Mengenal Firms, Fitur-fitur dalam Modul dan Fungsinya

Tuesday, 13 December 2022

Enterprise Risk Management (ERM) merupakan proses dalam mengidentifikasi dan menangani secara metodis peristiwa potensial yang terkait risiko untuk pencapaian tujuan strategis, atau peluang untuk mendapatkan keunggulan kompetitif perusahaan.

Saat ini Enterprise Risk Management mulai digunakan di berbagai perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Sebagian perusahaan juga mulai bertransformasi dari sistem pengelolaan risiko konvensional, menuju software Enterprise Risk Management. Hal ini untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola risiko.

Software Enterprise Risk Management dapat membantu meningkatkan kesadaran akan risiko bisnis di seluruh organisasi, menanamkan kepercayaan pada tujuan strategis, meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan dan mandat kepatuhan internal, serta meningkatkan efisiensi operasional melalui aplikasi proses dan kontrol yang lebih konsisten.

Perusahaan juga akan memperoleh manfaat dengan mengubah budaya perusahaan mereka dari fokus memenuhi kewajiban kepatuhan menjadi menargetkan pengurangan risiko secara keseluruhan. Dengan menciptakan budaya yang lebih berfokus pada risiko adalah cara yang baik untuk meningkatkan manajemen risiko secara menyeluruh. 

Selain itu, perusahaan juga dapat menerapkan pelaporan risiko yang lebih terstandarisasi yang membantu metrik dan pengukuran jangka panjang. ERM juga dapat meningkatkan fokus dan meningkatkan perspektif mereka tentang risiko dalam berbagai kategori.

Untuk memenuhi kebutuhan Anda terkait pengelolaan risiko, terdapat aplikasi Factually Integrated Risk Management System atau Firms. Ini adalah aplikasi pengelolaan risiko perusahaan terpadu. Melalui aplikasi ini, Anda akan dibantu melakukan mitigasi risiko mulai dari asesmen, pengawasan, hingga tindakan pengendalian risiko bisnis perusahaan.

 

Aplikasi enterprise risk management FIrms ini merupakan software buatan Indonesia. Oleh sebab itu, fitur yang dihadirkan pun disesuaikan dengan kondisi umum pada perusahaan yang terdapat di Tanah Air. Berikut daftar fitur yang tersedia dalam Firms yang dapat membantu Anda dalam mengelola risiko:

  1. Master Risk

Master Risk merupakan master data yang akan menyimpan semua risk katalog yang ada pada sebuah perusahaan. Pada Master Risk ini, risiko dapat dibagi menjadi beberapa kategori atau diklasifikasikan sesuai dengan standar perusahaan. Tentunya ini akan memudahkan Anda dalam menentukan risiko prioritas yang mungkin dapat mempengaruhi seluruh perusahaan.

  1. Heatmap Management

Heatmap Management merupakan fitur yang digunakan untuk membuat peta risiko sesuai dengan standar perusahaan. Salah satu keunggulan dari peta risiko milik Factually Integrated Risk Management System yaitu dapat disesuaikan level-levelnya dan banyaknya matriks yang sesuai dengan standar perusahaan Anda.

  1. Role Management

Role Management merupakan fitur yang digunakan untuk mengatur peran pada setiap karyawan yang terlibat dalam proses penentuan risiko pada suatu perusahaan. Role yang terdapat dalam aplikasi ini adalah Creator, Reviewer, Approver.

  1. Risk Register

Risk Register merupakan fitur yang digunakan untuk melakukan input data risiko pada setiap unit kerja dalam sebuah perusahaan. Fitur ini terdiri dari penentuan risk level, dampak, sebab risiko, jenis ISO, dan dokumen kontrol. Fitur akan membantu Anda dalam mencatat berbagai risiko dalam satu sistem. 

Dengan aplikasi Firms ini, para pemangku kebijakan dan eksekutif bakal dengan mudah mengakses informasi yang rinci terkait berbagai risiko yang mengancam perusahaan. Dari informasi ini, para eksekutif dapat berdiskusi lintas unit untuk membuat keputusan terkait respons terhadap risiko-risiko tersebut.

  1. Unit Dashboard

Dashboard merupakan fitur yang digunakan untuk memunculkan hasil pengisian dan monitoring risiko pada unit kerja suatu perusahaan. Pada dashboard ini, Anda dapat melihat risiko-risiko perusahaan.

  1. Corporate Risk

Corporate risk merupakan sebuah dashboard risiko yang memunculkan risiko-risiko yang di highlight suatu perusahaan atau bisa juga yang diprioritaskan. Corporate risk merupakan integrasi dengan risiko-risiko yang telah dimasukkan dalam unit kerja di dalamnya.

 

Anda tak perlu khawatir terkait fitur-fitur ini sebab Firms menyediakan panduan untuk memandu Anda mengoperasikan aplikasi ini. Hadir dengan kombinasi teknologi dan bisnis, segera dapatkan manfaat dari Firms untuk mengelola keseimbangan antara risiko dan peluang dalam menciptakan alternatif terbaik bagi bisnis Anda.

Ingin mengetahui fitur-fitur aplikasi Firms yang lain dan berbagai kemudahan yang tersedia di aplikasi ini termasuk informasi lainnya terkait Enterprise Risk Management, silahkan klik di sini.