Mengenal Layanan FORCA ERP dan Seluk Beluknya

Monday, 10 October 2022

Salah satu hal yang paling krusial bagi kemajuan bisnis adalah prakiraan (forecast) yang tepat. Pemangku kepentingan dalam perusahaan bergantung pada laporan untuk membuat prakiraan yang pada akhirnya akan mempengaruhi keputusan yang mereka ambil. 

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi bisnis untuk mendapatkan laporan real-time, lengkap, dan konsisten. Solusi ERP adalah sarana yang bisa memfasilitasi semua itu.

 

Apa Itu FORCA ERP?

FORCA ERP merupakan software Enterprise Resources Planning (ERP) kelas dunia karya anak bangsa yang diluncurkan oleh PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI), anak usaha PT Semen Indonesia Tbk pada 2016.

Perangkat lunak ini dirancang khusus untuk mengelola proses bisnis pada semua level perusahaan, dan akan menyentuh setiap bagian dari proses bisnis perusahaan.

Tujuan penggunaan aplikasi ERP adalah agar proses bisnis yang dijalankan dapat berjalan dengan efektif, efisien, tepat guna, dan dapat mengurangi biaya pengeluaran atau sumber daya suatu perusahaan. Manfaat ERP dapat digunakan untuk bidang keuangan, manajemen, administrasi, dan bidang yang lainnya.

FORCA merupakan penggalan kata dari InFORmation CApital. Dengan harapan menjadi platform dari information capital perusahaan, FORCA ERP akan mengintegrasikan proses bisnis dan menyediakan cara yang mudah dan cepat untuk menjalankan bisnis.

Saat ini, FORCA ERP berkomitmen mendukung perusahaan berskala menengah hingga enterprise di Indonesia dalam meningkatkan performa bisnis dan bersaing pada pasar Indonesia dan mancanegara.

 

Nilai Tambah FORCA ERP

  • Mengadopsi best practice dunia

Dirancang berdasarkan pengalaman panjang dalam melakukan implementasi Top ERP dunia, software ini menyediakan proses bisnis yang digunakan oleh perusahaan kelas dunia.

  • Cloud-based ERP

Difungsikan sebagai layanan sehingga tidak memerlukan investasi dan beban infrastruktur di awal.

  • Mudah digunakan

Memiliki tampilan yang sederhana serta mengikuti peraturan lokal seperti perpajakan, sehingga setiap pengguna akan mudah beradaptasi dalam menggunakannya.

 

Ketentuan Hardware dan Software untuk FORCA ERP

Untuk dapat menggunakan FORCA ERP, dibutuhkan ketentuan minimal dalam penggunaan hardware dan software perusahaan sebagai berikut:

  • Core i3
  • 2 GB of RAM
  • 80 MB of hard disk space
  • Web Browser
  • Dedicated Internet Connection 128 Kbps/User

 

Modul Utama FORCA ERP

FORCA ERP saat ini memiliki 4 modul utama yang telah disempurnakan:

  1. Financial Management
  2. Material Management
  3. Sales Management
  4. Asset Management

 

Dalam implementasi ERP, SISI berpegang pada prinsip utama yakni value delivery atau kontribusi manfaat bagi bisnis perusahaan, bukan sekedar adopsi teknologi IT. Implementasi ERP juga menjadi bagian dari Risk Management perusahaan untuk memitigasi risiko-risiko operasional dan bisnis perusahaan.

Sistem ERP adalah sistem pendukung untuk pengembangan kapabilitas operasional. Stakeholder utama dari inisiatif ini adalah pengguna sistem ERP ini. Setup dan konfigurasi sistem aplikasi yang biasanya menjadi tugas tim IT hanyalah sebagian kegiatan teknis dalam proyek implementasi ERP.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan info lebih lanjut mengenai FORCA ERP, dapat menghubungi kami di sini.