Penjelasan Lengkap soal 3 Modul Firms dan Implementasinya

Wednesday, 28 December 2022

Factually Integrated Risk Management System atau Firms hadir untuk menjawab berbagai masalah dalam pengelolaan risiko atau Enterprise Risk Management (ERM). ERM adalah sebuah pekerjaan berkelanjutan yang terus berkembang lantaran kondisi saat ini yang juga terus berkembang. Sehingga potensi risiko yang muncul pun kian beragam.

Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat lima realitas yang dihadapi CEO atau perusahaan. Pertama, waktu yang bergerak cepat sehingga dasar-dasar perusahaan pun akan terus berubah dan berkembang. Manajemen risiko penting untuk mengidentifikasi risiko awal.

Manajemen risiko dalam keadaan ketidakpastian ini memerlukan pemahaman yang lengkap mengenai strategi dan pemantauan perubahan dalam lingkungan bisnis. Kedua, masalah tentang pendekatan dalam menilai risiko dan mengidentifikasi risiko. Dalam hal ini, apakah para eksekutif dan manajer dapat mengidentifikasi risiko yang bakal muncul?

Realita ketiga tentang bisnis yang tanpa batas. Perspektif strategis yang diterapkan pada manajemen risiko memerlukan pertimbangan hubungan hulu dan hilir. Apa yang terjadi jika ada komponen penting dari rantai ini yang hilang untuk jangka waktu yang tidak ditentukan?

Keempat, cepat atau lambat, akan ada krisis yang akan menghantam perusahaan Anda. Bahkan manajemen risiko yang paling efektif pun tidak dapat mencegah ancaman ini. Namun, perusahaan menghabiskan banyak waktu untuk menebak probabilitas dan mengabaikan kecepatan dari dampak yang ditimbulkan.

Beberapa realitas ini memaksa manajemen dan para eksekutif untuk kembali memeriksa manajemen risiko mereka. Proses ERM yang berfungsi secara efektif penting karena dapat membantu mereka mengatasi risiko-risiko baru yang akan muncul.

Untuk mengatasi persoalan manajemen risiko ini, Factually Integrated Risk Management System menyediakan tiga modul utama yang penting dalam mengelola risiko perusahaan.

 

Risk Catalogue Management

Mengelola risiko bisnis Anda dengan katalog lengkap yang berisi kategori risiko, relasi risiko, dan level risiko sesuai kebutuhan. Fitur yang tersedia pada Risk Catalogue Management di antaranya Master Risk, Role Management dan Category List. Berikut penjelasan fitur-fitur yang ada di dalam Risk Catalogue:

  1. Master risk

Master Risk merupakan master data yang akan menyimpan semua katalog risiko yang ada pada sebuah perusahaan. Pada Master Risk, risiko dapat dibagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan standar perusahaan.

  1. Heatmap Management

Heatmap Management merupakan fitur yang digunakan untuk membuat peta risiko sesuai dengan standar perusahaan atau tujuan bisnis. Peta risiko dapat disesuaikan level-levelnya dan banyaknya matriks yang sesuai dengan standar perusahaan.

  1. Role Management

Role Management merupakan fitur yang digunakan untuk mengatur peran pada setiap karyawan yang terlibat dalam proses penentuan risiko pada suatu perusahaan. Peran yang terdapat dalam aplikasi ini adalah Creator, Reviewer, dan Approver.

  1. Category List

Category List adalah fitur yang ada dalam aplikasi Factually Integrated Risk Management System yang berfungsi memuat tentang daftar kategori risiko perusahaan.

 

Risk Assessment

Pada modul atau fitur ini, Firms memungkinkan Anda untuk dapat melakukan berbagai hal di antaranya Risk Assessment, Risk Register, dan Report Control.

  1. Risk Assessment

Risk Assessment atau penilaian risiko adalah proses untuk mengidentifikasi potensi bahaya dan menganalisis apa yang bisa dilakukan jika bahaya terjadi. Risk Assessment merupakan metode yang banyak digunakan pada berbagai perusahaan.

  1. Risk Register

Sementara Risk Register merupakan fitur yang digunakan untuk melakukan input data risiko pada setiap unit kerja dalam sebuah perusahaan. Fitur ini terdiri dari penentuan risk level, dampak, sebab risiko, jenis, dan dokumen kontrol.

  1. Report Control

Sedangkan Report Control merupakan fitur untuk memantau atau mengontrol risiko yang mungkin bakal dihadapi perusahaan. Fitur ini juga bisa diakses oleh para eksekutif sehingga terjadi transparansi informasi. Melalui fitur ini, para eksekutif dan manajer bisa menyiapkan berbagai rencana alternatif dalam menghadapi berbagai risiko yang akan muncul.

 

Reporting & Dashboard

Modul dan fitur Reporting & Dashboard menampilkan informasi real time dashboard akan membantu perusahaan dalam membuat keputusan melalui analisis yang kuat, cepat dan akurat. Fitur yang tersedia pada Reporting and Dashboard di antaranya All Department Dashboard, Unit Dashboard dan Top 10 Risk.

  1. All Department Dashboard

Fitur ini memuat berbagai jenis risiko yang mungkin dihadapi di setiap divisi atau departemen. Hanya dengan satu klik, Anda bisa melihat jumlah risiko, jumlah mitigasi hingga status. Status yang tersedia mulai dari Done, Done (Late), Late dan Upcoming.

Pengelompokan status risiko di setiap departemen bakal memudahkan para eksekutif atau pemangku kepentingan dalam menganalisis risiko mana yang mungkin harus diprioritaskan atau risiko apa saja yang nantinya bakal dihadapi perusahaan.

Selain tabel berisi semua risiko yang dihadapi perusahaan, ada juga realisasi pengendalian risiko baik di setiap unit maupun dalam bentuk data All Status. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam pengecekan per unit atau secara keseluruhan perusahaan.

2.Unit Dashboard

Fitur Unit Dashboard dalam aplikasi ERM Factually Integrated Risk Management System, Anda bisa mengecek status dari setiap departemen. Jendela fitur ini berisi tabel yang di dalamnya tersedia tanggal, periodik, risiko, aktivitas, status dan aksi.

Kolom tanggal berisi tanggal registrasi risiko, periodik berhubungan dengan interval risiko. Pada kolom aktivitas berisi laporan terkait risiko tersebut. Misalnya, menyampaikan laporan ke direksi tentang progres pekerjaan secara berkala. Pada kolom aksi berisi soal realisasi.

  1. Top 10 Risk

Dengan menggunakan Factually Integrated Risk Management System, Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi atau data top 10 risiko. Dengan data ini, Anda bisa dengan cepat melakukan pelaporan hingga membuat perencanaan dalam menghadapi risiko.

Dengan menggunakan fitur atau aplikasi Firms, Anda dan perusahaan dapat menerima manfaat seperti adanya transparansi informasi. Aplikasi ini memberi kemudahan bagi Anda dalam hal informasi risiko yang mungkin sedang dan akan dihadapi perusahaan secara real time.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai Firms dan Enterprise Risk Management sebagai solusi untuk mengelola risiko menjadi peluang strategis perusahaan, silakan klik di sini.