Manfaat Shared Services pada Transformasi Digital: Dorong Efektivitas dan Efisiensi

Tuesday, 27 September 2022

Perusahaan yang menerapkan shared services akan semakin bertumbuh. Mengapa? Sebab penggerak utamanya adalah transformasi digital memungkinkan shared services untuk memberikan gelombang baru pada dampak bisnis organisasi induknya. 

Teknologi digital seperti analitik, otomatisasi, dan teknologi pendukung lainnya memungkinkan shared services untuk mendorong digitalisasi perusahaan mereka. Faktanya, riset pasar Everest Group menunjukkan bahwa pangsa penyiapan shared services center (SSC) baru yang mendukung layanan digital adalah 52% pada 2018. Namun, penting untuk dicatat bahwa beberapa SSC berkinerja lebih baik daripada yang lain dan memberikan hasil yang unggul dalam mendorong agenda digitalisasi. 

 

Hasil yang Dicapai Lebih Efisien

Studi Everest menemukan bahwa 68% dari penggunaan layanan SSC menghasilkan dampak strategis yang signifikan. Kami mendefinisikan “signifikan” sebagai dampak tinggi pada area strategis.

SSC juga memberikan dampak pertumbuhan pendapatan dua kali lebih besar untuk organisasi induknya melalui inisiatif digital. Mereka mencapai hasil ini dan lebih banyak pengembalian investasi (ROI) dari inisiatif digital hanya dalam 15 bulan dibandingkan dengan 17 bulan untuk bentuk SSC lainnya.

Diaktifkan oleh teknologi digital, perusahaan-perusahaan ini juga mencapai biaya dan dampak operasional yang signifikan. SSC menghasilkan penghematan biaya rata-rata sebesar 28% dari inisiatif digital. 

Faktor Kunci Sukses

SSC yang mendorong hasil superior dalam agenda digital merupakan tren penting dalam cara perusahaan menghasilkan kemampuan kompetitif baru. Salah satu faktor kunci kesuksesan penerapan shared services adalah pada menciptakan peluang dalam memecahkan masalah bisnis secara proaktif daripada didorong dari atas ke bawah dalam pendekatan “dorongan”. 

Karakteristik penting adalah fokus pada kolaborasi lintas fungsi sebagai upaya yang bertujuan untuk memecahkan masalah bisnis seperti meningkatkan pengalaman pelanggan atau karyawan atau meningkatkan efisiensi. Dan, khususnya, mereka berfokus pada peningkatan efisiensi dengan teknologi sebagai enabler (pengaktif) vs adopsi teknologi sesuai kebutuhan organisasi induk.

SISI sebagai penyedia layanan shared services juga berkomitmen untuk fokus menyelaraskan harapan organisasi induk pengguna layanan. Pembeda yang penting adalah pemanfaatan teknologi dalam penerapan SSC demi meningkatkan efisiensi dan efektivitas. 

Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai layanan Shared Services sebagai solusi terpadu bagi proses bisnis yang berkelanjutan, hubungi kami di sini.