5 Fitur Utama yang Harus Ada pada ERM dan Kelebihannya bagi Bisnis Anda

Friday, 5 May 2023

Aplikasi atau software untuk Enterprise Risk Management (ERM) kini mulai diterapkan di berbagai perusahaan. Salah satu alasan utamanya yaitu untuk memudahkan perusahaan dalam mengidentifikasi dan mengelola potensi risiko yang mungkin bisa dihadapi perusahaan.

Oleh sebab itu, ketika perusahaan Anda memutuskan untuk membangun strategi Risk Management yang solid, penting untuk berinvestasi pada software terbaik. Hal ini guna menginformasikan dan menjalankan strategi agar mampu menghasilkan keputusan bisnis yang baik.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan fitur-fitur yang ada di dalam perangkat lunak ERM. Sesuaikan fitur dengan tujuan atau strategi perusahaan dalam pengelolaan risiko. Misalnya, Anda membutuhkan fitur yang dapat memberikan fleksibilitas untuk bekerja dengan menggunakan pendekatan perusahaan. Atau fitur dengan kemampuan yang dapat diintegrasi dengan perangkat lunak lain yang Anda gunakan.

 

Saat memilih perangkat lunak mana yang harus Anda pilih dan digunakan dalam perusahaan Anda, pastikan perangkat lunak ERM ini memiliki fitur utama sebagai berikut:

  1. Mudah digunakan

Kemudahan adalah hal penting yang menjadi penawaran perangkat lunak ERM. Aplikasi ERM yang Anda gunakan harus ramah pengguna, terutama karena manajemen risiko seringkali berhubungan atau berkaitan dengan banyak area bisnis dalam perusahaan.

Untuk memastikan perangkat lunak mudah digunakan, jangan hanya puas dengan demo, minta (jika belum ditawarkan) uji coba gratis untuk memberi Anda kesempatan untuk mengujinya secara menyeluruh, memastikan itu tidak hanya memenuhi kebutuhan Anda, tetapi cukup sederhana untuk digunakan.

  1. Solusi yang terukur

Keunggulan manajemen risiko perusahaan adalah ketika dilakukan dengan baik, Anda tidak hanya akan mengurangi risiko, tetapi Anda dapat menganalisis risiko secara terukur yang bermanfaat besar bagi perusahaan Anda. Mungkin itu berarti memperluas penawaran Anda atau industri yang Anda jangkau.

Bagaimana pun juga, tim Anda akan tumbuh dan sebagai hasilnya, Anda ingin memilih perangkat lunak yang ikut berkembang bersama Anda dan dapat mengakomodasi banyak pengguna tanpa masalah. Untuk tujuan ini, Anda menginginkan solusi yang terukur, suatu perangkat lunak yang dapat di-upgrade sesuai pertumbuhan perusahaan.

  1. Fungsionalitas

Fitur ini merupakan perluasan skalabilitas, artinya bahwa ketika perusahaan Anda tumbuh dan menghadapi industri baru, badan pemerintah, situasi keuangan, dan sebagainya, Anda juga menginginkan perangkat lunak yang dapat membantu Anda menavigasi dan merasa siap di pasar yang belum dipetakan.

Misalnya, ketika lingkungan bisnis berubah, demikian juga permintaan akan data dan informasi yang menjadi lebih besar dan luas. Sistem ERM harus mampu mengakomodasi kebutuhan bisnis yang terus berubah melalui penyediaan fitur. Hal ini agar Anda dapat memperluas penawarannya untuk memperoleh informasi tambahan yang mempengaruhi pertumbuhan perusahaan.

Sistem yang gagal untuk mengakomodasi hal ini tidak hanya akan merugikan perusahaan dalam hal pembiayaan yang besar, tetapi juga mengurangi fungsi dari sistem tersebut. Padahal sistem dibangun untuk mendukung perusahaan dalam mencapai tujuan.

  1. Analisis risiko

Manajemen risiko perusahaan berupaya memberikan informasi terkait potensi risiko yang dapat mengancam keberlangsungan sebuah perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk memilih perangkat lunak yang akan mengubah data Anda menjadi tidak hanya laporan yang dapat dicerna, tetapi juga informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan transparansi dalam perusahaan Anda dan mengarah pada peningkatan hasil dan kinerja organisasi secara keseluruhan.

Selain itu, jika sistem Anda memfasilitasi disiplin ilmu lain, sistem ini harus mampu menghasilkan informasi yang lebih holistik kepada manajemen. Sistem harus bisa memastikan manajemen mendapatkan gambaran lengkap tentang lingkungan bisnis yang menjadi dasar keputusannya.

  1. Sangat aman

Keamanan bisa dibilang merupakan fitur terpenting dari perangkat lunak manajemen risiko perusahaan mana pun. Saat ini manusia hidup pada zaman di mana hampir setiap perangkat elektronik terhubung dan berbagi data mudah diakses. Hal ini menjadi potensi risiko pada segi keamanan.

Sistem yang Anda gunakan harus memberi ketenangan pikiran, bukan serangan panik. Pastikan Anda memahami bagaimana perangkat lunak menjaga semua data Anda tetap aman dan memastikan kerahasiaan, integritas, dan ketersediaannya yang berkelanjutan.

 

Demikian lima fitur utama yang Anda butuhkan dalam Sistem ERM, jelajahi opsi Anda dan pilih salah satu yang akan memberikan fleksibilitas untuk bekerja dengan pendekatan perusahaan Anda saat ini dan di masa depan.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai Enterprise Risk Management sebagai solusi untuk bisnis yang berkelanjutan, silakan klik di sini.