Strategi Jitu Penerapan Aplikasi Risk Management yang Optimal

Monday, 12 September 2022

Dalam lingkungan bisnis, topik risiko memang sudah seringkali dibicarakan. Sehingga penerapan aplikasi manajemen risiko rasanya menjadi hal yang penting dan harus dipahami oleh para pengusaha. Manajemen risiko merupakan proses mengidentifikasi, menilai, dan mengendalikan ancaman terhadap modal dan pendapatan organisasi. Risiko ini dapat berasal dari berbagai sumber termasuk ketidakpastian keuangan, masalah teknologi, kesalahan manajemen strategis,  bencana alam, dan sebagainya.

Program manajemen risiko yang berhasil, dapat membantu organisasi mempertimbangkan berbagai risiko yang dihadapinya serta menanggulangi risiko dengan lebih cepat. Pengelolaan risiko ini juga dapat memeriksa hubungan antara risiko dan dampak berjenjang terhadap tujuan strategis perusahaan. Manajemen risiko ini akan dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan dukungan teknologi. Namun penggunaan aplikasi akan jauh lebih optimal, jika sebelumnya Anda perhatikan beberapa hal berikut:

 

Lakukan pemahaman yang lebih terhadap risiko perusahaan

Alangkah lebih baik jika sebelum menerapkan aplikasi manajemen risiko, lakukan pemahaman secara menyeluruh tentang tujuan organisasi Anda. Hal ini akan memudahkan Anda dapat mengetahui risiko yang dapat terjadi di perusahaan dengan lebih baik karena memiliki arah yang lebih jelas. 

Libatkan setiap lini dalam perusahaan untuk mengetahui masalah apa yang perlu diselesaikan dan di mana sistem itu dibutuhkan. Pemahaman terkait dengan risiko yang terjadi di masing-masing bagian atau unit dapat membantu untuk menemukan solusi yang dibutuhkan dengan cepat.

Lakukan pemetaan risiko dengan aplikasi

Jika Anda akan menggunakan sistem aplikasi manajemen risiko, tentukan prioritas Anda. Sebaiknya lakukan pemetaan risiko dan penanganannya yang dapat dilakukan dalam jangka pendek dan jangka panjang. 

Selain itu, tentukan indikator keberhasilan dari setiap risiko pada sistem manajemen risiko Anda. Indikator keberhasilan yang telah ditentukan sebelumnya dapat memastikan Anda dapat mengukur efektivitas sistem melalui implementasi dan tujuan Anda dalam jangka panjang.

Tetapkan waktu penyelesaian risiko

Menerapkan sistem manajemen risiko adalah proses yang kompleks. Penting untuk memahami dengan tepat apa saja yang terlibat dan manajemen waktu yang diperlukan. Sebelum menggunakan aplikasi ada baiknya Anda dan pemilik aplikasi harus menetapkan garis waktu penentuan risiko hingga penyelesaiannya. Alih-alih ingin segera menggunakannya dan melakukan  implementasi terlalu cepat, mungkin akan ada sesuatu yang terlewat, atau sebaliknya. 

Libatkan juga pelaksana operasional perusahaan dalam penggunaan aplikasi

Beradaptasi dengan keadaan yang berubah menjadi hal yang penting ketika menerapkan sistem. Mungkin akan sedikit memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan, mungkin ada kesulitan teknis, atau juga seorang karyawan mungkin mengalami kesulitan selama pelatihan. Namun tidak menjadi masalah, karena ini akan lebih baik ketika kita melibatkan banyak orang dalam pelaksana operasional pengelolaan risiko. Libatkan juga semua pemangku kepentingan karena mereka mungkin memiliki informasi yang tidak Anda miliki, seperti best practice dan data historis lainnya.

Itu tadi beberapa strategi agar dapat melakukan implementasi aplikasi manajemen risiko dengan optimal. Pastikan Anda memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat menunjang kinerja. 

 

Kini telah hadir Firms, yang merupakan aplikasi manajemen risiko yang dapat menjadi acuan Anda dalam mengatasi risiko yang terjadi di perusahaan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Firms, hubungi kami lebih lanjut!