Beberapa Ide Kolaborasi untuk Meningkatkan Brand Awareness & Mengembangkan Bisnis

Friday, 16 June 2023

Kolaborasi bisnis membawa begitu banyak manfaat bagi suatu bisnis. Tak bisa dipungkiri, melalui kolaborasi, Anda akan mendapatkan beberapa perspektif baru yang dapat mengembangkan bisnis. Pada akhirnya, ini akan memberikan inspirasi mengenai langkah yang tepat untuk membuat bisnis Anda agar tetap kreatif dan inovatif.

Dari kolaborasi, manfaat yang sering kali diabaikan oleh sebagian besar pemilik bisnis adalah untuk menginspirasi ide-ide baru, mencari solusi dari suatu permasalahan, sehingga mampu belajar satu sama lain. Kolaborasi yang baik akan menghasilkan hubungan yang saling menguntungkan, sehingga mereka bersama-sama dapat berkembang.

Selain memperoleh hubungan yang saling menguntungkan, para pelaku usaha yang berkolaborasi dapat juga meningkatkan brand awareness perusahaan yang lebih baik. Brand awareness ini sangat penting bagi bisnis jenis apa saja, karena hal tersebut dapat mempengaruhi konsumen membeli produk atau layanan untuk pertama kalinya. Selain itu, brand awareness juga dapat digunakan sebagai alat ukur kinerja sebuah merek karena dipengaruhi oleh ketertarikan pembelian oleh konsumen.

 

Dilansir dari Xendit, berikut beberapa ide kolaborasi bisnis untuk tingkatkan brand awareness perusahaan:

  1. Cross-promote Brand di Media Sosial

Brand Anda saat ini belum banyak diketahui konsumen? Cross promote bisa jadi salah satu solusi yang tepat untuk dicoba. Cross promote merupakan bentuk promosi silang di mana dua brand atau lebih mempunyai tujuan untuk meningkatkan citra produk atau jasa.

Strategi cross promote dinilai cukup mengangkat citra kedua brand sekaligus serta mampu menjangkau audiens baru dengan cepat dan mudah. Namun dalam menjalankan strategi ini, pastikan brand yang diajak kerja sama mempunyai profil konsumen yang sama dengan brand Anda dan tidak memiliki citra buruk.

  1. Kolaborasi dengan Sosial Media Influencer

Selain aktif di media sosial, kolaborasi dengan influencer bisa menjadi pilihan yang menguntungkan. Biasanya mereka dipilih karena memiliki pengikut yang cukup banyak serta terhubung dengan audiens yang luas. Influencer biasanya sangat dipercaya oleh followersnya, sehingga produk atau jasa apapun yang digunakan bisa jadi inspirasi tersendiri untuk mereka. Pada studi pemasaran influencer menyebutkan bahwa sebuah bisnis dapat menghasilkan $6,50 untuk setiap $1 yang dikeluarkan untuk penggunaan kolaborasi influencer.

  1. Guest Posting

Kolaborasi bisnis dengan cara guest posting biasanya dilakukan dengan melibatkan platform lain selain milik bisnis Anda sendiri dalam waktu tertentu untuk mencapai suatu tujuan bersama. Di sini Anda akan memperkenalkan brand Anda di tempat orang lain, dan karenanya Anda akan mendapatkan pelanggan baru. Namun begitu juga sebaliknya, Anda juga, memperbolehkan orang lain melakukan guest posting dan dapatkan konten gratis untuk website Anda.

  1. Membuat Podcast

Dewasa ini membuat podcast menjadi tren menarik dan menjadi salah satu cara efektif untuk memperkenalkan merek secara langsung. Membuat podcast memang belum tentu dapat meningkatkan penjualan, namun dengan kolaborasi ini tentunya merek akan mendapat exposure.

Agar tepat sasaran, pilihlah acara-acara yang partisipannya sesuai dengan target pasar merek. Selain itu, membuat podcast juga dapat memberikan kesempatan pada calon konsumen untuk berkenalan dengan brand Anda. Semakin banyak podcast yang Anda buat, maka semakin familiar dan dekat juga konsumen dengan brand Anda. 

 

Peningkatan brand awareness sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pastikan Anda memilih strategi yang tepat untuk terhubung dengan audiens di niche pasar.