Teknologi yang Tepat untuk Mitigasi dan Minimalkan Risiko Bisnis

Monday, 19 June 2023

Perubahan besar telah terjadi di berbagai lini bisnis akibat masifnya perkembangan teknologi digital. Namun dalam menjalankan bisnis hal lebih penting yang tidak boleh diabaikan adalah mengetahui risiko yang kemungkinan akan dihadapi. Risiko memang sesuatu yang pasti akan dihadapi dalam berbisnis, namun sebagai pelaku usaha risiko setidaknya dapat dimitigasi atau diminimalkan ancamannya. 

Keberadaan teknologi pengelolaan risiko seperti aplikasi Firms kini dibutuhkan dengan harapan dapat menjadi alat untuk mengelola risiko bisnis secara terpadu. Aplikasi ini dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pengelolaan dan dokumentasi risiko, sehingga memungkinkan pendekatan terstruktur dan sistematis dalam mengelola serta melakukan mitigasi dan tindakan pengendalian risiko bisnis dengan tepat.

 

Berikut beberapa modul yang menunjang kolaborasi pengelola risiko bisnis perusahaan Anda;

  1. Risk Catalogue Management

Pengelolaan risiko yang baik dan terstruktur tentu dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. Melalui fitur Risk Catalogue Management pada aplikasi Firms, Anda dapat mengelola setiap risiko bisnis dengan katalog lengkap mulai dari relasi risiko hingga level risiko sesuai dengan kebutuhan. Beberapa fitur yang tersedia di antaranya Master Risk, Heatmap Management, Role Management, dan Category List.

  1. Risk Assessment

Tanpa proses manajemen risiko perusahaan yang benar, Anda akan kesulitan atau bahkan gagal mewujudkan visi misi bisnis Anda. Fitur Risk Assessment pada aplikasi Firms memungkinkan Anda dapat melakukan berbagai hal di antaranya Risk Assessment, Risk Register, hingga Report Control.

  1. Reporting & Dashboard

Proses manajemen risiko perusahaan idealnya perlu diketahui oleh setiap divisi bisnis Anda. Tersedianya informasi yang real-time melalui dashboard akan membantu perusahaan dalam membuat keputusan melalui analisis yang kuat, cepat, dan akurat. Anda juga dapat mengamati 10 risiko tertinggi dari bisnis dengan lebih mudah melalui fitur ini.

Faktanya pengelolaan risiko bisnis kini menjadi salah satu komponen penting yang dapat melindungi perusahaan dari fraud. Penggunaan aplikasi Firms dapat menjadi alternatif dalam proses mengawasi, mengelola, dan mengambil keputusan guna menghindari risiko kerugian atau inefisiensi bisnis. 

 

Berikut keuntungan lainnya ketika Anda menggunakan aplikasi Firms;

  1. Transparansi Informasi

Penggunaan aplikasi Firms menjadi pilihan yang bagus untuk meminimalkan risiko yang terjadi dalam perusahaan. Pada aplikasi Firms terdapat informasi yang menyediakan sumber-sumber potensi risiko di perusahaan. Sehingga Anda dapat mengetahui risiko yang mungkin sedang dan akan dihadapi perusahaan secara real time.

  1. Integrasi Antar Unit Kerja

Setiap divisi dalam bisnis tentu memiliki risiko yang berbeda-beda, sehingga Anda juga perlu menyiapkan strategi manajemen risiko perusahaan yang beragam pula. Dengan kemudahan pada aplikasi Firms, antar corporate risk dan operational risk dapat saling memberikan respon yang tepat dalam mengurangi risiko.

  1. Tingkatkan Produktivitas

Salah satu keuntungan yang dapat Anda peroleh ketika menggunakan aplikasi Firms adalah pengembangan bisnis yang stabil sesuai dengan target bisnisnya. Pada Firms, perusahaan dapat melakukan penanganan lebih cepat terhadap sumber-sumber yang mengancam pertumbuhan usaha. Mitigasi risiko yang lebih terencana dan terstruktur akan membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas.

  1. Kemudahan Analisa

Tujuan manajemen risiko secara umum digunakan untuk dasar dalam memprediksi bahaya atau hal yang tidak menguntungkan yang akan dihadapi bisnis. Melalui berbagai fitur yang dihadirkan Firms, Anda dapat menganalisa pengelolaan berbagai faktor risiko seperti sumber daya yang sekiranya kurang efisien dan efektif. Anda juga dapat menganalisa berbagai faktor risiko dengan mudah dan lebih terstruktur sebagai bahan evaluasi dan menghindari kesalahan yang sama.

 

Perusahaan yang memiliki manajemen risiko yang baik akan lebih mudah mencapai tujuan dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memiliki pengeloaan risiko yang baik. Perusahaan yang mampu menerapkan manajemen risiko dengan baik akan sanggup menangani berbagai kemungkinan yang merugikan dan akan terjadi pada bisnisnya. 

Untuk kemudahan dalam mengelola risiko sesuai kebutuhan bisnis Anda, hubungi kami dan segera gunakan aplikasi Firms!