Procsi, Inovasi Pengelolaan Pengadaan yang Menawarkan Efektivitas dan Efisiensi

Monday, 6 March 2023

Tidak dapat dipungkiri, salah satu faktor yang menjadi kunci kesuksesan perusahaan memimpin industri adalah inovasi. Inovasi seakan menjadi pilihan jitu untuk atasi berbagai kebutuhan utamanya dalam hal membantu kemudahan operasional bisnis.

Meski inovasi telah terbukti mendorong pertumbuhan bisnis, nyatanya pada pelaksanaan hal ini dapay menimbulkan beberapa kekhawatiran. Seperti contoh penggunaan aplikasi pengadaan yang mulai masif digunakan oleh sebagian besar perusahaan. Tak sedikit yang beranggapan bahwa sistem ini terlalu rumit dan perlu waktu lama untuk mempelajari prosesnya. Padahal sebenarnya platform ini tak serumit yang dibayangkan jika kita dapat memilih solusi yang tepat dan memahami dengan teliti setiap bagiannya, seperti penggunaan aplikasi Procsi.

Aplikasi Procsi merupakan inovasi aplikasi untuk proses procurement yang membantu optimalisasi supply chain dan meningkatkan produktivitas bisnis. Aplikasi ini dirancang untuk mengotomasi interaksi antara perusahaan dengan vendor atau pelanggan untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi proses pengadaan.

 

Akan tetapi tentu diantara kita bertanya-tanya seberapa pentingnya penggunaan aplikasi e-procurement Procsi dalam efektivitas dan efisiensi pada bisnis. Berikut ulasannya;

  1. Memilih supplier dan vendor yang tepat

Pada umumnya proses pengadaan akan meliputi serangkaian proses panjang yang harus dilakukan. Tentunya proses ini terlihat lebih sederhana dalam tulisan dibandingkan dengan prakteknya. Sekedar untuk melakukan pencarian vendor saja bisa memakan waktu. Proses membandingkan harga dari beberapa vendor juga cukup memakan waktu lama. Apalagi terdapat juga proses request quotation, pitching, hingga approval yang akan menghabiskan banyak waktu serta tenaga.

Dengan penggunaan Procsi, dapat mendorong pemasok atau vendor untuk berpartisipasi dalam proses pengadaan publik dengan lebih cepat. Pada tahapan pencarian produk, harga, spesifikasi, dan vendor pun jauh lebih mudah karena tersedia dalam data online. Proses pembelian juga sama cepatnya seperti belanja online, bahkan untuk sekedar persetujuan juga dapat dilakukan secara online. Sebagai pengguna aplikasi Procsi Anda juga dapat memantau dari mana saja dan kapan saja dengan lebih efisien tenaga serta juga waktu.

  1. Pemantauan transaksi pembelian hingga pengiriman

Sistem pengadaan Procsi dapat membuat pelaksanaan pengadaan barang atau jasa dapat berjalan secara transparan, adil, dan menciptakan persaingan yang sehat. Sistem ini akan secara otomatis melakukan pencatatan terhadap proses pengadaan yang dilakukan dari mulai proses request, pitching, approval, bahkan hingga pemantauan lokasi terkini barang hingga tiba di perusahaan sesuai dengan jumlah pemesanan. Jika produk berupa jasa maka yang perlu dipastikan adalah pekerjaan selesai sesuai perjanjian. 

Adapun manfaat lain yang dapat Anda peroleh jika Anda dapat melakukan pemantauan transaksi ini adalah waktu siklus pengadaan yang juga menjadi lebih singkat dengan kemudahan komunikasi antara Anda dengan vendor. Sederhananya, proses dalam aplikasi Procsi akan menghilangkan aktivitas yang tidak perlu dan memungkinkan Anda untuk terfokus pada tugas yang lebih strategis. Anda dapat memastikan bahwa prosedur dan proses pengadaan barang maupun jasa telah sesuai dengan kebijakan perusahaan.

  1. Menganalisis kebutuhan perusahaan dengan lebih cepat

Sistem pengadaan barang melalui penggunaan aplikasi Procsi tak hanya menyingkat waktu dan tenaga dari SDM yang terlibat. Proses pengadaan dengan dukungan Procsi ini juga akan memudahkan Anda dalam membuat dan menganalisis laporan terkait pengadaan barang dan jasa dengan lebih cepat. 

Aplikasi Procsi akan mencatat dengan benar history pembelian perusahaan dalam aplikasi. Sehingga Anda sebagai pengelola proses pengadaan dapat memahami dengan benar apa saja kebutuhan perusahaan. Anda juga dapat lebih mudah untuk mengajukan permintaan barang atau jasa kembali sehingga akan jauh lebih efisien.

  1. Mengurangi terjadinya kesalahan

Salah satu kelebihan dari Procsi adalah dapat digunakan untuk menyimpan data atau informasi perusahaan dalam jumlah tak terbatas.  Sehingga Anda tidak perlu takut ada dokumen yang hilang karena semua tersimpan dalam server. Setiap dokumen akan berbentuk digital sehingga tampak lebih sederhana serta rapi, sehingga Anda akan lebih mudah untuk mengoreksi kesalahan yang mungkin terjadi. 

Selain itu, histori pesanan pengadaan juga dapat Anda jadikan referensi untuk membandingkan pesanan baru dengan yang sebelumnya guna menghindari terjadinya kesalahan sebelum pembayaran.

 

Aplikasi e-procurement Procsi telah menjadi kebutuhan perusahaan untuk memenuhi proses pengadaan yang mereka miliki. Sistem ini dapat digunakan oleh semua jenis perusahaan baik skala nasional, maupun menengah. E-Procurement dapat menyederhanakan proses pengadaan sekaligus menghemat waktu dan tenaga sehingga akan lebih efektif dan efisien. 

Beralih dari sistem procurement konvensional ke Procsi akan memberi Anda banyak keuntungan. Ingin mengetahui lebih detail tentang aplikasi Procsi untuk kebutuhan bisnis Anda? Hubungi kami sekarang juga.