Kenali Sistem ERP Cloud dan Ragam Manfaatnya bagi Perusahaan Anda

Monday, 21 November 2022

ERP adalah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk membantu kebutuhan proses bisnis perusahaan menggunakan sebuah sistem yang terpusat. Seiring berjalannya waktu, perangkat lunak ERP mengalami perkembangan, mulai dari On-Premise ERP, Cloud ERP, dan Hybrid ERP Software.

Kali ini akan dibahas mengenai Cloud ERP yakni salah satu software ERP yang dapat diakses secara online. Cloud ERP yang biasanya difungsikan sebagai layanan atau dikenal dengan software as a services (SaaS), merupakan perangkat lunak yang bisa digunakan dan diakses melalui internet tanpa harus melakukan instalasi program pada server atau perangkat keras milik perusahaan.

 

Apa Itu ERP Cloud?

Cloud ERP ini cocok dengan corak perusahaan Indonesia yang kebanyakan skalanya kecil hingga menengah. Cloud ERP dasarnya merupakan integrasi antara teknologi cloud computing dengan ERP, di mana cloud computing adalah sebuah teknologi yang berfungsi menyimpan bermacam file pada satu basis data di server tertentu dengan menggunakan jaringan internet. Utamanya manfaat cloud computing yaitu dapat mengakses data dari mana saja dengan teknologi aplikasi cloud.

Diintegrasikannya teknologi cloud computing dengan ERP tentunya menghasilkan aplikasi ERP yang juga dipasang pada server lalu diakses melalui web browser, sehingga  dalam penggunaannya, user dapat mengakses ERP tanpa menginstal suatu aplikasi terlebih dahulu pada perangkat yang digunakan, karena hanya perlu akses dengan menggunakan web browser.

 

Manfaat Cloud ERP untuk Bisnis Anda

Beberapa manfaat penggunaan layanan Cloud ERP di antaranya sebagai berikut:

  • Ketika kondisi server rusak, data tidak hilang karena disimpan pada cloud bukan server lokal.
  • Memudahkan perusahaan untuk mengakses sistem di mana dan kapan saja dengan syarat mempunyai koneksi internet yang memadai.
  • Menggunakan versi terbaru cloud ERP karena software ini selalu mengalami peningkatan dan pembaruan secara berkala.
  • Menekan biaya dan resource, salah satu contohnya tidak adanya biaya pemeliharaan dan support pada software bisnis perusahaan karena dilakukan penyedia layanan ERP sehingga dapat memenuhi kebutuhan perusahaan yang lainnya  
  • Integrasi dengan aplikasi cloud lainnya lebih mudah karena beberapa sistem retail seperti e-commerce dan e-PoS sudah menggunakan cloud dalam pengelolaan sistemnya.

 

Melalui integrasi antara teknologi cloud computing dengan ERP, maka aplikasi ERP menjadi solusi terbaik untuk software perusahaan. Hal tersebut karena aplikasi bisnis perusahaan jenis ini tidak perlu mengeluarkan biaya operasional yang besar untuk keperluan hardware maupun software. Hal ini disebabkan karena proses implementasi dilakukan oleh vendor penyedia layanan. Pengguna kemudian akan akan mendapatkan akses penuh dalam penggunaan ERP tersebut dengan sistem yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 

Salah satu ERP berbasis cloud yang andal yakni FORCA ERP. Aplikasi ini merupakan ERP yang difungsikan sebagai layanan (SaaS), yang mampu mengintegrasikan sistem pada beberapa lokasi serta menyediakan cara yang mudah dan cepat untuk menjalankan bisnis. 

 

Apabila perusahaan Anda membutuhkan info lebih lanjut mengenai FORCA ERP, dapat menghubungi kami di sini.