Digitalisasi melalui Implementasi ERP, Tingkatkan Efektivitas dan Efisiensi Bisnis

Monday, 17 July 2023

Pada era digital yang terus berkembang ini, penggunaan teknologi Enterprise Resource Planning (ERP) telah menjadi suatu keharusan bagi perusahaan yang ingin berkembang. Implementasi ERP dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan kinerja bisnis mereka. Kini, hampir semua orang telah membicarakan ERP, namun tidak banyak juga yang meyakini bagaimana pentingnya bagi bisnis mereka dan dari mana harus memulai pemanfaatannya. 

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan sistem terpadu yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh sumber daya perusahaan. Penggunaan sistem ERP akan memudahkan perencanaan hingga pengelolaan sumber daya perusahaan. Teknologi ERP bukan hal baru dalam bisnis, awal mula kemunculannya dikembangkan dari back office. Ada banyak keuntungan yang diberikan ERP pada perusahaan di antaranya:

 

Visibilitas dan efektifitas alur kerja

Sistem ERP mampu menyederhanakan berbagai proses yang kompleks seperti perencanaan produksi, pelacakan inventaris, pembuatan laporan keuangan, dan lain-lain. Penerapan sistem ERP yang baik dapat menghilangkan pekerjaan manual sehingga berbagai proses operasional bisnis perusahaan dapat dilakukan dengan cepat secara digital. Selain itu, dengan penyederhanaan proses ini pula, perusahaan dapat merevolusi visibilitas alur kerja dalam perusahaan. Sehingga semua proses operasional kerja dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

 

Membuat keputusan bisnis berbasis data yang memiliki dampak besar

Keputusan yang diambil berdasarkan data yang akurat, akan berdampak besar bagi sebuah bisnis. Sistem ERP menawarkan sistem pengelolaan yang terintegrasi, sehingga proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Sistem ERP dapat membantu perusahaan untuk dapat meningkatkan akurasi data dan mempermudah pengolahan data untuk digunakan sebagai laporan ataupun perkiraan kebutuhan perusahaan. Tidak hanya itu, penerapan sistem ERP juga dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan keuangan perusahaan. Dengan begitu perusahaan dapat mengambil keputusan yang paling tepat berdasarkan data yang akurat.

 

Skalabilitas

Hampir semua perusahaan yang melakukan implementasi sistem ERP memiliki tujuan umum serupa, yakni mengoptimalkan proses bisnis. Sistem ERP memiliki beragam modul yang dapat saling terkonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan. Sistem ERP akan bekerja dengan mengintegrasikan data dari berbagai modul yang digunakan.

Aktivitas seperti pengelolaan stok barang, pengelolaan SDM, akuntansi dan rekap data penjualan dapat dilakukan dengan efektif berkat modul yang tersedia pada sistem ERP. Dengan begitu perusahaan akan lebih mudah melakukan skalabilitas untuk mengawasi proses bisnis agar lebih optimal lagi.

 

Selain keuntungan yang didapatkan ketika menerapkan ERP, sebenarnya banyak sekali bidang pekerjaan yang dapat memanfaatkan sistem ERP di antaranya:

  • Keuangan
  • Manajemen SDM
  • Procurement
  • Sales
  • Manufaktur
  • Logistik
  • Service
  • R&D
  • Manajemen Aset Perusahaan

 

Digitalisasi bisnis melalui penerapan ERP merupakan sebuah hal yang perlu dipertimbangkan keberadaanya. Perangkat lunak ERP dapat menjadi inisiatif strategis sekaligus fondasi yang kuat untuk bisnis dalam memulai transformasi digital. 

Tertarik untuk mengimplementasikan sistem ERP pada bisnis Anda? Hubungi kami segera!