Langkah Menghindari Risiko dengan IT Risk Management

Monday, 6 November 2023

Perkembangan teknologi digital telah memberi kemudahan dan kenyamanan untuk bisnis di era ini. Namun di balik kemudahan tersebut, setiap pemilik bisnis juga harus siap untuk menghadapi tantangan dan potensi risiko teknologi yang sangat besar.

Risiko teknologi merupakan suatu ketidakpastian yang selalu diemui pada praktik bisnis. Suka atau tidak suka risiko ini pasti akan terjadi apabila Anda menggunakan teknologi. Bagi para pelaku usaha, memiliki keahlian manajemen risiko dalam penanganan teknologi menjadi hal yang penting. 

 

Berikut beberapa macam risiko teknologi yang bisa jadi Anda hadapi;

  • Kerusakan perangkat keras dan perangkat lunak
  • Malware
  • Virus komputer
  • Spam, scams, and phishing
  • Human error

 

Dampak dari risiko teknologi

Seperti diketahui bahwa melakukan manajemen risiko dalam penggunaan teknologi informasi bermanfaat untuk meminimalisasi peristiwa yang menurunkan kapasitas dan kualitas kerja. Manajemen risiko ini dapat dilakukan melalui beberapa proses mulai dari mengawasi, mengelola, dan mengambil keputusan guna menghindari risiko kerugian atau inefisiensi bisnis.

Adapun risiko teknologi informasi ini erat kaitannya dengan dengan keamanan informasi, di mana informasi merupakan sebuah aset yang sangat penting. Salah satu dampak dari risiko teknologi informasi ini adalah dapat menyebabkan proses bisnis berjalan tidak optimal, timbul pula kerugian keuangan, dan berbagai hal yang dapat merugikan perusahaan. Hal ini karena teknologi informasi memainkan peran sentral dalam organisasi sehingga dampak risiko IT terlalu besar untuk diabaikan. 

 

Secara umum terdapat beberapa dampak risiko IT sebagai berikut:

  1. Hackers, merupakan orang-orang yang secara ilegal menerobos masuk ke dalam sistem komputer perusahaan.
  2. Fraud, yakni penggunaan sistem untuk memanipulasi data untuk kepentingan yang melanggar hukum.
  3. Denial of service, merupakan serangan online yang membuat pengguna tidak dapat mengakses situs tertentu.
  4. Staff dishonesty, yakni pencurian data atau informasi penting oleh karyawan internal perusahaan.

 

Cara memitigasi Risiko IT

Melakukan mitigasi risiko IT tidak hanya berfokus pada penanganan terhadap risiko, tetapi juga dapat memberikan keuntungan potensial bagi perusahaan. Ketika pelaku bisnis dapat melakukan manajemen risiko dengan baik akan sangat membantu manajemen perusahaan untuk menyeimbangkan antara dampak dari risk dan cost untuk meminimalisir risiko yang muncul. Jika diterapkan ini juga akan sekaligus mendukung misi dan melindungi aset perusahaan.

 

Berikut beberapa cara dalam mitigasi risiko IT;

  • Melakukan riset dan mengenali sumber risiko 

Perusahaan mengumpulkan informasi tentang berbagai risiko yang dapat terjadi, mengenali, dan menggambarkan risiko yang mungkin mempengaruhi perusahaan.

  • Melakukan penilaian tingkat keparahan risiko

Apabila risiko telah diidentifikasi, perusahaan menetapkan jenis risiko, apakah risiko tersebut termasuk dalam risiko tinggi, sedang, atau rendah. Pada tahap ini perusahaan menganalisa berbagai kemungkinan dan konsekuensi kemudian dikembangkan berdasarkan sifat risiko dan potensinya dalam kaitannya dengan perusahaan.

  • Evaluasi risiko

Pada evaluasi, Anda harus menentukan besaran risiko yang mempengaruhi perusahaan. Anda dapat mengkombinasikan dan menghubungkan kemungkinan yang terjadi dalam menghadapi risiko ini untuk dihasilkan sebuah keputusan mitigasi yang terbaik.

  • Evaluasi berkala dan antisipasi

Perusahaan diharapkan dapat melakukan evaluasi secara berkala dan memantau setiap risiko yang ada untuk menghindari dampak yang tidak diinginkan. Perusahaan juga dapat membuat perencanaan yang lebih baik untuk melakukan mitigasi risiko agar dapat diminimalisir atau tidak terulang kembali.

 

Manajemen risiko berperan penting untuk menghindari risiko yang dapat terjadi dalam sebuah perusahaan. Dengan manajemen risiko, perusahaan bisa berfokus meningkatkan produktivitasnya, baik itu produktivitas dari segi penciptaan produk maupun produktivitas kinerja karyawan.

Saat ini teknologi seperti software Firms dapat menjadi solusi yang komprehensif dan terintegrasi untuk mengelola risiko perusahaan dan meningkatkan value perusahaan dengan baik. Rencanakan perlindungan risiko perusahaan Anda dengan aplikasi Firms segera, hubungi kami!