Menuju Era Post-COVID-19, Ini Manfaat Shared Services bagi Bisnis Anda

Wednesday, 1 March 2023

Dunia pasca-pandemi COVID-19 terlihat penuh dengan ketidakpastian. Namun, berbeda dengan global business services (GBS) dan shared services center (SSC), satu hal yang jelas: “ortodoksi” yang telah lama dipegang telah ditantang selama pandemi sehingga membutuhkan banyak perubahan. Tak heran, banyak perusahaan  justru menghasilkan kinerja lebih baik.

Saat dunia menjadi penuh dengan pembatasan, model bisnis GBS yang baru dan SSC akan menjadi normal di mana praktik operasional ini sebelumnya dianggap mustahil.  Apa pelajaran yang bisa diambil dari pandemi COVID-19? Model bisnis GBS dan SSC akan lebih dari sekadar pulih; mereka akan semakin berkembang.

 

Manfaat Shared Services bagi Bisnis Anda

Organisasi konvensional yakin bahwa kedekatan fisik sangat penting untuk mengakomodasi beberapa proses, terutama yang lebih kompleks dan dapat dilakukan secara efektif. 

Setelah melewati pandemi COVID-19, banyak yang belajar bahwa anggapan tersebut seringkali tidak sepenuhnya benar pada beberapa kasus. Beberapa GBS dan pemimpin SSC mengatakan, operasi mereka, termasuk proses yang sangat kompleks, bahkan terus berkinerja baik setelah perubahan dari bekerja di kantor (WFO) menjadi bekerja dari rumah (WFH).

Dari riset Deloitte (2020) “Global Business Services and Shared Services Organizations Moving Forward: From Pandemic to Thriving”, berikut beberapa manfaat penerapan shared services untuk bisnis ke depan:

  • Fleksibilitas bagi karyawan dan penyelenggara SSC karena tidak tergantung lokasi.
  • Sumber daya manusia (SDM) yang diperluas tanpa memperhatikan tempat.
  • Kemampuan melenturkan tenaga kerja untuk mengatasi gangguan.
  • Model pengiriman yang efektif.
  • Peningkatan diversifikasi pada seluruh layanan model pengiriman dan lokasi untuk mengurangi risiko ketahanan.
  • Fleksibilitas dan kesiapan yang lebih baik untuk mengatasi risiko ketahanan baru maupun yang akan berkembang
  • Dapat membuat proses jauh lebih gesit, transparan dan hemat biaya
  • Dapat mengurangi persyaratan untuk ruang fisik dan alamat secara keseluruhan keamanan untuk mengaktifkan kerja virtual

 

Di era pasca-COVID, organisasi harus bisa melihat ke masa depan untuk meningkatkan bekerja secara virtual, memperluas cakupan dalam model jarak jauh, perombakan business continuity plan (BCP), otomatisasi dan peningkatan keamanan IT, dan membangun ketahanan bisnis yang lebih baik agar lebih siap menghadapi krisis apa pun di masa depan.

SISI sebagai penyedia layanan shared services juga turut mendukung upaya perusahaan untuk fokus pada fungsi strategis dan pertumbuhan bisnis. Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai layanan Shared Services SISI sebagai solusi terpadu bagi proses bisnis yang berkelanjutan, hubungi kami di sini.