Bagaimana Firms Mendorong Terobosan dalam Manajemen Risiko Bisnis?

Monday, 6 February 2023

Perangkat lunak Firms (Factually Integrated Risk Management System) hadir untuk membantu Anda dalam melakukan mitigasi risiko mulai dari asesmen, pengawasan, hingga tindakan pengendalian risiko bisnis perusahaan.

Kehadiran aplikasi pengelolaan risiko perusahaan atau Enterprise Risk Management (ERM) ini untuk mengatasi beberapa permasalahan dalam dunia bisnis yang terjadi saat ini. Masalah tersebut yaitu pengelolaan risiko yang masih manual dan belum terstruktur. Hal ini berdampak pada benefit sebuah pekerjaan yang tidak bisa terealisasi sesuai rencana.

Masalah lainnya yaitu data risiko yang belum termonitor secara berkala. Dampak dari masalah ini yaitu pada keterlambatan sebuah pekerjaan. Transparansi informasi risiko terhadap sebuah perusahaan juga masih minim. Dampaknya tentu pada reputasi perusahaan yang terancam.

 

Oleh sebab itu, software Firms hadir untuk mengatasi masalah-masalah yang telah disebutkan. Beberapa hal yang mendorong terobosan dalam manajemen risiko bisnis ketika menggunakan aplikasi Firms yaitu:

  1. Informasi Bisa Lebih Transparan

Salah satu yang membuat Firms layak untuk dipertimbangkan sebagai software ERM yang berbeda dari metode konvensional yaitu soal transparansi informasi. Aplikasi ini bakal menampilkan deretan risiko yang mungkin sedang dan akan dihadapi perusahaan secara real time.

  1. Sistem yang Lebih Terintegrasi

Pengelolaan risiko di perusahaan Anda juga akan dimudahkan karena aplikasi ini menawarkan sistem yang terintegrasi. Anda akan diberi kemudahan akses antar corporate risk dan operational risk dapat memberikan respons yang tepat dalam mengurangi risiko.

  1. Mitigasi Risiko yang Lebih Terukur dan Terencana

Anda juga bisa menyusun mitigasi risiko yang lebih terencana dan terukur yang nantinya akan membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas. Kemudahan fitur-fitur dan modul yang disediakan Firms akan membantu Anda dan perusahaan mampu meningkatkan produktivitas. 

  1. Analisis Risiko yang Komprehensif

Analisis risiko adalah salah satu proses penting dalam Enterprise Risk Management. Anda bisa melakukan analisis dengan mudah dan lebih terstruktur serta komprehensif sebagai bahan evaluasi dan menghindari kesalahan yang sama.

 

Fitur Unggulan Firms

Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan sebab Firms memiliki beberapa fitur unggulan yang dapat membantu Anda dalam mengelola risiko perusahaan.

Berikut daftar fitur yang tersedia dalam Factually Integrated Risk Management System yang dapat membantu Anda dalam mengelola risiko:

  1. Master Risk

Master Risk adalah master data yang akan menyimpan semua katalog risiko yang ada pada sebuah perusahaan. Pada Master Risk ini, risiko dapat dibagi menjadi beberapa kategori atau diklasifikasikan sesuai dengan standar perusahaan. Tentunya ini akan memudahkan Anda dalam menentukan risiko prioritas yang mungkin dapat mempengaruhi seluruh perusahaan.

  1. Heatmap Management

Heatmap Management merupakan fitur yang digunakan untuk membuat peta risiko sesuai dengan standar perusahaan. Salah satu keunggulan dari peta risiko milik Firms yaitu dapat disesuaikan level-levelnya dan banyaknya matriks yang sesuai dengan standar perusahaan Anda.

  1. Role Management

Role Management merupakan fitur yang digunakan untuk mengatur peran pada setiap karyawan yang terlibat dalam proses penentuan risiko pada suatu perusahaan. Role yang terdapat dalam aplikasi ini adalah Creator, Reviewer, dan Approver.

  1. Risk register

Risk Register adalah fitur yang digunakan untuk melakukan input data risiko pada setiap unit kerja dalam sebuah perusahaan. Fitur ini terdiri dari penentuan risk level, dampak, sebab risiko, jenis ISO, dan dokumen kontrol. Fitur akan membantu Anda dalam mencatat berbagai risiko dalam satu sistem.

Dengan aplikasi Firms ini, para pemangku kebijakan dan eksekutif bakal dengan mudah mengakses informasi yang rinci terkait berbagai risiko yang mengancam perusahaan. Dari informasi ini, para eksekutif dapat berdiskusi lintas unit untuk membuat keputusan terkait respons terhadap risiko-risiko tersebut.

  1. Unit Dashboard

Dashboard merupakan fitur yang digunakan untuk memunculkan hasil pengisian dan monitoring risiko pada unit kerja suatu perusahaan. Pada dashboard ini, Anda dapat melihat risiko-risiko perusahaan.

  1. Corporate Risk

Corporate Risk merupakan sebuah dashboard risiko yang memunculkan risiko-risiko yang di highlight suatu perusahaan atau bisa juga yang diprioritaskan. Corporate Risk merupakan integrasi dengan risiko-risiko yang telah dimasukkan dalam unit kerja di dalamnya.

 

Tahapan Pengelolaan Risiko Firms

Sebelum memulai pengelolaan risiko, tahap pertama yaitu menentukan tujuan perusahaan. Memahami strategi perusahaan adalah salah satu kunci untuk dapat mengidentifikasi risiko dalam bisnis atau perusahaan.

Selanjutnya identifikasi risiko yang berpotensi terjadi atau dihadapi perusahaan. Data soal risiko yang berhasil diidentifikasi bisa diinput dengan menggunakan fitur Risk Register di aplikasi Firms. Pada kolom ini terdapat main risk hingga sub kategori. Semua data risiko bakal dikumpulkan dan terangkum dalam Master Risk.

Semua data ini bakal tersusun rapi mulai dari kategori utama, sub kategori risiko, nama risiko, definisi risiko, indikator risiko, hingga risiko yang terkait. Selanjutnya dari risiko-risiko yang ada, manajer risiko akan melakukan analisis risiko. Analisis risiko di Firms bisa menggunakan Heatmap Management untuk memetakan risiko sesuai levelnya.

Hal dari analisis ini bisa menghasilkan seperti daftar risiko-risiko yang di-highlight. Para eksekutif juga bisa mengambil berbagai respons terhadap risiko yang ada. Selanjutnya Anda bisa memonitoring risiko melalui Dashboard.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai Firms sebagai solusi untuk mengelola risiko menjadi peluang strategis perusahaan, silakan klik di sini.