Mengapa Anda Perlu Memilih Firms sebagai Aplikasi ERM untuk Bisnis Berkelanjutan?

Tuesday, 24 January 2023

Apa saja tujuan bisnis dalam perusahaan Anda, Enterprise Risk Management (ERM) dapat membantu Anda mencapainya. Meskipun setiap perusahaan pastinya mempraktikkan manajemen risiko yang berbeda, proses ERM umumnya menerapkan metodologi dan praktik yang sama. Oleh sebab itu, Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan persaingan bisnis Anda secara sistematis.

Sebagai seorang pemilik bisnis atau pemimpin perusahaan, Anda diharuskan mampu mengelola risiko agar bisnis Anda tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama di tengah dunia yang terus bergerak atau penuh ketidakpastian.

Dalam konsep manajemen bisnis, Anda dapat menerapkan Enterprise Risk Management untuk meminimalisir berbagai jenis risiko yang dapat terjadi dalam bisnis. Walaupun pada dasarnya risiko apa pun tidak dapat sepenuhnya diselesaikan, ERM dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi, mengelola, dan membuat respons yang tepat.

Hingga saat ini, masih ada sebagian besar pebisnis yang berpendapat bahwa mengelola risiko hanyalah bagian normal dari menjalankan bisnis. Namun, faktanya mengelola risiko lebih dari itu. Dengan mengimplementasikan ERM, perusahaan secara proaktif dapat menetapkan tingkat dan jenis risiko yang sesuai agar bisa mencapai tujuan organisasi secara strategis.

Enterprise Risk Management juga dapat membantu manajemen perusahaan untuk memahami dan mengelola segala risiko bisnis perusahaan secara efektif dengan struktur dan metode pengelolaan yang terkoordinasi. Dengan demikian, ketika perusahaan Anda dihadapkan pada risiko yang tak bisa dihindari, Anda dapat merencanakan atau menciptakan strategi bisnis alternatif.

 

Beberapa jenis risiko yang mungkin Anda hadapi yaitu:

  1. Risiko Bahaya atau Hazard Risk

Hazard risk disebut cukup berbahaya karena berkaitan dengan kehidupan, kesehatan, atau properti bisnis. Biasanya, ancaman atau masalah yang dikelola merupakan bentuk masalah potensial yang memicu kebangkrutan perusahaan.

  1. Risiko Keuangan

Financial risk atau risiko keuangan mengacu pada manajemen risiko yang berhubungan langsung dengan keuangan perusahaan. Financial risk mencakup konsekuensi pengelolaan keuangan seperti peningkatan (incremental cost) atau penurunan pendapatan (revenue).

  1. Risiko Strategis 

Strategic risk atau risiko strategis adalah manajemen risiko yang mempengaruhi atau diciptakan oleh pengambilan keputusan bisnis yang strategis. Umumnya jenis manajemen risiko ini mengurangi kemampuan pelaku bisnis untuk menjalankan strategi bisnis yang telah mereka rencanakan sebelumnya.

  1. Risiko Operasional

Operational risk atau risiko operasional merupakan jenis manajemen risiko yang secara material mempengaruhi suatu perusahaan. Risiko ini umumnya muncul karena faktor internal perusahaan. Misalnya, performa karyawan, sumber daya perusahaan yang minim, modal atau dana perusahaan yang kurang stabil, dan lain-lain.

  1. Risiko Manusia

Human risk atau risiko manusia ini umumnya berkaitan dengan SDM dalam perusahaan. Misalnya penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan terlarang merupakan risiko utama bagi pekerja. Risiko lainnya yaitu penggelapan, pencurian dan penipuan yang merupakan kejahatan umum di tempat kerja. Sistem persyaratan tanda tangan ganda untuk cek, faktur, dan verifikasi utang dapat membantu mencegah penggelapan dan penipuan.

 

Selain lima risiko di atas, masih ada berbagai jenis risiko lain yang bisa dihadapi suatu perusahaan. Untuk menghadapi berbagai risiko ini, Firms, karya anak bangsa, hadir untuk membantu Anda mengelola risiko.

Firms adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola risiko perusahaan yang akan membantu Anda dalam melakukan mitigasi mulai dari asesmen, pengawasan, hingga tindakan pengendalian risiko bisnis perusahaan. Aplikasi ini hadir dengan kombinasi teknologi dan bisnis yang dapat membantu Anda mengelola keseimbangan antara risiko dan peluang dalam menciptakan alternatif terbaik bagi bisnis Anda.

Selain itu, Firms memiliki fitur yang lengkap untuk memudahkan Anda dalam mengidentifikasi, menganalisis dan memantau potensi risiko. Fitur FIRMS terdiri dari:

  1. Master risk;
  2. Heatmap Management;
  3. Role Management;
  4. Risk Register;
  5. Dashboard;
  6. Corporate Risk.

Fitur-fitur canggih ini dapat membantu Anda untuk menyediakan data real-time terkait risiko yang akan dihadapi perusahaan. Fitur Firms juga memberi kemudahan akses antara corporate dan operational risk. Selain itu, fitur ini akan memudahkan Anda dalam menganalisis dengan mudah dan lebih terstruktur. Sehingga pada akhirnya Anda bisa meningkatkan produktivitas guna mencapai tujuan perusahaan.

Jika Anda ingin mengetahui fitur-fitur Firms yang lain untuk kebutuhan bisnis Anda, hubungi kami di sini.