Shared Services SISI yang Bermanfaat untuk Tingkatkan Layanan Publik BUMN

Thursday, 23 February 2023

Peran BUMN harus semakin kuat sebagai agen pembangunan dan penciptaan nilai yang berkelanjutan. Kekuatan BUMN sebagai sumber daya negeri ini harus bisa bertahan hingga lintas dekade dan bisa menjadi warisan generasi selanjutnya.

Untuk mewujudkan bisnis yang berkelanjutan, BUMN diharapkan dapat mengutamakan efisiensi dan efektivitas dalam menjalankan proses bisnis. Shared services dapat menjadi jawaban bagi masalah tersebut.

Perusahaan BUMN beberapa di antaranya yang telah memanfaatkan layanan shared services adalah beberapa perusahaan yang tergabung dalam Telkom Group, seperti Telkom Indonesia, Telkom Metra, Telkom International, Telkom Satelit Indonesia, Telkomsigma, dan Finnet. Juga, Pertamina dan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI).

Mengawali jejak langkah perusahaan pada 9 Juni 2014, PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) merupakan anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yang saat ini dikenal dengan SIG. SISI merupakan tim inti Pengembangan dan Dukungan Operasional ICT (information and communication technology) untuk SIG dan seluruh anak perusahaannya. 

Saat ini SISI juga menyediakan layanan shared services sebagai solusi end-to-end pengelolaan proses bisnis yang berbasis digitalisasi. Layanan ini bekerja secara terpusat dengan mengkonsolidasikan aktivitas operasional bisnis perusahaan yang bersifat non-core atau transaksional.

Untuk mewujudkan reformasi birokrasi, perusahaan BUMN dan pemerintahan membutuhkan model shared services dengan nilai-nilai strategis seperti transparansi dan fleksibilitas.

Shared services yang sudah dipraktekkan di berbagai negara, baik di level private/korporasi, maupun di level pelayanan publik/pemerintahan, pada dasarnya merupakan konsolidasi fungsi layanan pendukung (back office) yang dijadikan satu, dalam satu pintu layanan, dipisahkan dari unit pengguna layanan dimaksud. 

 

Beberapa layanan Shared Services SISI yang bermanfaat untuk meningkatkan layanan publik perusahaan BUMN, di antaranya:

Operasional IT

Pada fungsi ini, layanan shared services akan menyediakan teknisi yang berpengalaman untuk mengelola operasional aplikasi & infrastruktur IT demi menjamin kelancaran operasional ERP, data center network, hingga end user device. 

Ruang lingkup fungsi operasional IT ini meliputi pengaturan pendekatan dan metode monitoring kinerja dengan menggunakan peralatan IT, pengawasaan penggunaan device, proses pelaporan secara periodik, serta proses perencanaan remediasi akibat deviasi hasil asesmen kinerja. Tata kelola IT operasional ini akan berfokus pada dua hal yakni bagaimana upaya fungsi IT memberikan nilai tambah bagi pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien.

Service Desk 

Layanan service desk ini menyediakan fungsi single point of contact (SPOC) melalui saluran telepon atau aplikasi untuk mengelola dan mendokumentasikan setiap permintaan layanan. Melalui layanan ini, perusahaan dapat meningkatkan kemampuan dalam memberikan produk dan layanan yang lebih optimal untuk para pelanggan maupun internal organisasi.

Selain menyediakan keahlian di bidang tertentu, perusahaan penyedia shared services dengan fungsi ini juga menggunakan teknologi mutakhir agar dapat terus melayani customer dengan berbagai persyaratan yang mengikuti tren bisnis masa kini. Jika suatu bisnis ingin menerapkan strategi efisiensi atau hemat biaya, maka fungsi layanan shared services ini bisa menjadi salah satu cara untuk mencapainya.

Layanan Lainnya

Layanan ini meliputi Internal Control System, Business Reporting Performance, Quality Assurance Team, Help Desk, dan pengembangan IT yang berkaitan dengan kebutuhan bisnis perusahaan. 

Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai layanan Shared Services sebagai solusi terpadu bagi proses bisnis yang berkelanjutan, hubungi kami di sini.