Gelar Focus Group Discussion, Askrindo dan SISI Semangat Wujudkan Tata Kelola IT yang Baik

Tuesday, 20 June 2023

Sebagai bagian dari rangkaian kerja sama Penyusunan & Pengkinian Tata Kelola IT di  PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), SISI dan Askrindo baru-baru ini menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Agenda ini dilaksanakan secara offline di Aston Kemayoran City Hotel selama 2 hari sejak tanggal 15 – 16 Juni 2023 lalu.

Adapun dalam agenda ini terdapat beberapa pemaparan materi SOP berdasarkan best practice di antaranya mengenai IT Planning and Strategic, IT Operation, dan Arsitektur Enterprise. Dalam kesempatan ini pula, Achmad Tholchah selaku Direktur SISI, turut hadir memaparkan materi mengenai Awareness COBIT 2019. Penggunaan framework COBIT 2019 memperkenalkan serangkaian prinsip yang beroperasi pada high level yang menjadi best practice bagi implementasi tata kelola TI perusahaan.

Saat dihubungi di sela persiapan kegiatan, Yoga Winanda selaku Commercial Account SISI mengungkapkan bahwa pihaknya sangat menyambut baik FGD ini dengan berbagai persiapan materi yang up-to-date dan diharapkan kegiatan ini dapat berlangsung baik dan memperoleh hasil yang diinginkan.

“Kami berharap ini menjadi proses sharing knowledge yang baik guna menambah pemahaman lebih mendalam mengenai proses pelaksanaan tata kelola IT untuk membangun perencanaan strategis IT yang selaras dengan kebutuhan bisnis perusahaan,” ujar Yoga Winanda.

FGD yang diselenggarakan bersama ini merupakan kegiatan yang bersifat foundational dan selama kegiatannya menjelaskan berbagai tahapan dalam melakukan implementasi tata kelola teknologi informasi. Prinsip-prinsip tata kelola IT dijabarkan dengan menggunakan kerangka kerja atau framework COBIT berikut aplikasinya serta hubungannya dengan kerangka kerja lainnya. Dengan dilaksanakannya FGD ini diharapkan dapat menghasilkan output berupa dokumen yang menjadi prioritas untuk bisnis Askrindo.