Alasan Perusahaan Anda Memerlukan Software ERP Indonesia

Monday, 12 September 2022

Untuk melakukan perencanaan bisnis pada suatu perusahaan memang tidaklah mudah. Perlu adanya integrasi yang baik pada manajemen hingga akhirnya mampu menghasilkan perencanaan bisnis dengan data yang akurat. Hal inilah yang akhirnya ditawarkan oleh software Enterprise Resource Planning atau ERP agar membantu bisnis Anda secara terintegrasi.

Lalu sebenarnya apakah setiap perusahaan harus menggunakan sistem ERP ini? Tentu saja jawabannya kembali lagi pada kebutuhan dan skala prioritas masing-masing perusahaan. Hanya saja, jika Anda ingin mengembangkan perusahaan dengan lebih efisien dan cepat, ERP bisa menjadi jawaban untuk memaksimalkan proses tersebut. 

 

Untuk itu, berikut beberapa alasan mengapa harus menggunakan software ERP Indonesia untuk perusahaan Anda.

Satu Software untuk Segala Kebutuhan

Sekarang ini masih banyak perusahaan yang menggunakan beberapa aplikasi perencanaan dan pengelolaan bisnis untuk mengurus berbagai kebutuhannya. Beberapa perusahaan membangun pembelian sistem informasi yang terpisah dan berbeda di setiap divisi, seperti misalnya untuk produksi, sales, HRD, gudang, dan finance.

Cara seperti itu memang tidak salah, hanya saja masih kurang efisien untuk dapat bersaing di era digital yang serba cepat ini. Untuk itulah ERP hadir untuk menangani segala kebutuhan tersebut ke dalam satu sistem yang terintegrasi. Dengan demikian, pengelolaan bisnis dan pengambilan data bisa dilakukan lebih cepat. Dan pastinya sangat berdampak baik bagi perkembangan perusahaan Anda.

Meminimalisir Waktu Penyusunan Laporan

Masih banyak perusahaan yang membuang terlalu banyak waktu hanya untuk menyusun laporan. Hal ini disebabkan oleh kondisi data yang terpisah-pisah di setiap divisi sehingga mengurangi nilai efisiensi perusahaan Anda.

Dan dengan menggunakan ERP, proses penyusunan laporan bisa dilakukan lebih cepat. Karena untuk setiap urusan administrasi, laporan keuangan, otomatisasi pekerjaan, hingga kinerja dan sumber daya bisa dikalkulasi secara otomatis oleh sistem ERP dan bisa langsung Anda gunakan sebagai data laporan.

Meminimalisir Perbedaan pada Setiap Divisi

Adanya suatu konflik data pada setiap divisi perusahaan tentu saja menjadi hal yang biasa. Namun, jangan sampai konflik data ini terjadi secara berlebihan dan mempengaruhi kinerja dan perkembangan perusahaan. DI sinilah sistem ERP berperan untuk meminimalisir perbedaan dari masing-masing divisi.

Konflik data bisa diminimalisir karena setiap laporan yang diinput telah melalui proses otomatisasi dengan hasil data yang akurat dalam satu sistem. Cara ini juga sangat efisien jika dibandingkan penghitungan secara manual yang rentan terjadi kesalahan dalam penginputan data.

Tidak Perlu Audit Besar-besaran

Salah satu cara menemukan kesalahan data pada perusahaan adalah dengan melakukan audit secara besar-besaran. Cara ini memang boleh saja dilakukan, tetapi akan sangat mempengaruhi perkembangan perusahaan apabila dilakukan terlalu sering. Dan dengan adanya software ERP, perusahaan tidak perlu lagi terlalu sering melakukan audit karena semua data sudah terintegrasi menjadi satu dan pastinya akurat.

Meninggalkan Sistem Akuntansi yang Rumit

Dengan menggunakan ERP, itu berarti perusahaan Anda telah siap meninggalkan sistem akuntansi yang selama ini sangat rumit. Presentasi keberhasilan atau keuntungan pada bisnis bisa dikalkulasi secara otomatis. Sistem otomatisasi pada ERP ini akan memberi efek positif bagi setiap proses, kecepatan, dan peningkatan profit perusahaan. Hal inilah yang menjadikan ERP sebagai salah satu instrumen wajib bagi perusahaan Anda.

 

Salah satu software ERP Indonesia yang layak dipertimbangkan yakni FORCA ERP. Mengapa software ini menjadi penting dan bisa jadi salah satu pilihan Anda saat akan menerapkan ERP?

Pertama, FORCA ERP merupakan software buatan dalam negeri. Oleh karena itu, berbeda dengan ERP buatan luar negeri, FORCA ERP memiliki dan mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia.

Kedua, software FORCA ERP ini merupakan ERP SaaS, yang mampu mengintegrasikan sistem pada beberapa lokasi serta menyediakan cara yang mudah dan cepat untuk menjalankan bisnis.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan info lebih lanjut mengenai FORCA ERP, dapat menghubungi kami di sini.