Leadership Development Program, Strategi SISI Persiapkan Pemimpin Masa Depan

Friday, 3 February 2023

Dalam jangka waktu satu tahun terakhir, genap sudah Human Capital PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) mengadakan training leadership bagi karyawan band III dan band IV berbagai unit kerja PT SISI. Kegiatan ini merupakan bagian dari Leadership Development Program (LDP) yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan membentuk sikap kepemimpinan bagi para karyawan.

Dalam serangkaian pelaksanaan program LDP ini di dalamnya terdapat beberapa pengembangan yang semuanya diharapkan akan meningkatkan jiwa kepemimpinan bagi para karyawan. Adapun pengembangan ini di antaranya mengenai leadership mindset, leadership challenge, dan berbagai tantangan job assignment dalam project group yang di supervisi oleh unit kerja Human Capital PT SISI untuk melakukan assessment dan monitoring selama pelaksanaan kegiatan berlangsung.

Tidak tanggung-tanggung acara ini telah selesai digelar di dua angkatan (batch) dengan peserta pada batch pertama dan kedua masing-masing berjumlah kurang lebih 35 orang dari band III dan band IV. Peserta terdiri atas supervisor, senior staff, dan staff di lingkungan kerja PT SISI. Pada batch pertama diselenggarakan di bulan Maret hingga Mei 2022 lalu dan untuk batch II diselenggarakan sejak bulan November 2022 lalu hingga Februari 2023 akhir mendatang. Kegiatan ini digelar secara internal dengan pembicara dari beberapa Vice President dan General Manager PT SISI dengan sistem pelaksanaan secara virtual melalui video conference.

Dalam penuturannya Hani Aisah Fara selaku Manager Human Capital PT SISI mengungkapkan bahwa kedepannya dirinya dan tim akan melanjutkan agenda serupa untuk band II dan lainnya. Hani juga menuturkan akan melibatkan pihak eksternal untuk memberikan edukasi guna diperoleh manfaat yang lebih. “Agenda ini sudah kami lakukan dalam 2 batch, nantinya akan tetap ada kelanjutan untuk posisi band lainnya dan yang belum. Kami berharap agenda ini akan selalu mengalami peningkatan yang jauh lebih baik serta kami berencana menggandeng pihak eksternal untuk memberikan materi.”

Hani melanjutkan penuturannya bahwa dirinya berharap agenda ini mampu memberikan banyak hal baru yang positif untuk kemajuan SISI, mulai dari jajaran bawahan hingga atasan. “Saya berharap dalam pelaksanaan program ini, banyak hal yang bisa diserap untuk kemudian diimplementasikan pada unit kerja masing-masing”, ujarnya. 

Peran LDP ini dimaksudkan agar calon pemimpin atau staf menguasai dasar-dasar manajemen, memiliki behavior yang baik dan menjadi figur yang baik, serta mampu berkoordinasi dengan tepat untuk seluruh timnya. Diharapkan setelah mengikuti program pelatihan ini, tiap-tiap individu dapat lebih mendalami visi misi dengan pemikiran yang luas dengan tetap menjaga integritas yang kuat, serta memberikan kontribusi yang baik untuk kemajuan SISI ke depannya.