Apa itu Customer Trust? Berikut Pengertian dan Cara Meningkatnya

Friday, 21 April 2023

Kepercayaan dan loyalitas pelanggan merupakan hal paling penting yang dapat mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis. Akan tetapi pada kenyataanya, membangun sebuah kepercayaan dan loyalitas pelanggan dalam jangka waktu yang panjang tidaklah mudah. Untuk mengatasi hal ini, ada berbagai strategi yang Anda lakukan dalam mendapatkan atau mempertahankan kepercayaan pelanggan.

Kepercayaan pelanggan atau biasa dikenal dengan customer trust merupakan suatu kondisi yang didasari oleh keyakinan, kepercayaan, serta pengetahuan dari pelanggan tentang suatu produk atau layanan. Sebanyak apapun perusahaan memiliki pelanggan, jika perusahaan tidak berusaha mendapatkan atau mempertahankan pelanggan tentu perlahan pelanggan akan mundur atau menghilang dari bisnis Anda.

 

Berikut beberapa cara meningkatkan customer trust agar bisnis Anda dapat berkembang dengan baik;

  1. Menjaga kualitas produk

Mempertahankan serta meningkatkan kualitas produk merupakan elemen utama yang perlu diperhatikan oleh para pelaku usaha agar pelanggan mau bertahan. Kualitas produk dapat dipahami sebagai kemampuan suatu produk dalam melakukan fungsi yang dimiliki sehingga dapat membawa manfaat pada pelanggan. 

Dengan kualitas yang terbukti baik, pelanggan akan tetap membeli meskipun Anda telah meningkatkan harga produk atau layanan. Bahkan pada tingkatan tertentu, pelanggan yang memiliki kepercayaan tinggi terhadap produk Anda, mereka akan langsung membeli produk Anda tanpa berpikir ulang karena sudah terjamin kualitasnya.

  1. Memberikan pelayanan terbaik

Sadari bahwa kepercayaan muncul dari interaksi yang baik dan saling mendukung dari kedua belah pihak. Begitu juga Anda yang memiliki bisnis tentu akan berupaya memberikan pelayanan yang terbaik terhadap pelanggan dalam bentuk apapun. 

Pelayanan yang baik akan berdampak pada peningkatan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas dapat meningkatkan aspek lainnya dalam bisnis, terutama profit dan keuntungan. Nyaman atau tidaknya pelanggan bisa ditentukan berdasarkan layanan yang diberikan. Itulah sebabnya, penting bagi bisnis untuk memberikan pelayanan terbaik.

  1. Transparan dan tidak memberikan janji yang berlebihan

Dewasa ini persaingan pasar jauh semakin ketat. Banyak pemilik bisnis yang mengiming-imingi pelanggan untuk menarik perhatian. Hal ini sengaja diberikan melalui berbagai bentuk mulai dari memberikan bonus, diskon, hadiah, dan sebagainya. Namun dengan strategi ini, banyak pemilik bisnis yang tidak dapat memenuhi ekspektasi dan akhirnya pelanggan kecewa dan meninggalkan produknya.

Untuk menghindari hal tersbut, cobalah untuk menyesuaikan janji yang diberikan dengan kemampuan bisnis Anda. Meskipun iming-iming itu yang terkesan sepele, tapi selalu sesuai dengan ekspektasi, pelanggan akan melihat bahwa bisnis Anda tepat janji dan transparan terhadap informasi produk atau layanan. Hal ini tentunya akan berdampak pada kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

  1. Saran dan masukan dari pelanggan

Tentu tidak semua pelanggan memiliki respon yang positif terhadap produk dan layanan yang Anda miliki. Mendengarkan kritik dan saran dari pelanggan akan menunjukkan bahwa Anda peduli akan kebutuhan mereka. Kritik dan saran dari pelanggan akan membantu Anda dapat memberikan solusi terbaik untuk permasalahan mereka. Semakin baik solusi yang Anda berikan atas saran dan masukan dari mereka, semakin besar peluang Anda dapat menjalin hubungan dengan pelanggan dan bisa jadi dapat meningkatkan penjualan.

 

Menjaga kepercayaan pelanggan atau customer trust adalah salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk mempertahankan pelanggan di tengah persaingan bisnis saat ini. Hubungan yang baik dengan pelanggan secara otomatis akan membuat pelanggan loyal dengan produk dan layanan yang Anda miliki. FORCA CRM adalah software bisnis yang dapat membantu Anda dalam mengelola kepercayaan pelanggan dengan berbagai fiturnya. Tingkatkan kepercayaan pelanggan bisnis Anda dengan FORCA CRM. Hubungi kami!