Apa Itu Software ERP dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda?

Tuesday, 30 August 2022

Tuntutan dunia bisnis yang semakin besar saat ini membuat perusahaan membutuhkan teknologi yang juga canggih untuk menjalankan operasional bisnis. Salah satu penerapannya melalui penggunaan software yang mempermudah proses bisnis demi efektivitas dan efisiensi. Software Enterprise Resource Planning (ERP) diyakini menjadi solusi atas kebutuhan tersebut.

Aplikasi ini terbukti mampu menggabungkan setiap lini proses bisnis mulai dari pembelian, penyimpanan, penjualan, sampai dengan proses pencatatan di bagian keuangan atau akuntansi untuk bisa menghasilkan laporan keuangan yang tidak hanya cepat tapi juga tepat. 

Awalnya, ERP merupakan sistem yang lebih banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan berskala besar (enterprise). Namun, sekarang juga telah populer di kalangan perusahaan kecil dan menengah. 

 

Apa Itu ERP ?

Software ERP (Enterprise Resource Planning) adalah seperangkat software yang berfungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai aktivitas operasional dalam sebuah bisnis. Penerapan sistem ERP pada perusahaan dapat menjadi salah satu upaya masif yang mampu memakan waktu hingga bertahun-tahun. 

Akibat kompleksitas dan skala sistem ERP tersebut, hanya sedikit perusahaan yang tertarik dan mampu menggunakan sumber daya fisik dan keuangan yang beragam dan berisiko mengembangkan sistem ERP in-house.

Menurut Investopedia, Enterprise Resource Planning (ERP) adalah proses yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola dan mengintegrasikan bagian-bagian penting dari suatu proses bisnis. Banyak aplikasi perangkat lunak ERP penting bagi perusahaan karena mereka membantu mereka menerapkan perencanaan sumber daya dengan mengintegrasikan semua proses yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan mereka dengan satu sistem. 

Sistem perangkat lunak ERP juga dapat mengintegrasikan perencanaan, pembelian inventaris, penjualan, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan banyak lagi. Tanpa aplikasi ERP, setiap departemen akan memiliki sistem yang dioptimalkan untuk tugas-tugas spesifiknya. Dengan software ERP, setiap departemen masih memiliki sistemnya sendiri, tetapi semua sistem dapat diakses melalui satu aplikasi dengan satu antarmuka.

Selain itu, aplikasi ERP dapat membantu perusahaan menjadi lebih sadar dengan menghubungkan informasi tentang produksi, keuangan, distribusi, dan sumber daya manusia bersama-sama. Sebab, software ERP ini bisa menghubungkan berbagai teknologi yang digunakan oleh setiap bagian bisnis. 

 

Manfaat Software ERP

ERP dapat menghilangkan duplikasi yang mahal dan teknologi yang tidak kompatibel. Prosesnya bisa mengintegrasikan utang, sistem kontrol stok, sistem pemantauan pesanan, hingga database pelanggan ke dalam satu sistem.

Penawaran ERP telah berkembang selama bertahun-tahun dari model perangkat lunak tradisional yang menggunakan server klien fisik hingga perangkat lunak berbasis cloud yang menawarkan akses jarak jauh berbasis web.

Manfaat penerapan perangkat lunak ERP dalam operasional bisnis perusahaan Anda meliputi:

 

  1. Mengoptimalkan Efisiensi

Sistem ERP berfungsi menyederhanakan berbagai aktivitas operasional yang memakan banyak waktu dan tenaga. ERP adalah penyedia akses data yang cepat bagi manajer dan pemangku kepentingan di perusahaan. Decision maker dapat memantau indikator kinerja utama di seluruh perusahaan hanya melalui dasbor. Seluruh data yang dibutuhkan dapat disajikan secara real time.

  1. Meningkatkan Kolaborasi

Kolaborasi antar departemen merupakan bagian yang krusial dan sering diperlukan dalam bisnis. Software ERP yang terintegrasi meleburkan batas antara departemen yang kadang merintangi koordinasi. Dengan data yang dimasukkan ke dalam sistem ERP yang terpusat dan konsisten, satu departemen dapat mengakses data dari departemen yang lain. ERP yang bersifat SaaS (Software as a Service) atau yang berbasis cloud dapat memperluas kolaborasi antar tim yang ada di seluruh cabang perusahaan melalui internet.

  1. Menghemat Biaya Operasional

Aplikasi ERP juga dapat membantu perusahaan dalam menghemat biaya operasional. Karena sebagian besar aktivitas operasional diotomatiskan, maka berbagai gangguan, kendala, dan kerusakan dapat diantisipasi dengan baik. Seluruh pekerjaan kompleks dapat diselesaikan dengan lebih cepat sehingga ini dapat mengurangi lead time. Perusahaan juga dapat meningkatkan efisiensi biaya tenaga kerja, karena ERP mampu mengambil alih berbagai pekerjaan manual.

  1. Meningkatkan Keamanan Data

ERP memiliki firewall dan kontrol pembatasan untuk mencegah pelanggaran data. Seluruh data disimpan dalam sistem terpusat sehingga titik akses dapat dimonitor dengan ketat dan keamanannya pun terjaga. Peran admin yang bertanggung jawab mengelola data perusahaan bisa mengatur hak akses terbatas kepada karyawan.

  1. Membuat Prakiraan Bisnis yang Cepat dan Akurat

Laporan dalam sistem ERP menggunakan filter dan analitik canggih yang bisa menyaring ketidak konsistenan pada data. Sistem ini juga memastikan bahwa data yang diperoleh dihasilkan pada waktu yang sebenar-benarnya. Laporan bisnis yang cepat dan akurat akan membantu pemangku kepentingan dalam menghasilkan keputusan yang terbaik bagi bisnis mereka.

 

Saat ini SISI juga menyediakan FORCA ERP yang merupakan software ERP yang difungsikan sebagai layanan (SaaS). FORCA ERP, yang merupakan penggalan dari kata InFORmation CApital ini mampu mengintegrasikan sistem pada beberapa lokasi serta menyediakan cara yang mudah dan cepat untuk menjalankan bisnis. Dengan berbasis cloud, FORCA ERP bisa digunakan dan diakses langsung melalui internet tanpa harus melakukan pembelian lisensi atau investasi pada perangkat keras.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan info lebih lanjut mengenai FORCA ERP, dapat menghubungi kami di sini.