuntungan utama yang biasanya akan didapatkan ketika menerapkan afiliasi adalah peningkatan penjualan. Tautan yang biasanya dibagikan oleh affiliate (orang yang melakukan afiliasi) akan menjangkau berbagai audiens di banyak daerah.

  1. Strategi Promosi yang Minim Risiko

Jika dibandingkan dengan marketing online lainnya, bisnis afiliasi cenderung termasuk strategi promosi yang memiliki risiko yang minim. Hal ini karena  tidak ada kontrak yang terikat yang mengharuskan Anda dengan seorang affiliate. Selain itu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang berlebih, hanya perlu sedikit membagi keuntungan dengan mereka jika kode referal yang dibagikan oleh affiliate sukses dibeli oleh orang lain.

  1. Memperluas Target Pasar

Sekilas bisnis afiliasi ini hampir sama dengan aktivitas MLM (Multi Level Marketing). Tapi sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Bisnis MLM biasanya akan berfokus pada jaringan, sedangkan aktivitas afiliasi lebih condong fokus pada trafik ke channel pembelian produk yang dijual. Bahkan keuntungan yang didapatkan dari afiliasi bisa berkali lipat, karena masing-masing affiliate memiliki pengikut yang beragam. Bisnis Anda pun akan semakin memperluas jangkauan dan tidak terbatas.

  1. Mengurangi Kebutuhan Karyawan dan Budget Pemasaran

Afiliasi dan sosial media saat ini menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan. Hampir setiap perusahaan berusaha mempropagandakan bisnis afiliasi ini, karena mudah dijalankan dan tak perlu membutuhkan SDM yang banyak. Selain itu banyak orang tertarik menjalankan afiliasi karena tak perlu mengeluarkan modal yang besar. Cukup peralatan pendukung saja seperti laptop, smartphone dan jaringan internet saja, sudah bisa jadi modal untuk menjalankan bisnis afiliasi.

  1. Membuka Peluang Usaha Bagi Affiliate Marketer

Dewasa ini pengaruh keberadaan affiliate sangat signifikan terhadap pemasaran suatu produk dan jasa. Cara bergabung menjadi affiliate saat ini pun cukup mudah. Sehingga banyak bermunculan affiliate pemula yang menyuguhkan berbagai konten yang bagus untuk menarik konsumen terhadap produk dan jasa Anda.

 

Cara kerja program afiliasi 

Kini hampir tidak ada kesulitan lagi untuk bergabung dalam program afiliasi. Sebagai pemilik produk, Anda hanya perlu membuka program afiliasi marketing bisa melalui platform secara pribadi atau bergabung dengan layanan marketplace saat ini. Dari sini, seorang affiliate akan mendaftar ke program afiliasi Anda dan meminta kode referal atau link yang akan mereka bagikan ke para pengikut mereka melalui sosial media, website atau artikel promosi. 

Semakin banyak link yang menghasilkan transaksi jual beli maka semakin besar pula komisi yang didapat oleh affiliate. Komisi yang akan dibagikan ke affiliate biasanya berbeda-beda tergantung perusahaan dalam membuat kebijakan dan kerjasama antara pihak perusahaan dan afiliasi.

Sedari awal, konsep yang disajikan bisnis afiliasi menarik atensi banyak kalangan. Namun perhatikan reputasi perusahaan Anda, perusahaan dengan reputasi positif akan kuat menarik konsumen yang lebih aktif. Para affiliator pun tidak akan sungkan untuk merekomendasikan produk pada pelanggan lain. Pada akhirnya, ini akan menciptakan loyalitas pelanggan sehingga pertumbuhan bisnis Anda meningkat.