Cara Menentukan ROI dari Implementasi Software ERP

Thursday, 2 March 2023

Apakah Anda mempertimbangkan implementasi ERP pada bisnis Anda? Sebelum melanjutkan proses memilih software ERP, Anda mungkin ingin tahu apa yang akan diperoleh bisnis Anda agar pemilihan dapat dipertimbangkan dengan hati-hati. Anda tentu ingin memahami sepenuhnya bagaimana software ini akan menguntungkan organisasi Anda. Pertanyaannya, bagaimana Anda menentukan laba atas investasi atau return on investment (ROI), dari proyek implementasi ERP?

 

Pengembalian investasi untuk proyek ERP

Meskipun ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memahami seperti apa ROI bisnis Anda, definisi sederhananya adalah ini: jumlah keuntungan finansial yang akan direalisasikan perusahaan Anda dibagi dengan jumlah yang dibelanjakan, atau total biaya kepemilikan.

 

Hitung total biaya kepemilikan Anda

Ada sejumlah biaya yang harus disertakan saat menghitung total biaya kepemilikan, seperti:

  • Biaya lisensi (untuk implementasi ERP on premise)
  • Biaya langganan (ERP cloud)
  • Biaya implementasi
  • Biaya konsultasi
  • Biaya perangkat keras, jika berlaku

 

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan

Ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan di luar total biaya kepemilikan, ketika menyangkut ROI implementasi ERP.

  • Perencanaan inventaris: Apakah Anda memiliki terlalu banyak inventaris di tangan atau terlalu sedikit, solusi ERP akan membantu menentukan jumlah optimal yang harus dipertahankan untuk menghindari kehabisan stok tetapi meminimalkan overhead gudang Anda. Ini akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang.
  • Biaya operasi: Mengotomatiskan atau membuat proses bisnis lebih efisien dengan solusi ERP akan meminimalkan kekurangan dan gangguan, mengurangi biaya material dan tenaga kerja, menurunkan biaya administrasi, dan banyak lagi. Ini pada akhirnya akan meningkatkan laba Anda.
  • Peningkatan produksi: Perangkat lunak ERP dapat membantu menurunkan biaya melalui proses yang disederhanakan, mengurangi redundansi melalui visibilitas data, dan meningkatkan konsistensi data dengan akses yang lebih baik di seluruh departemen dalam organisasi.

 

Juga, jangan abaikan ini: dua faktor tambahan yang perlu dipertimbangkan adalah periode pengembalian Anda dan manfaat tidak berwujud yang Anda terima dari menjalankan bisnis Anda dengan menggunakan perangkat lunak ERP. Periode pengembalian adalah periode waktu yang diperlukan untuk menutup biaya implementasi Anda. Meskipun Anda akan mulai melihat pengembalian investasi ERP Anda dengan cepat, banyak yang lupa bahwa ini tidak akan muncul sebagai keuntungan sampai periode pengembalian modal berakhir.

Periode pengembalian yang memengaruhi ROI Anda adalah perhitungan angka yang sulit – tetapi manfaat tidak berwujud atau intangible benefits tidak. Lalu, apa saja manfaat tidak berwujud, dan bagaimana pengaruhnya terhadap ROI implementasi ERP Anda?

 

Manfaat intangible dari implementasi ERP

Saat menghitung ROI dari implementasi ERP, ada manfaat nyata dan manfaat tidak berwujud. Manfaat nyata adalah yang mudah ditentukan dan dihitung. Manfaat tidak berwujud adalah keuntungan yang sulit diukur. Keduanya memengaruhi ROI Anda dalam beberapa cara. Contoh manfaat tidak berwujud meliputi:

  • Menambahkan efisiensi dan otomatisasi proses bisnis
  • Pengurangan kesalahan
  • Layanan pelanggan yang ditingkatkan
  • Praktik akuntansi yang lebih cepat dan akurat
  • Informasi dan pelaporan yang lebih baik

 

Menentukan manfaat nyata

Manfaat nyata mudah diukur. Anda dapat melihat mereka ada dan dapat diukur. Beberapa manfaat nyata bagi organisasi Anda sebagai hasil dari implementasi ERP adalah:

  • Tingkat inventaris yang dioptimalkan
  • Mengurangi biaya pembelian karena kemampuan untuk bernegosiasi dengan vendor
  • Meminimalkan hari terutang dalam piutang

 

Banyak manfaat tidak berwujud adalah efek sekunder dari manfaat nyata. Visibilitas data waktu nyata dapat menghasilkan praktik akuntansi yang lebih cepat dan akurat karena departemen keuangan Anda dapat mengakses dan memanfaatkan data bisnis dengan cepat. Tingkat inventaris yang dioptimalkan dapat memiliki efek positif pada layanan pelanggan karena waktu pengiriman yang lebih baik dan biaya pengiriman yang lebih rendah.

 

Apa lagi yang harus Anda pertimbangkan?

Manfaat, baik berwujud maupun tidak berwujud, dan pengaruhnya terhadap ROI Anda bukan satu-satunya faktor yang perlu diperhitungkan. Perencanaan untuk manajemen perubahan sangat penting untuk keberhasilan proyek implementasi ERP Anda, dan sebagai hasilnya, ROI Anda. Saat merencanakan proyek ERP, pastikan semua orang, mulai dari C-suite (posisi tertinggi di perusahaan) hingga pengguna akhir, memiliki suara. Sebuah proyek ERP membutuhkan waktu, usaha, dan kerjasama dari semua orang.

Mengetahui area peluang terbesar untuk implementasi ERP juga akan memengaruhi ROI Anda. Memilih solusi ERP yang dioptimalkan untuk industri Anda atau area yang paling membutuhkan peningkatan akan memiliki dampak terbesar pada bisnis Anda, sehingga meningkatkan ROI Anda. Mencatat kebutuhan Anda akan mengarah pada pemilihan ERP yang terinformasi, dan karenanya mendapatkan ROI terbaik.

Jika bisnis Anda masih menggunakan perangkat lunak lama dan siap untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana ERP berbasis cloud dapat membantu merampingkan operasi Anda, maka saatnya Anda beralih ke FORCA ERP.

FORCA ERP hadir mendukung bisnis Anda dengan model SaaS (Software as a Service), yaitu penyediaan software sistem ERP yang difungsikan sebagai layanan secara komprehensif. Mulai dari penyediaan infrastruktur IT berbasis cloud sehingga dapat diakses dengan mudah dari mana pun, support atau helpdesk operasional 24×7, hingga pengembangan fitur-fitur sehingga terjaga tetap up to date.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan info lebih lanjut mengenai FORCA ERP, dapat menghubungi kami di sini.