Apa yang Perlu Diketahui soal Firms, Aplikasi ERM Karya Anak Negeri?

Thursday, 23 March 2023

Enterprise Risk Management (ERM) adalah sistem yang digunakan untuk mengelola risiko di dalam lingkungan bisnis atau perusahaan. Tanpa adanya manajemen risiko perusahaan, para pebisnis akan kesulitan untuk mendeteksi atau mengidentifikasi berbagai risiko yang berpotensi dihadapi perusahaan.

Sudah banyak perusahaan dengan berbagai ukuran atau skala bisnis yang menerapkan ERM agar bisa membantu mereka dalam mengukur potensi risiko yang bisa dihadapinya. Manfaat penting dari menerapkan Enterprise Risk Management adalah untuk meningkatkan perspektif dan juga fokus manajemen atas berbagai lini risiko yang bisa terjadi.

Sebelum masalah tersebut timbul, maka ada baiknya berbagai risiko tersebut dideteksi sejak dini. ERM memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan. Berikut manfaat penggunaan Enterprise Risk Management secara umum:

  1. Meningkatkan performa bisnis suatu perusahaan;
  2. Meningkatkan efektivitas, karena dengan ERM dapat tercipta koordinasi yang baik antara beberapa fungsi pengelolaan risiko;
  3. Melindungi perusahaan dari berbagai risiko yang dapat merugikan perusahaan;
  4. Menjaga perusahaan dari risiko pendapatan, sebab penerapan ERM menjadi suatu langkah antisipasi atau mitigasi risiko yang mungkin dihadapi suatu perusahaan;
  5. Menjaga agar rencana finansial bisa terjaga dan bisa berjalan secara lancar;
  6. Melakukan sosialisasi terkait pemahaman dan juga pentingnya risiko manajemen perusahaan;
  7. Membuat manajeman lebih proaktif dalam hal meminimalisir berbagai risiko yang mungkin bakal dihadapi perusahaan;
  8. Menjadikan ERM sebagai keunggulan agar mampu meningkatkan performa perusahaan di pasar bisnis.

Dari sederetan manfaat di atas, pengelolaan risiko adalah suatu keharusan, khususnya di zaman seperti ini yang memiliki tingkat perubahan yang sangat cepat. Bila Anda tidak dapat mengelola risiko dengan tepat, maka bisnis Anda bisa dalam bahaya yang serius.

 

Saat ini mengelola risiko kian berkembang, dari manual menuju digitalisasi dengan hadirnya sejumlah software ERM, termasuk karya anak bangsa. Salah satunya yang dikembangkan oleh PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) yang juga merupakan anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yaitu Factually Integrated Risk Management System atau Firms.

SISI merupakan tim inti Pengembangan dan Dukungan Operasional ICT untuk PT Semen Indonesia (Persero) atau yang dikenal SIG dan seluruh anak perusahaannya. Saat ini SISI juga menjadi penyedia platform digital e-commerce untuk ekosistem SIG.

Firms adalah aplikasi terpadu pengelolaan risiko perusahaan yang akan membantu dalam melakukan mitigasi mulai dari asesmen, pengawasan, hingga tindakan pengendalian risiko bisnis perusahaan.

Firms menyediakan modul dan fitur Enterprise Risk Management yang terdiri dari Risk Catalogue Management, Risk Assessment dan Reporting & Dashboard. Risk Assessment memungkinkan Anda untuk dapat melakukan berbagai hal di antaranya Risk Assessment, Risk Register dan Report Control.

Risk Catalogue Management mengelola risiko bisnis Anda dengan katalog lengkap yang berisi kategori risiko, relasi risiko, dan level risiko sesuai kebutuhan. Fitur yang tersedia pada Risk Catalogue Management di antaranya Master Risk, Heatmap Management, Role Management dan Category List.

Sedangkan Reporting & Dashboard menampilkan informasi real-time dashboard akan membantu perusahaan dalam membuat keputusan melalui analisis yang kuat, cepat dan akurat. Fitur yang tersedia pada Reporting and Dashboard di antaranya All Department Dashboard, Unit Dashboard, dan Top 10 Risk.

Firms memiliki beberapa keunggulan dalam membantu perusahaan Anda dalam mengelola risiko:

  1. Transparansi Informasi

Salah satu keunggulan Firms yaitu soal transparansi informasi. Aplikasi ini bakal menghadirkan deretan risiko yang mungkin sedang dan akan dihadapi perusahaan secara real-time.

  1. Integrasi Antar Unit Kerja

Pengelolaan risiko di perusahaan Anda juga akan dimudahkan karena aplikasi ini menawarkan sistem integrasi. Anda akan diberi kemudahan akses antar corporate risk dan operational risk dapat memberikan respon yang tepat dalam mengurangi risiko.

  1. Tingkatkan Produktivitas

Kemudahan yang disediakan Firms akan membantu Anda dan perusahaan mampu meningkatkan produktivitas. Selain itu, Anda juga bisa menyusun mitigasi risiko yang lebih terencana yang nantinya akan membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas.

  1. Kemudahan Analisis

Analisis risiko adalah salah satu proses penting dalam Enterprise Risk Management. Anda bisa melakukan analisis dengan mudah dan lebih terstruktur sebagai bahan evaluasi dan menghindari kesalahan yang sama.

Hadir dengan kombinasi teknologi dan bisnis, dapatkan manfaat Firms untuk mengelola keseimbangan antara risiko dan peluang dalam menciptakan alternatif terbaik bagi bisnis Anda.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap tentang Firms dan informasi lainnya tentang Enterprise Risk Management, hubungi kami di sini.