3 Keuntungan Penerapan Risk Catalog Management melalui Firms

Thursday, 4 May 2023

Manajemen risiko, pengendalian risiko, dampak risiko, minimalisasi risiko, dan istilah serupa lainnya saat ini banyak digunakan dalam sebuah perusahaan dan dalam berbagai keadaan. Setiap perusahaan pasti menghadapi risiko dalam wilayah tanggung jawab dan bisnisnya yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan, menghambat kinerja bisnis bahkan menghancurkan suatu usaha.

Oleh karena itu, setiap manajer risiko berusaha untuk mengantisipasi dampak negatif dari risiko tersebut dan meminimalisir dampaknya jika terjadi. Manajemen risiko saat ini menjadi kebutuhan dan sangat penting bagi setiap perusahaan dalam mencapai tujuannya pada tingkat strategis.

Manajemen risiko adalah proses yang mana suatu perusahaan mengambil langkah-langkah yang sesuai untuk mencoba menghilangkan dampak dari risiko yang ada atau. Manajemen risiko juga digunakan untuk mengantisipasi potensi risiko dan mengusulkan solusi untuk meminimalkan besarnya dampak atau kemungkinan terjadinya risiko.

Untuk membantu mengelola risiko perusahaan Anda, saat ini telah hadir aplikasi Factually Firms. Firms adalah Factually Integrated Risk Management System yang merupakan aplikasi pengelolaan risiko perusahaan yang dirancang untuk membantu Anda dalam melakukan mitigasi mulai dari asesmen, pengawasan, hingga tindakan pengendalian risiko bisnis perusahaan.

 

Asesmen risiko, pengawasan, hingga tindakan pengendalian risiko bisnis perusahaan ini bisa Anda lakukan menggunakan fitur-fitur pada Firms yang terdiri dari Risk Catalogue Management, Risk Assessment dan Reporting & Dashboard. Berikut penjelasan tiga fitur utama Firms:

  1. Risk Catalogue Management

Risk Catalogue Management dapat membantu Anda dalam mengelola risiko bisnis dengan katalog lengkap yang berisi kategori risiko, relasi risiko, dan level risiko sesuai kebutuhan. Fitur yang tersedia pada Risk Catalogue Management di antaranya Master Risk, Heatmap Management, Role Management, dan Category List.

  1. Risk Assessment

Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat melakukan berbagai hal di antaranya Risk Assessment, Risk Register, dan Report Control.

  1. Reporting & Dashboard

Fitur ini akan menampilkan informasi real-time dashboard akan membantu perusahaan dalam membuat keputusan melalui analisis yang kuat, cepat dan akurat. Fitur yang tersedia pada Reporting and Dashboard di antaranya All Department Dashboard, Unit Dashboard, dan Top 10 Risk.

 

Keunggulan Risk Catalogue Management Firms

Penilaian risiko adalah sub-proses yang paling menuntut dalam proses manajemen risiko. Selama penilaian risiko, perusahaan akan memproses sejumlah besar informasi yang harus dicatat, dinilai, dan digunakan untuk mengusulkan solusi yang memadai.

Oleh karena itu, Katalog Risiko telah dikembangkan untuk mendukung sub-proses penilaian risiko. Katalog berfungsi untuk mencatat, menilai, dan selanjutnya memprioritaskan risiko yang teridentifikasi untuk tujuan penanganan lebih lanjut.

 

Dalam fitur Firms, katalog risiko bakal membantu Anda dalam mengelola risiko bisnis Anda dengan katalog lengkap yang berisi kategori risiko, relasi risiko, dan level risiko sesuai kebutuhan. Tiga hal ini menjadi keunggulan aplikasi Firms.

  1. Kategori risiko

Kategori risiko ini bakal membantu Anda dalam menyediakan data terkait risiko apa saya yang bakal dihadapi perusahaan Anda. Misalnya kategori Business Assurance. Risiko yang mungkin muncul mungkin berkaitan dengan kesiapan unit kerja untuk pelaksanaan proses audit.

Dalam fitur ini, tak hanya kategori utama, tetapi ada juga sub kategori yang semakin membuat laporan risiko kian lengkap dan rinci.

  1. Relasi risiko

Firms juga menyediakan fitur relasi risiko. Misalnya risiko dalam pelaksanaan proses audit. Relasi risiko yang tercatat adalah risiko auditor, risiko proses audit, risiko temuan audit, risiko temuan major audit, manajemen laboratorium, hingga risiko tindak lanjut.

Dengan adanya informasi relasi risiko ini, Anda bisa mengetahui berbagai jenis risiko lain yang bisa muncul dan mempengaruhi kinerja perusahaan. Oleh sebab itu, perencanaan dalam mengantisipasi atau meminimalisir risiko bakal lebih lengkap.

  1. Level risiko

Firms juga memiliki fitur Heatmap Management. Fitur ini dapat digunakan untuk membuat peta risiko sesuai dengan standar perusahaan. Peta risiko dapat disesuaikan level-levelnya dan banyaknya matrix yang sesuai dengan standar perusahaan. Dengan mengetahui level setiap risiko, Anda bisa menentukan risiko mana yang harus segera ditindaklanjuti atau diprioritaskan.

 

Selain tiga keunggulan di atas Firms juga memiliki fitur lain yang dapat menunjang pengelolaan risiko perusahaan Anda. Ingin mengetahui fitur-fitur Firms yang lain dan berbagai kemudahan yang tersedia di aplikasi ini termasuk informasi lainnya terkait Enterprise Risk Management? Hubungi kami di sini.