Menilik Manajemen Penjualan dan Aset pada FORCA ERP
Software Enterprise Resources Planning (ERP) adalah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk membantu kebutuhan proses bisnis perusahaan menggunakan sebuah sistem yang terintegrasi. Sistem ERP semakin banyak digunakan perusahaan, bahkan lebih dari 80 persen perusahaan memilih menggunakan sistem ERP sebagai dasar untuk merencanakan kebutuhan perusahaan, menurut Talenta.
Salah satu software ERP buatan Indonesia yakni FORCA ERP. Software ERP kelas dunia karya anak bangsa ini diluncurkan oleh PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI), anak usaha PT Semen Indonesia pada 2016.
Perangkat lunak ini dirancang khusus untuk mengelola proses bisnis pada semua level perusahaan, dan akan menyentuh setiap bagian dari proses bisnis perusahaan Anda.
Sales Management & Implementasinya pada FORCA ERP
Modul Sales Management ini berfungsi untuk merilis dokumen penjualan, proses pengiriman produk, hingga penagihan kepada konsumen dengan dokumen komersial yang telah diterbitkan pada pembeli dan rekap setiap invoice yang telah diberikan kepada pembeli.
Fitur-fitur dalam modul Sales Management ini meliputi master data, transaction, dan report. Berikut rinciannya:
- Master Data
- Business Partner (Customer)
- Product
- Unit of Measure
- Price List
- Transaction
- Sales Order
- Shipment
- Invoice (Customer)
- Confirmation
- Customer Return
- Invoice Credit Memo
- Report
- Order Details
- Transaction Details
- Invoice Transaction
- Product Valuation
- Product Cost Details
Pada penerapannya, modul FORCA ERP untuk pengelolaan penjualan ini, tentunya masih terintegrasi dengan modul-modul lainnya. Hal ini dapat membantu proses penjualan dan laporan-laporan yang berhubungan untuk penjualan.
Perbedaan paling signifikan bagi perusahaan yang akan memakai modul ini yakni sebelum menggunakan FORCA ERP, laporan belum tersedia secara otomatis. Setelah menggunakan FORCA ERP, laporan penjualan, laporan produk, laporan transaksi, laporan cash in dalam FORCA ERP terbentuk dari inputan transaksi yang membantu sales untuk analisis transaksi penjualan secara otomatis.
Dalam pengembangannya, modul ini akan menambahkan sistem report dan dashboard sales. Pada home FORCA ERP bisa ditampilkan chart yang berisi performance revenue.
Modul Salas Management ini juga membantu kemudahan untuk bertransaksi bagi klien. Salah satu faktornya kemudahan dalam menginput penjualan sangat mempermudah user untuk bertransaksi dan juga kecepatan dalam mendapatkan report sales.
Asset Management & Implementasinya pada FORCA ERP
Modul satu ini berfungsi untuk melakukan pengelolaan seluruh aset yang dimiliki perusahaan dengan efektif mulai dari pembelian aset, identifikasi aset, depresiasi, hingga penghitungan biaya pengelolaan.
Fitur-fitur dalam modul Asset Management ini meliputi master data, transaction, dan report. Berikut rincian layanannya:
- Master Data
- Product
- Asset
- Transaction
- Asset Addition
- Asset Revaluation
- Post Depreciation Entry
- Asset Disposal
- Report
- Asset List
Penerapan software FORCA ERP dinilai bisa mengoptimalisasi proses bisnis. Contohnya, beberapa menu yang bisa dipakai user untuk melakukan input dan import aset baru, maupun aset yang sudah pernah depresiasi sebelumnya. Dengan memanfaatkan fitur yang ada, user bisa mengontrol pergerakan aset, pengelompokan aset berdasarkan jenisnya, dan masih banyak fungsi lainnya.
Perbedaan paling signifikan yang akan dirasakan oleh pengguna yakni sebelum menggunakan FORCA ERP perusahaan melakukan perhitungan nilai aset secara manual. Setelah menggunakan FORCA ERP, beberapa pengguna mengatakan mulai dari asset addition, depresiasi, disposal, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan aset bisa dilakukan secara otomatis.
Terkait dengan inovasi baru untuk modul Asset Management yakni menu Monitoring Asset yang berisi laporan mengenai aset yang lebih rinci seperti jumlah aset, total asset cost, total asset expense. Selain itu, detail mengenai aset itu sendiri mulai dari accumulation depreciation, remaining amount, el expense dll. Sehingga user akan diberi kemudahan untuk melakukan analisis atas aset yang mereka miliki.
FORCA ERP hadir mendukung bisnis Anda dengan model SaaS (Software as a Service), yaitu model layanan software sistem ERP secara komprehensif. Mulai dari penyediaan infrastruktur IT berbasis cloud sehingga dapat diakses dengan mudah dari mana pun, support atau helpdesk operasional 24×7, hingga pengembangan fitur-fitur sehingga terjaga tetap up to date.
Apabila perusahaan Anda membutuhkan info lebih lanjut mengenai FORCA ERP, dapat menghubungi kami di sini.