Momentum Ramadan, Hubungan dengan Pelanggan jadi Lebih Erat

Monday, 10 April 2023

Bulan suci Ramadan menjadi bulan yang istimewa bagi umat islam. Selain kewajiban berpuasa selama satu bulan penuh, bulan Ramadan juga seringkali dipenuhi dengan kegiatan ibadah lainnya seperti tadarus al-quran, tarawih, hingga i’tikaf selama 10 hari terakhir Ramadan. 

Namun di sisi lain terkadang, selama berpuasa kita seringkali merasakan tubuh lemas dan juga lapar. Hal ini tentunya bukan menjadi alasan bagi kita untuk meninggalkan tanggung jawab dalam menjalankan bisnis. Dilansir dari beberapa media, momen Ramadan ini menjadi waktu yang krusial untuk terhubung dengan pelanggan lebih dekat secara online. Untuk memudahkan Anda memahami karakteristik pelanggan pada saat Ramadan, kami telah merangkum beberapa panduan pemanfaatan teknologi bagi Anda sebagai pelaku usaha untuk dapat dimanfaatkan untuk memajukan bisnis Anda:

 

Ramadan Membuka Peluang Bisnis untuk Terhubung dengan Pelanggan melalui Brand Storytelling

Dirilis dari DTC mengungkapkan bahwa Google pernah merilis sebuah riset yang menyatakan selama bulan Ramadan akan ada peningkatan aktivitas masyarakat Indonesia di dunia maya pada waktu istirahat siang. Beberapa start-up mengemukakan ada lonjakan pembelian produk pada situs mereka pada jam 10.00 – 15.00. Hal ini tentu kesempatan baik untuk mengeluarkan promosi yang menarik.

Selama Ramadan, semakin penting untuk mengingatkan konsumen tentang bagaimana brand Anda dapat membantu mereka. Momen ramadan banyak dimanfaatkan sebagai momen ketika konsumsi konten video dapat membuka peluang bisnis untuk terhubung melalui brand storytelling. Namun, dengan lebih banyak pengiklan yang bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen, masing-masing brand harus lebih kreatif dalam menjangkau audiens mereka.

Berbicara tentang digitalisasi kini, konten video menjadi rujukan masyarakat Indonesia yang paling populer. Kebanyakan masyarakat menonton video sebagai kanal utama untuk mencari produk melalui media sosial. Tren ini pula yang mendorong para pemilik bisnis melakukan kerja sama dengan content creator untuk membuat konten yang diminati oleh masyarakat luas agar mau memilih produk mereka. 

 

Ramadan jadi Momen Terhubung dengan Pelanggan melalui Business Messaging

Dalam mengoptimalkan bisnis dengan pasar yang selalu dinamis ini, Anda harus memahami bahwa pelanggan memiliki peranan yang penting dalam bisnis. Setiap pelanggan tentu memiliki karakteristik yang berbeda dan bahkan beberapa tampak seperti selalu berubah-ubah setiap minggunya. Kemampuan beradaptasi harus dapat dikuasai untuk menghadapi pelanggan agar bisnis dapat tetap memenangkan persaingan. 

Berdasarkan survei dari Medcom, Ramadan juga menjadi momen untuk terhubung lebih erat dengan pelanggan melalui business messaging. Dua dari tiga masyarakat Indonesia lebih merasa nyaman dan memilih berkomunikasi dengan bisnis melalui layanan perpesanan dibandingkan email dan telepon. Hal ini dapat menjadi peluang emas bagi pemilik bisnis untuk mendekatkan diri dan melakukan promosi produk serta layanannya. Ini bisa jadi peluang bagi pemilik bisnis untuk dapat mengeksplorasi cara-cara kreatif, tidak hanya menjangkau audiens baru dan yang sudah ada tetapi juga menghubungkan dan menginspirasi mereka dengan lebih mudah.

 

Memahami bahwa pola hidup masyarakat cenderung berbeda apalagi pada saat Ramadan yang bergeser lebih banyak berinteraksi di dunia maya, maka tentu saja ini mempengaruhi bisnis. Para pemilik bisnis harus mampu mengikuti arus digitalisasi dengan hadir secara online. Jika komunikasi yang baik dengan pelanggan telah tercapai bukan tidak mungkin Anda dapat memenangkan persaingan bisnis dengan jauh lebih mudah. 

Namun untuk menunjang beberapa hal di atas, Anda juga memerlukan dukungan teknologi lainnya guna mengoptimalisasi layanan yang Anda miliki. SISI sebagai penyedia solusi pengelolaan bisnis Anda akan membantu operasional bisnis jadi lebih mudah. Ingin tahu lebih detail berbagai layanannya? Konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami segera.