Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Aplikasi E-Procurement

Thursday, 29 December 2022

Procurement atau yang lebih kita kenal dengan istilah pengadaan adalah serangkaian kegiatan dalam bisnis yang dilakukan untuk tujuan pembelian barang, mesin, perangkat untuk kelancaran proses bisnis. 

Proses pengadaan yang kurang baik dapat menyebabkan alur keuangan yang tidak lancar, hubungan yang tidak baik dengan vendor dan potensi kekurangan persediaan yang dapat menghambat bisnis. Menyederhanakan proses pengadaan dinilai dapat menghemat biaya dan waktu yang bisa membantu proses bisnis menjadi lebih efisien. 

Salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pengadaan adalah dengan menerapkan penggunaan aplikasi e-procurement. Untuk mendapat hasil yang maksimal dari penerapan aplikasi e-procurement perusahaan harus memilih aplikasi e-procurement yang tepat untuk perusahaannya. 

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih aplikasi e-procurement:

 

  1.  Aksesibilitas seluler

Pengadaan jarak jauh adalah jalan masa depan—tidak hanya untuk tim pengadaan, tetapi juga untuk karyawan. Semua orang di perusahaan Anda akan menghemat banyak waktu jika perangkat lunak pengadaan Anda dilengkapi dengan aplikasi seluler yang memungkinkan Anda untuk memproses semua tahapan pengadaan elektronik.

  1. Kemudahan penggunaan

Sebelum Anda berinvestasi dalam solusi procurement, periksa seberapa mudahnya penggunaan sistem tersebut dan dapat mudah pengguna pahami. Cari tahu seberapa user-friendly aplikasi tersebut.

  1. Integrasi dengan sistem lain

Perusahaan saat ini menggunakan berbagai solusi perangkat lunak, termasuk perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan dan rangkaian manajemen rantai pasokan. Jika Anda melakukan proses integrasi, Anda dapat melakukan kerja sama yang lebih efisien antar tim Anda. Karena itu program e-procurement yang dapat terintegrasi dengan program lain sangat penting.

  1. Dukungan pelanggan

Ketika memerlukan bantuan dengan perangkat lunak, dapatkah Anda menghubungi vendor atau bagian customer support secara mudah? Periksa situs web masing-masing penyedia perangkat lunak dan ulasan online untuk menilai kualitas dukungan pelanggan yang mereka berikan.

 

Dengan pertimbangan poin-poin tersebut diharapkan perusahaan Anda dapat menentukan mana aplikasi e-procurement yang dapat mengakomodasi kebutuhan dan membantu perusahaan dalam meningkatkan efektivitas proses pengadaan. 

Apabila Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai aplikasi e-procurement buatan anak negeri, maka PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) bisa memberi jawabannya. SISI, sebagai anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk telah merilis aplikasi e-procurement yang dinamai Procsi. Aplikasi ini akan membantu optimalisasi supply chain serta meningkatkan produktivitas bisnis Anda.

 

Procsi merupakan solusi terbaik bagi proses pengadaan yang menjadi salah satu pilar dalam supply chain management perusahaan. Melalui kemudahan sistem yang ditawarkan, perusahaan dapat melakukan pengadaan secara digital, interaktif, dan terintegrasi.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan info lebih lanjut mengenai Procsi, dapat menghubungi kami di sini.