Pengenalan Karakter Karyawan, Kunci Sukses Mencapai Tujuan Perusahaan

Friday, 22 September 2023

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, sumber daya manusia merupakan aset terpenting di mana karyawan memberikan energi, bakat, kreatifitas, dan usaha mereka kepada perusahaan. Oleh karena itu, tak diragukan lagi bahwa karyawan merupakan aset tak ternilai yang mendorong kesuksesan perusahaan.

Melihat pentingnya karyawan untuk perusahaan, kesejahteraan karyawan harus menjadi prioritas bagi setiap pelaku bisnis. Sudahkah Anda memikirkan perlindungan kesehatan dan perlindungan kesehatan dan persiapan dana pensiun untuk kesejahteraan karyawan?

Kesejahteraan karyawan bukan hanya sebatas perlindungan kesehatan dan dana pensiun. Anda sebagai pemilik bisnis juga perlu mengakrabkan diri dengan karakteristik masing-masing individu. Salah satu cara meningkatkan kesejahteraan karyawan adalah dengan memberikan treatment yang sesuai dengan karakter karyawan Anda. Jika Anda sudah mengetahui tipe dan karakter karyawan, maka Anda dapat melakukan berbagai pendekatan untuk bekerja sama, berkomunikasi dengan tepat, dan menyampaikan apa saja harapan perusahaan untuk mereka. 

 

Berikut adalah 5 tipe karyawan harus Anda kenali dan cara untuk Anda melakukan pendekatannya:

  1. Sistematis

Karyawan dengan tipe sistematis umumnya berfokus pada satu pekerjaan terlebih dahulu dan tidak bisa diganggu. Ia juga cenderung tidak mudah terdistraksi, dan terkesan kaku jika bergaul dengan rekan kerja lainnya. Tipe karyawan seperti ini juga sangat mematuhi aturan-aturan kantor dan lebih menyukai bekerja sendirian daripada secara kelompok. 

Pendekatan yang tepat adalah adalah membangun ikatan tim yang kuat. Anda harus membuat karyawan Anda merasa berada dalam komunitas yang tepat, di mana ada kekompakan dan keharmonisan dalam bekerja.

  1. Penuh Semangat

Berbanding terbalik dengan tipe sistematis, tipe karyawan yang penuh semangat ini senang bekerja bersama dalam tim. Tipe ini juga tipe yang banyak bicara dan mampu melakukan multitasking dengan sempurna.

Upayakan untuk terus mempertahankan semangat mereka dengan menjalin hubungan sosial yang baik dengan mereka dan rajin memberi apresiasi akan kerjanya sehingga performa mereka senantiasa meningkat. 

  1. Micromanage

Tipe micromanage seringkali memiliki peran sebagai pemimpin. Tipe ini selalu mengawasi bawahannya dengan ketat, namun ia tidak menyadari bahwa ia bersikap demikian. Tipe micromanage juga lebih memperhatikan hal-hal detail. Mereka juga kerap terlalu terlibat dalam pekerjaan karyawan lainnya, dan tidak menawarkan kebebasan karyawan untuk bekerja sendiri.

Cara Anda untuk melakukan pendekatan dengan karyawan yang micromanage adalah dengan membangun kepercayaan secara perlahan. Bangun kepercayaan dan jelaskan dengan baik bahwa tim bekerja dengan komitmen dan tanggung jawab yang sama, sehingga mereka tidak perlu terlalu khawatir pada setiap detail.

  1. Antisosial

Tipe karyawan antisosial memiliki ciri yang cukup jelas, yakni sangat tertutup dan tidak suka bergaul dengan orang di sekitarnya. Ia lebih suka menyendiri daripada terlibat dalam percakapan dan interaksi sosial.

Pendekatan yang tepat adalah dengan lebih sering mengajak berbicara secara personal. Tidak semua orang merasa percaya diri berbicara di depan banyak orang, maka dari itu ada baiknya Anda berusaha mengenali kepribadian mereka dan mendekatinya secara personal. 

  1. Komitmen yang Berlebihan

Orang dengan komitmen yang tinggi selalu mengerjakan pekerjaannya dengan serius dan baik. Ia tidak akan menolak beban kerja berat dan terkadang menjadi ancaman bagi rekan kerjanya. Pasalnya, pekerja yang overcommitted selalu mengambil kesempatan yang ada dan cenderung dominan dalam memegang peran. 

Cara Anda untuk melakukan pendekatan adalah dengan memberikan pembagian kerja yang jelas serta pemahaman bahwa bekerja secara tim akan membuat pekerjaan lebih cepat selesai dengan hasil yang maksimal karena banyaknya ide yang ditumpahkan oleh tim.

 

Tipe dan karakter karyawan dapat Anda temukan pada database karyawan yang berisi informasi mulai dari latar belakang, catatan kehadiran, besaran gaji, hingga tunjangan untuk Anda memahami perkembangan karyawan, memenuhi kebutuhan mereka, dan membuat berbagai keputusan sesuai basis data yang telah disimpan. 

Kini, era digital telah menghadirkan aplikasi pengelolaan karyawan berbasis cloud yang dapat diakses di berbagai perangkat. FORCA HR, salah satu aplikasi Human Resource Management yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan dasar pengelolaan karyawan. FORCA HR dapat membantu Anda untuk merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi proses bisnis SDM hingga memudahkan akses informasi untuk mengenali karakter karyawannya. 

Sistem pengelolaan karyawan sudah terintegrasi dengan sistem cloud lainnya termasuk absensi, perhitungan gaji, pengajuan cuti, hingga pemberian tugas. FORCA HR memberi fitur lengkap untuk perusahaan Anda mengelola karyawan hingga menilai kinerja lebih objektif. 

Dalam perjalanan mencapai tujuan perusahaan, investasi pada SDM yang berkualitas sangatlah penting. Salah satu caranya adalah melalui pengenalan karakter karyawan yang mendalam. Dengan pemahaman yang mendalam, Anda akan dapat membangun tim yang harmonis, unggul, dan siap menghadapi setiap tantangan di depan mata.