Pentingnya Analisis Data dalam Shared Services dan Trennya di Masa Depan

Friday, 17 March 2023

Di era informasi ini, data menjadi salah satu aset perusahaan yang paling berharga, karena bukan hanya catatan tentang apa yang terjadi, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat prediksi di masa depan. 

Perusahaan yang dapat memanfaatkan dan menerapkan pengetahuan ini secara efektif akan memiliki keunggulan kompetitif yang paling berkelanjutan di abad ke-21 ini.

 

Analisis Data dan Industri

Seiring dengan semakin matangnya teknologi analisis yang canggih dan penggunaan artificial intelligence (AI) menjadi nilai tambah, perusahaan menjadi ujung tombak untuk me-reboot data dan upaya analitik mereka sebagai data “industri” dan kemampuan analisis yang end-to-end, berulang, terukur dan integral dengan operasi bisnis inti.

Biasanya, mereka mulai dengan mengkonsolidasikan keahlian menjadi center of excellence (COE). Beberapa bahkan memisahkan data dan analitik sebagai fungsi layanan bisnis, yang dipimpin oleh seorang chief data officer. 

Para pemimpin baru ini – yang juga pakar data – membebaskan informasi, mengatasi tantangan tata kelola, dan memadukan kumpulan data yang berbeda ke dalam lapisan horizontal virtual yang dapat diakses oleh seluruh perusahaan. Mereka juga melakukan investasi besar dalam mengembangkan dan mempekerjakan staf dengan ilmu data dan keterampilan analitik untuk mengekstrak dan menerapkan semua nilai potensial.

 

Manfaat Pengelolaan Data & Analisisnya

Data dan analitik industri perlu dilihat terlebih dahulu sebagai kemampuan perusahaan yang berdampak pada bisnis di setiap tingkat, mulai dari kepemimpinan senior hingga unit bisnis individu. Mereka akan mengubah proses bisnis inti melalui peningkatan akurasi, efisiensi, kecepatan, menghilangkan pekerjaan manual, dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat.

 

Berikut ini adalah area manfaat utama dalam berbagai domain penerapan shared services dengan implementasi analisis data dan teknologi:

  • Manajemen layanan/operasi: Pelaporan dan kecerdasan data real-time harus dimiliki untuk operasional bisnis yang cekatan dan otomatisasi kegiatan usaha yang efisien. Manfaat: Pengalaman pengguna, perencanaan kapasitas/perkiraan permintaan, kinerja belanja modal, efisiensi, dan kualitas proses.

 

  • Pemberdayaan dan manajemen SDM: Akses data kapan saja, di mana saja dan intelijen sesuai permintaan memberdayakan pekerja baik jarak jauh atau di kantor. Analisis sentimen dan produktivitas menginformasikan penilaian dan strategi SDM. Manfaat: Pengalaman pekerja, produktivitas, kolaborasi, inovasi.

 

  • Manajemen pemasok/mitra: Analisis data memberikan visibilitas, pelacakan, dan penemuan anomali di semua aspek hubungan vendor/pemasok. Manfaat: Efisiensi vendor, pengadaan dan kepatuhan kontrak, pelacakan SLA, pengoptimalan portofolio vendor.

 

  • Manajemen risiko perusahaan: Sistem Data & Analisis (D&A) menginformasikan perkiraan, mendeteksi dan melaporkan tanda-tanda penipuan dan serangan siber, dan mendeteksi indikator gangguan layanan. Manfaat: Akurasi prediksi, pencegahan kerugian, jaminan pendapatan, efisiensi dan efektivitas pengumpulan, pemanfaatan aset, keamanan siber, gangguan layanan, ketahanan operasi.

 

  • Manajemen pelanggan: Analisis data pelanggan menciptakan persona digital yang memungkinkan pengujian, penyesuaian, dan penargetan layanan yang lebih cerdas. Manfaat: Pengalaman pelanggan, loyalitas, pembelanjaan lebih tinggi, pengurangan churn (kehilangan pelanggan dalam suatu bisnis).

 

  • Manajemen pasar/penjualan: Analisis data pasar dan pelaporan waktu real-time menginformasikan keputusan dan tindakan di pasar yang semakin dinamis dan mengganggu. Manfaat: Pengoptimalan saluran, kinerja kampanye penjualan, peningkatan penjualan, penjualan silang.

 

  • Manajemen produk: Keputusan pengembangan produk difasilitasi oleh data dan analitik produk, pelanggan, pesaing dan pasar. Manfaat: Waktu pemasaran yang lebih cepat, penetapan harga produk yang optimal, profitabilitas produk, optimalisasi portofolio.

 

 

Tren D&A di Masa Depan

Perusahaan perlu merancang data dan analisis (D&A) sebagai kemampuan end-to-end mengotomatiskan pengumpulan data, dan menerapkan prediksi analitis untuk keputusan dan tugas yang sedang berlangsung.

Ketika proses bisnis menjadi lebih digital dan otomatis, lebih banyak data tersedia tentang kinerja proses usaha. Hal ini pada gilirannya menginformasikan optimasi lebih lanjut dari desain proses dan eksekusi. Tren ke depan, perusahaan yang tidak memiliki kemampuan D&A dengan tingkat yang matang akan semakin tertinggal.

Nilai data dan analitik berasal dari bagaimana wawasan dapat menginformasikan dan memberdayakan pembuat keputusan. Secara historis, keputusan ini umumnya memprioritaskan dimensi ekonomi kinerja organisasi (misalnya, memberikan lebih banyak uang, lebih banyak keuntungan, hasil yang lebih prediktif yang berdampak pada nilai pemegang saham). 

Untuk masalah bisnis, peluang, atau tujuan apa pun yang muncul, harus ada proses – modular, dapat diulang, dan dapat diskalakan – yang menciptakan wawasan sesuai permintaan dan sebagai bagian dari proses manajemen kinerja perusahaan yang mapan. Proses tersebut harus mencakup komitmen sumber daya dan penetapan target, dan harus beroperasi berdasarkan kalender dan bergulir (misalnya, tinjauan perencanaan strategis, perencanaan tahunan, peramalan).

Penggunaan D&A merupakan suatu keniscayaan, SISI sebagai penyedia layanan shared services meyakini perkembangan teknologi sangat diperlukan dalam model bisnis ini. Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai layanan Shared Services sebagai solusi terpadu bagi proses bisnis yang berkelanjutan, hubungi kami di sini.