Bagaimana Software ERP Bisa Meningkatkan Produktivitas Proses Bisnis?

Monday, 20 March 2023

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) adalah tren yang berkembang dalam dunia korporasi saat ini. Hampir semua bisnis -terlepas dari ukuran dan sifatnya- menghadapi sejumlah masalah untuk tetap unggul di era persaingan yang ketat ini. Untuk mengatasi semua tantangan ini dan menjalankan departemen mereka dengan cara yang efisien, setiap perusahaan membutuhkan sistem ERP yang andal dalam bisnis.

Sistem ERP memainkan peran penting karena dapat mendoroang peningkatan produktivitas bisnis secara keseluruhan dan membantu perusahaan berkembang dalam persaingan yang ketat. Solusi perangkat lunak ERP juga bertanggung jawab untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan juga karyawan.

 

Pertanyaannya, bagaimana perangkat lunak ERP memainkan peran penting dalam meningkatkan produktivitas dan keuntungan bisnis Anda?

  1. Meningkatkan Efisiensi

Sistem perangkat lunak ERP berbasis cloud dapat secara efisien mengelola semua sumber daya organisasi. Dengan sistem manajemen bisnis ini, kini Anda tidak perlu lagi memasukkan semua informasi secara manual. Anda tidak perlu menyimpan semua data dan catatan penting dan confidential Anda di lembar excel, maka, perangkat lunak ini menghilangkan beberapa proses yang berulang.

ERP juga dapat merampingkan semua proses bisnis dengan menjadikannya efisien dan mudah bagi proses bisnis. Sekarang, Anda dapat dengan mudah mengumpulkan data dan memperbarui semua catatan sesuai kebutuhan dan pilihan Anda. Sistem ERP yang efektif mengintegrasikan semua departemen (keuangan, pemasaran, manufaktur, dan pengendalian inventaris) ke dalam database yang terpusat.

Dengan perangkat lunak ini, format dan prosedur pelaporan dapat disesuaikan untuk setiap perusahaan. Ini membantu dalam kolaborasi dan membuat diskusi antar departemen jadi lebih lancar. Selain itu, Anda dapat mengelola kontrol inventaris dengan lebih baik melalui sistem terpusat ini. Manfaat dan kebutuhan pelanggan juga diperhatikan di seluruh siklus hidup produk.

  1. Meningkatkan Manajemen Proyek Perusahaan

ERP memainkan peran penting dalam peningkatan manajemen proyek perusahaan. Melalui perangkat lunak manajemen proyek bisnis ini, Anda dapat mengelola segalanya mulai dari pelanggan hingga jadwal hingga karyawan dan faktur.

Perangkat lunak manajemen proyek ERP semacam ini memastikan bahwa semua tugas diselesaikan pada waktu yang ditentukan. Perangkat lunak ini juga bermanfaat untuk pelayanan pelanggan sehingga mereka bisa puas dengan pekerjaannya.

  1. Manajemen Informasi yang Lebih Baik melalui Otomasi Bisnis

Metrik dan pengukuran kinerja sangat penting dalam mengevaluasi kemajuan bisnis. Hal tersebut juga dapat membantu dalam menetapkan tujuan masa depan bisnis Anda. Ketika bisnis mulai berkembang, itu akan menjadi tugas yang menantang bagi Anda untuk menghitung margin penjualan, rasio keuntungan, dan metrik lainnya secara manual.

Sistem ERP mendorong terjadinya otomatisasi dalam bisnis. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, karyawan di seluruh organisasi dapat mengakses data dan informasi bersama tanpa perlu menyimpan catatan manual. Sistem ini juga menghasilkan laporan yang disinkronkan berdasarkan metrik bisnis utama. Karena semua orang dapat mengakses data dengan real time, maka manajemen perusahaan dapat mengambil keputusan penting dengan cepat.

  1. Perampingan Alur Kerja Meningkatkan Produktivitas

Dengan sistem ERP, alur kerja di semua departemen akan menjadi lebih efisien. Akses data disederhanakan melalui antarmuka yang ramah pengguna. Karyawan sekarang dapat memperoleh semua informasi yang relevan dengan mudah yang diperlukan untuk pekerjaan mereka. Baik itu mengekstrak laporan kustom atau standar atau merumuskan laporan untuk presentasi, ERP membuat pekerjaan setiap karyawan menjadi lebih sederhana dan mudah. Ini secara otomatis akan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

  1. Keuangan Bisnis Menjadi Lebih Sederhana

Bisnis apa pun akan kesulitan dengan prosedur akuntansinya jika dilakukan secara manual. Terlebih lagi, jika departemen penjualan, akuntansi, keuangan, dan SDM tidak mengakses data bersama, akan sulit bagi perusahaan untuk bertahan di dunia bisnis saat ini. Pelaporan keuangan dan akuntansi sehari-hari menghabiskan banyak waktu dan tenaga dari karyawan. Dengan menggunakan software ERP, tugas-tugas ini dapat dikurangi. Menggunakan ERP untuk mengintegrasikan dan menganalisis data keuangan penting akan meningkatkan produktivitas dan mengurangi penundaan.

  1. Transparansi Setiap Departemen

Informasi dan data merupakan aset bisnis yang sangat penting bagi setiap perusahaan. Keamanan dan integritas data sangat penting untuk memastikan bahwa setiap informasi bisnis diproses dan diakses oleh orang yang tepat dan dapat dipercaya. Software ERP tidak hanya akan menjaga data dengan aman tetapi juga memberikan akses ke data hanya kepada orang yang berwenang. Sekarang, informasi strategis dapat dipertahankan di satu tempat, tetapi pembaruan informasi tersebut dapat dilakukan oleh satu atau lebih orang yang berwenang.

 

Jika bisnis Anda masih menggunakan perangkat lunak lama dan tertarik untuk mempelajari bagaimana ERP berbasis cloud dapat membantu merampingkan operasi Anda, maka saatnya Anda beralih ke FORCA ERP.

FORCA ERP hadir mendukung bisnis Anda dengan model SaaS (Software as a Service), yaitu penyediaan software sistem ERP yang difungsikan sebagai layanan secara komprehensif. Mulai dari penyediaan infrastruktur IT berbasis cloud sehingga dapat diakses dengan mudah dari mana pun, support atau helpdesk operasional 24×7, hingga pengembangan fitur-fitur sehingga terjaga tetap up to date.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan info lebih lanjut mengenai FORCA ERP, dapat menghubungi kami di sini.