Kendalikan Risiko dan Lindungi Aset Perusahaan dengan Langkah yang Tepat

Monday, 13 November 2023

Aset perusahaan merupakan sumber daya yang dimiliki dan digunakan perusahaan untuk menghasilkan pendapatan. Secara umum aset terbagi menjadi dua, yakni aset fisik seperti bangunan, tanah, dan peralatan, serta kekayaan intelektual seperti paten, merek dagang, dan hak cipta. Memahami dan mengelola aset perusahaan sangat penting untuk keberhasilan bisnis.

Manajemen aset yang tepat dapat membantu perusahaan meningkatkan profitabilitas, serta meningkatkan efisiensi. Untuk itu perusahaan perlu mempertimbangkan biaya dan risiko yang terkait dengan kepemilikan dan pengoperasian aset tertentu. Pengelolaan aset dapat dilakukan dengan cara yang beragam, salah satu caranya adalah penerapan manajemen risiko.

Manajemen risiko merupakan proses mengidentifikasi, menilai, dan memprioritaskan risiko untuk meminimalkan dampaknya terhadap organisasi. Hal ini melibatkan identifikasi potensi ancaman dan kerentanan dalam sistem, menganalisis kemungkinan terjadinya risiko-risiko perusahaan, dan menerapkan langkah-langkah untuk memitigasi risiko-risiko.

Dengan adanya manajemen risiko, pengelolaan aset perusahaan yang efektif akan mengurangi kemungkinan dan dampak serangan siber, pelanggaran data, dan kegagalan sistem. Hal ini juga membantu organisasi mengalokasikan sumber daya dengan tepat. 

 

Berikut beberapa langkah dalam mengamankan aset perusahaan dengan manajemen risiko:

  1. Meningkatkan keamanan kata sandi dan akses internet

Risiko IT kini terus berkembang, sehingga penting bagi bisnis untuk memantau dan meninjau strategi pengelolaan risiko mereka secara berkelanjutan. Hal ini dapat mencakup peninjauan log akses secara berkala, melakukan pengujian penetrasi, dan selalu mengetahui informasi terkini tentang ancaman keamanan terkini. 

Selain itu, pastikan Anda memberi informasi pada karyawan untuk wajib membuat kata sandi yang kuat pada software maupun hardware dengan menyertakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter khusus. Kata sandi juga harus terdiri dari setidaknya minimal delapan karakter. Tetapkan kebijakan yang mengharuskan pengguna mengubah kata sandinya secara berkala.

  1. Lindungi bisnis dengan asuransi

Ada banyak risiko yang dihadapi bisnis setiap hari. Risiko ini dapat mencakup pencurian, kerusakan atau kehilangan properti, dan tuntutan hukum. Salah satu cara melindunginya adalah dengan menggunakan asuransi. 

Terdapat beragam manfaat memiliki asuransi untuk bisnis Anda. Keuntungan yang pertama yakni dapat memberikan ketenangan bahwa bisnis Anda terlindungi dari kejadian tak terduga. Manfaat lainnya yaitu dapat membantu bisnis Anda pulih dari kerugian, seperti kerusakan properti atau pencurian. Manfaat yang terakhir yaitu dapat membantu bisnis Anda menghindari kehancuran finansial akibat tuntutan hukum.

  1. Siapkan legalitas yang tepat

Saat mengelola aset perusahaan upayakan terdapat legalitas maupun perjanjian tertulis. Ini karena manajemen aset melibatkan proses sistematis dalam mengelola dan memantau aset perusahaan. Hal ini mencakup segala hal mulai dari pelacakan nilai dan penyusutan aset hingga memastikan kepatuhan terhadap peraturan terkait aset tersebut. 

Persiapan hukum yang tepat sangat penting untuk pengelolaan aset yang efektif. Dengan mengikuti pedoman ini, perusahaan dapat memastikan bahwa praktik manajemen aset mereka mematuhi hukum dan dikelola secara efektif.

  1. Manajemen aset secara berkala

Manajemen aset adalah praktik mengelola aset perusahaan untuk memaksimalkan nilainya dan meminimalkan resikonya. Ini melibatkan berbagai aktivitas, mulai dari melacak kinerja aset hingga pengambilan keputusan investasi.

Manajemen aset berkala mengacu pada proses peninjauan dan pembaharuan strategi manajemen aset secara berkala, guna membantu memastikan bahwa aset dikelola secara efektif dan efisien.

  1. Tinjau kinerja sistem keamanan

Perusahaan selayaknya harus melakukan audit menyeluruh terhadap sistem dan jaringan IT untuk mengidentifikasi potensi risiko yang terjadi. Hal ini dapat mencakup hal-hal seperti penggunaan internet, perangkat lunak yang sudah tidak obsolet, dan jaringan yang tidak aman. 

 

Manajemen aset perusahaan adalah aspek penting untuk melindungi bisnis dari kejadian tak terduga yang dapat menyebabkan kerugian. Dengan membuat kebijakan yang tepat dan pengelolaan risiko yang didukung langkah digitalisasi, Anda dapat memastikan bahwa bisnis Anda terlindungi dari risiko. 

Hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan pengelolaan risiko bisnis Anda!