Pentingnya Peran Influencer dalam Aktivitas Pemasaran

Friday, 14 July 2023

Di tengah ketatnya persaingan saat ini, pelaku bisnis perlu menerapkan strategi yang tepat untuk mempertahankan bisnisnya. Salah satu bentuk strategi yang dapat diterapkan perusahaan adalah dengan melakukan berbagai inovasi. Inovasi ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan menggunakan influencer dalam kegiatan pemasaran.

 

Pemanfaatan Influencer di era digital saat ini menjadi salah satu strategi pemasaran secara online yang marak digunakan. Kehadiran influencer atau key leader opinion (KOL) seperti artis, selebgram, blogger, youtuber ini memiliki pengaruh yang kuat terhadap pengikut atau followers mereka. Berikut beberapa manfaat influencer dalam bisnis;

  • Menjadikan produk Anda pusat perhatian

Dengan banyaknya pengikut yang dimiliki oleh seorang influencer, Anda dapat meningkatkan perhatian publik terhadap produk dan jasa bisnis Anda. Pengguna media sosial dapat mempelajari lebih lanjut tentang merek Anda, cerita Anda, dan produk atau layanan yang Anda tawarkan dari influencer yang mereka ikuti.

  • Meningkatkan Kepercayaan

Melalui pengaruh influencer, Anda dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap produk maupun jasa pada bisnis Anda. Seringkali para followers melihat apa yang influencer sedang pakai, dan kebanyakan dari mereka akan tertarik serta membeli produk bisnis Anda karena terpengaruh role model yang mereka ikuti.

Memanfaatkan jasa influencer yang profesional juga dapat membantu Anda untuk menjangkau pasar lebih cepat. Ini karena influencer telah membangun hubungan, kepercayaan, dan kredibilitas dengan pengikut mereka. Influencer peka terhadap kebutuhan pengikut dan penggemar mereka sehingga dapat dengan mudah membuat konten yang juga akan menawarkan nilai bagi target konsumen Anda. Sehingga ada engagement dan menumbuhkan rasa kepercayaan terhadap merek Anda.

  • Menjangkau lebih banyak konsumen

Di era digital saat ini influencer tak ubahnya sebagai creator yang memberikan konten dan menawarkan solusi atas suatu masalah, sehingga menstimulasi emosi audiens Anda. Influencer marketing akan membuat merek Anda dipromosikan setiap hari di berbagai saluran kanal sosial media mereka. Konten yang dibuat oleh influencer mampu menjangkau lebih banyak konsumen karena produk Anda menjadi semakin populer karena konten mereka.

  • Meningkatkan brand awareness

Manfaat utama influencer marketing adalah membangun brand awareness. Kontribusi yang dibuat oleh influencer dalam menumbuhkan kesadaran merek (brand awareness) Anda dengan lebih mudah dan lebih menonjol dari kompetitor. Bahkan jika Anda mampu bekerja sama dengan influencer yang dapat menggerakkan emosi dan dekat dengan audiens setianya, mereka akan lebih cepat terpengaruhi bahwa merek Anda adalah pemimpin di industri Anda.

 

Jika ingin memanfaatkan pengaruh influencer dalam aktivitas pemasran, Anda harus memperhatikan beberapa hal dalam memilih influencer yang tepat. Berikut beberapa cara memilih influencer yang tepat adalah:

  1. Jeli melihat pengikut

Saat ini, ada banyak influencer yang bisa ditemui, dan setiap influencer memiliki keunggulan masing-masing dalam mempromosikan suatu produk. Akan tetapi untuk memilih influencer ada baiknya Anda perhatikan jumlah pengikut yang dimilikinya. Ini karena semakin banyak jumlah pengikut maka akan semakin banyak pula jangkauan audiensnya. 

  1. Pilih yang sesuai dengan personality bisnis Anda

Dengan pilihan sosial media yang beragam saat ini, influencer juga dapat Anda pilih sesuai dengan klasifikasi yang Anda butuhkan, seperti berdasarkan lifestyle, F&B, dan lain sebagainya. Pilih influencer yang sesuai dengan persona bisnis Anda. Influencer yang relevan dengan produk atau brand Anda, akan lebih mudah menjangkau audiens yang relevan.

  1. Persentase Engagement

Fungsi engagement rate biasanya digunakan untuk menunjukkan bagaimana respon audiens terhadap konten yang diunggah oleh influencer. Engagement rate ini penting guna mengukur keberhasilan konten yang dibagikan oleh influencer yang mereka ikuti. 

Anda dapat memilih influencer yang memiliki keterlibatan audiens, salah satunya dengan memperhatikan jumlah like atau komentar di setiap unggahan. Selain itu, Anda juga bisa melihat apakah influencer sering membalas komentar audiensnya. Apabila hal ini dilakukan, dapat dipastikan influencer tersebut memiliki engagement yang baik dan meningkatkan hubungan yang baik dengan audiensnya.

  1. Reputasi influencer

Apabila Anda memilih seorang influencer, perhatikan konten-konten yang telah mereka buat dan cari tahu informasi tentang reputasi influencer tersebut di mata masyarakat. Influencer yang memiliki reputasi yang baik di publik, akan dianggap memiliki potensi mempengaruhi orang lain lebih baik.

 

Itu tadi beberapa informasi mengenai influencer yang perlu Anda pertimbangkan dalam menunjang bisnis Anda. Era digital saat ini, bekerja sama dengan influencer menjadi sebuah pilihan strategi marketing yang menguntungkan untuk menjangkau audiens yang lebih banyak. 

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kinerja bisnis, Anda dapat melakukan improvement pada pengelolaan kegiatan pemasaran Anda. Untuk melakukan hal tersbut, Anda dapat memanfaatkan aplikasi FORCA CRM. FORCA CRM merupakan aplikasi Customer Relationship Management yang dapat memudahkan Anda dalam pengelolaan penjualan dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan. 

 

Tertarik mengetahui fitur FORCA CRM secara lengkap? Hubungi kami.