Optimalkan Bisnis Anda melalui Shared Services di Industri 4.0

Wednesday, 25 January 2023

Persaingan dagang antara Cina dan Amerika Serikat (AS) sejak tahun 2018 sangat mempengaruhi kondisi ekonomi secara global. Kebijakan-kebijakan dua negara tersebut sering kali membuat nilai tukar uang negara berkembang melemah. Kondisi tersebut sangat mempengaruhi pelaku usaha di negara berkembang termasuk Indonesia, terutama pelaku usaha mikro. 

Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan membuat harga bahan baku dari vendor akan naik. Kondisi perdagangan belakangan juga terkena dampak ketegangan antara Ukraina dan Rusia yang juga menyebabkan perubahan harga bahan baku industri.

Kenaikan harga tersebut pastinya akan membuat perusahaan harus menekan pengeluaran lain supaya tetap bisa bersaing dengan kompetitor mereka. Salah satu caranya adalah efisiensi operasional dalam perusahaan mereka. Untuk tujuan efisiensi tersebut, shared services bisa menjadi solusi. Model Shared services dinilai dapat meningkatkan efisiensi kinerja back office dengan digitalisasi dan penerapan teknologi informasi yang terkini. 

 

Mengoptimalkan Operasional Bisnis melalui Shared Services

Dengan menggunakan layanan shared services dari pihak ketiga, perusahaan dapat mengoptimalkan kinerja operasional bisnis tanpa harus berinvestasi untuk pengadaan perangkat teknologi terbaru. Shared services menawarkan layanan operasional terpadu sehingga perusahaan tetap bisa bersaing di era industri 4.0 tanpa harus menambah investasi dalam jumlah yang besar.

Penyedia jasa shared services juga menawarkan keandalan penanganan operasional back office oleh sumber daya yang ahli di bidangnya. Hal tersebut tentu akan meningkatkan efektivitas kinerja back office

Selain itu, infrastruktur dan sistem teknologi informasi dan komunikasi yang ditawarkan penyelenggara shared services akan sangat membantu perusahaan dalam bersaing di era industri 4.0 sekarang ini. Keakuratan data akan meningkat, keamanan data perusahaan juga akan terjamin.

Aspek lain yang menjadi keunggulan model shared services adalah penyederhanaan sistem operasional. Sebagai contoh, khusus untuk perusahaan dengan banyak anak perusahaan, tidak perlu lagi mendedikasikan satu orang khusus untuk mengurus sistem payroll pada anak perusahaan dengan menggunakan sistem payroll masing-masing. 

Dengan bantuan shared services, proses payroll di perusahaan induk dan anak perusahaan bisa menggunakan single ERP dan hanya dikelola oleh karyawan di kantor pusat, sehingga proses bisnis menjadi lebih efisien.

Dengan diterapkannya model shared services perusahaan dapat meningkatkan efisiensi hingga 30 persen baik dalam hal biaya maupun sumber daya manusia. Hal tersebut akan sangat membantu perusahaan dalam menjaga produktivitas tetap tinggi, memberikan pelayanan pada konsumen dengan kualitas yang konsisten.

Sebagai penyedia layanan shared services, SISI juga menjunjung tinggi produktivitas kinerja dengan menerapkan efisiensi dan efektivitas sistem ini. SISI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi yang senantiasa memberikan solusi-solusi teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang andal, mutakhir, dan berorientasi untuk memenuhi harapan pelanggan.

Dengan dukungan para profesional yang telah berpengalaman mengelola dan mengembangkan ICT di lingkungan Semen Indonesia Group selama lebih dari 15 tahun, SISI siap membantu perusahaan Anda melalui layanan shared services yang dibahas lebih jelas dalam link berikut.