Teknologi dan SDM Jadi Kunci dalam Mengembangkan Bisnis

Monday, 20 March 2023

Pasca kemunculan berbagai teknologi yang serba modern seperti saat ini, hampir tidak ada satupun aktivitas manusia yang tidak terfasilitasi dan termudahkan dengan bantuan teknologi digital. Mulai dari kebutuhan komunikasi, kebutuhan transportasi, dunia pendidikan, atau bahkan bisnis tidak terlepas dari pengaruh teknologi. Kontribusi pengembangan teknologi dalam dunia bisnis telah banyak kita rasakan salah satunya melalui penggunaan sistem aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP).

Sistem aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan suatu perangkat lunak digital yang diciptakan untuk mengintegrasikan sebuah fungsi utama dari proses bisnis atau usaha dalam suatu sistem yang terpadu dan kompleks. Aplikasi ERP mampu menyederhanakan dan menguraikan proses bisnis menjadi satu tools yang dapat dioperasikan dan dikelola oleh manusia dengan lebih mudah. Biasanya terdapat beberapa unit kerja yang dapat dikelola oleh ERP di antaranya, unit keuangan, sumber daya manusia, pengadaan barang, pendistribusian dan departemen lainnya dalam perusahaan.

Banyak perusahaan mencoba untuk mempertahankan bisnisnya dengan berusaha melakukan pertumbuhan dan perbaikan secara konsisten. Sebenarnya rahasia untuk mencapai pertumbuhan yang konsisten berakar pada kerja keras, bakat, komitmen terhadap keunggulan, dan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan. Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh PwC, 79% CEO, mengkhawatirkan kemampuan tenaga kerja mereka untuk memenuhi kebutuhan tempat kerja yang dinamis. Empat dari setiap lima mengatakan bahwa kurangnya keterampilan penting mengancam kemampuan perusahaan mereka untuk berkembang.

Kolaborasi teknologi ERP dan SDM memungkinkan perusahaan beradaptasi dengan kebutuhan yang berkembang. Sistem teknologi ERP mendukung budaya pembelajaran berkelanjutan, meningkatkan retensi, dan memberdayakan bakat yang sudah ada pada staf dengan keterampilan tambahan untuk menggembalakan bisnis melalui fase pertumbuhan berikutnya.

 

Gunakan data untuk membangun strategi manajemen bakat Anda

Data dan informasi memiliki peran krusial untuk memajukan bisnis. Pergerakan dan arah kemajuan sebuah perusahaan sangat ditentukan oleh data yang diperoleh dari berbagai sumber, baik untuk keperluan pemasaran, pengambilan kebijakan, dan lainnya. 

Dalam hal ini, penggunaan sistem ERP akan memudahkan perencanaan hingga pengelolaan sumber daya perusahaan karena dalam sistem ini memiliki satu sistem informasi terpusat untuk setiap proses. Dengan sistem ERP memungkinkan setiap departemen di perusahaan dapat terhubung pada satu sistem yang sama. Fungsionalitas ini membantu Anda mendapatkan hasil laporan dan analitis yang berharga kapan saja dibutuhkan guna mempermudah perencanaan bisnis dengan mengidentifikasi kekuatan operasional dan area masalah yang perlu ditingkatkan.

 

Pertajam keterampilan dan kemampuan tim

Kini penggunaan aplikasi ERP telah dianggap menjadi investasi yang berharga dan dapat membantu Anda untuk menghemat waktu serta tenaga. Alih-alih harus memasukkan data secara manual setiap kali dibutuhkan, software ERP ini mampu memungkinkan Anda untuk memasukkan informasi sekali dan membagikannya ke departemen lain secara real time.

Sistem ERP didasarkan pada proses praktik Internasional terbaik dan telah diadopsi oleh berbagai organisasi. Melalui penggunaan ERP ini, pekerjaan dalam sebuah perusahaan akan lebih terstruktur sehingga antar karyawan tidak saling bergantung menunggu ketersediaan informasi. Hal ini tentu akan membuat tim dapat fokus bekerja pada fungsi-fungsi strategis serta meningkatkan keterampilan individu agar memiliki kualitas SDM yang lebih baik.

 

Terapkan mekanisme umpan balik untuk memastikan keterlibatan.

Menerapkan rangkaian sistem ERP yang saling terintegrasi berarti Anda telah meningkatkan kolaborasi. Data yang dimasukkan ke dalam sistem ERP nantinya bisa diakses oleh semua departemen sehingga dapat memastikan masing-masing departemen dapat terlibat secara aktif ke dalam informasi data yang dihasilkan dalam sistem. Keterlibatan antar departemen ini sangat membantu untuk memasuki pasar baru, memperluas basis pelanggan, mengembangkan bisnis, atau meluncurkan produk dan departemen baru, Anda bisa menambahkan seluruh fungsionalitas tersebut ke sistem ERP terintegrasi kapanpun dibutuhkan.

 

Sesuaikan kompensasi dan penghargaan sosial

Inti dari sistem ERP terintegrasi adalah sebagai pusat data yang terpadu. Karenanya sistem ini sangat cocok untuk mengetahui sejauh mana pekerjaan dari masing-masing individu maupun departemen yang terlibat. SDM atau karyawan yang berkualitas bisa membawa perusahaan menjadi jauh lebih maju. Oleh karena itu, agar ada peningkatan kualitas SDM, perusahaan perlu menunjukkan apresiasi dan memberikan penghargaan pada mereka agar karyawan yang berprestasi merasa lebih dihargai kerja kerasnya dan karyawan lain juga lebih termotivasi untuk lebih semangat kerja yang akan memberikan kontribusi besar pada perusahaan.

 

Implementasi ERP dapat melatih serta meningkatkan keterampilan para karyawan dengan strategi pengembangan bakat yang solid. Untuk memastikan kesuksesan bisnis yang berkelanjutan, sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki sistem yang dapat mengakomodasi pertumbuhan perusahaan secara efisien. 

FORCA ERP dapat menjadi salah satu pilihan bagi perusahaan dalam mencari kebutuhan ERP yang memadai. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu  menyederhanakan beragam proses bisnis dan meningkatkan produktivitas dalam jangka panjang. Tak heran jika banyak perusahaan menjadikan sistem ini sebagai investasi dan sumber daya yang berharga. Untuk itu segera konsultasikan kebutuhan bisnis Anda sekarang, hubungi kami!