Mengapa Perusahaan Holding Membutuhkan Shared Services?

Thursday, 29 September 2022

Perusahaan holding merupakan sebuah perusahaan induk yang mengendalikan, mengatur, dan mengawasi kinerja beberapa anak perusahaan yang tergabung dalam satu grup. Dengan banyaknya anak perusahaan yang dikendalikan, maka akan banyak proses berulang baik vertikal atau horizontal yang membutuhkan baik sumber daya manusia maupun perangkat penunjang yang tentu tidak sedikit.

Banyaknya masukan informasi dan data dari anak perusahaan untuk kepentingan pengambilan kebijakan juga membutuhkan tenaga ahli untuk melakukan proses tersebut. 

Desain workflow yang rumit juga akan menjadi permasalahan untuk perusahaan holding untuk mengendalikan anak perusahaan. Perusahaan juga harus melakukan proses berulang yang cukup banyak karena menangani banyak proses penunjang beberapa anak perusahaan.

Dengan tingginya arus data dan informasi serta banyaknya proses berulang dari masing- masing anak perusahaan, perusahaan holding belakangan ini mulai banyak yang beralih memanfaatkan layanan shared services dari pihak ketiga. Peralihan dari model konvensional menuju model shared services dinilai menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan perusahaan holding untuk mengendalikan anak-anak perusahaannya.

 

Alasan Perusahaan Holding Membutuhkan Jasa Shared Services

Sebagaimana diketahui, perusahaan holding membutuhkan model layanan shared services untuk meningkatkan efektivitas proses penunjang bisnis bagi anak-anak usahanya. Lalu apa saja alasan mengapa perusahan induk membutuhkan layanan shared services:

  • Standarisasi sistem untuk anak perusahaan

Dengan model shared services, sistem akan ditangani oleh pihak penyedia layanan. Dalam hal ini meliputi pengadaan fasilitas pendukung operasional misalnya seperti laptop beserta software-nya. Workflow juga akan diseragamkan untuk satu anak perusahaan dan anak perusahaan yang lain.

  • Mengurangi pengulangan proses

Shared services dapat menangani proses bisnis yang berulang untuk menunjang proses bisnis pada anak-anak perusahaan. Dengan adanya pemusatan dan standarisasi sistem maka akan dapat mengurangi pengulangan proses yang bisa dialihkan pada satu bagian shared services center (SSC).

  • Mempermudah kontrol dan pengambilan kebijakan

Model shared services menawarkan kecepatan alur informasi dari anak perusahaan kepada perusahaan holding. Ketepatan data juga menjadi penunjang untuk perusahaan holding untuk lebih mudah melakukan pengawasan terhadap perusahaan di bawah grupnya.

Selain itu, kecepatan dan ketepatan distribusi informasi dan data juga akan membantu perusahaan holding dalam hal pengambilan kebijakan untuk masing-masing anak perusahaan.

Selain alasan strategis yang sudah disebutkan, keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan holding dengan penggunaan shared service adalah efisiensi anggaran proses penunjang bisnis hingga 30 persen.

Penghematan biaya meliputi biaya pengadaan infrastruktur penunjang, fasilitas untuk pegawai yakni laptop dan software, karena dengan penggunaan shared services maka pengadaan akan ditanggung oleh penyedia layanan.