Tingkatkan Kepercayaan Pelanggan Melalui Customer Experience

Friday, 14 April 2023

Meningkatkan kepercayaan pelanggan adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis. Bisnis yang mampu membangun kepercayaan akan membuat perilaku ketergantungan dari pelanggan. Ini dikarenakan pelaggan memiliki keterikatan, sehingga mereka menjadi lebih puas dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Hal ini tentunya juga membutuhkan upaya extra dan waktu yang tidak sebentar.

Dilansir dari Ecentrix, bahwa sebenarnya kesuksesan sebuah bisnis dipengaruhi oleh perusahaan yang memahami cara meningkatkan customer experience. Dengan lebih memperhatikan customer experience, pelanggan dapat disuguhkan pengalaman berinteraksi yang lebih baik. Peningkatan customer experience ini juga bisa salah satunya melalui website. Berinvestasi dalam memberikan customer experience yang baik adalah cara yang tepat untuk meningkatkan brand awareness, peningkatan keuntungan, dan efisiensi biaya dalam menjalankan bisnis.  

 

Website merupakan salah satu media awal yang penting dalam membangun customer experience. Elemen-elemen yang terdapat pada website dapat mempengaruhi ketertarikan dan kepercayaan konsumen. Berikut beberapa cara membuat website yang dapat meningkatkan kepercayaan customer untuk bisnis Anda yang lebih baik;

  1. Desain yang profesional

Sebuah tampilan website tak ubahnya seperti toko dalam kehidupan nyata. Kebanyakan konsumen cenderung menyukai serta nyaman terhadap toko yang bersih, penyimpanan barang yang rapi, serta interior ruangan yang menarik. Begitu pula pada website, Anda dapat meningkatkan kepercayaan terhadap customer melalui website yang memiliki tampilan bersih, rapi, dan juga menarik.

Anda dapat membuat tampilan website yang memiliki beberapa kategori arahan untuk memudahkan pelanggan atau calon pelanggan melihat berbagai hal dalam website Anda, seperti profil bisnis, membuat kategori produk, tutorial pemesanan, dan lain sebagainya. Desain website yang menarik akan memberikan kesan profesional bai usaha Anda dalam melayani customer dengan baik.

  1. Informasi yang jelas

Cara meningkatkan kepercayaan pelanggan melalui website selanjutnya yakni mencantumkan informasi yang jelas dan tepat. Informasi yang jelas di sini beragam mulai dari profil bisnis Anda, detail produk atau layanan yang Anda miliki, hingga cara memesannya. Dalam menyajikan informasi ini upayakan untuk tidak berbelit-belit dan selengkap mungkin. 

Sebagai contoh Anda akan memberikan informasi mengenai produk yang Anda tawarkan. Berikan detail informasi berupa nama produk yang jelas dan spesifik jika ada variannya, harga dan ketersediaan stok barang, deskripsi foto produk, dan sebagainya. Letakkan informasi tersebut pada bagian yang mudah dilihat oleh pengunjung website. Anda juga dapat menambahkan fitur live chat untuk memudahkan pelanggan menghubungi Anda dalam menanyakan informasi yang kurang jelas.

  1. Update website secara berkala

Keberhasilan sebuah website tidak terlepas dari penyajian informasi atau konten yang up to date di dalamnya. Adanya konten website yang diperbaharui secara berkala dapat bermanfaat untuk memungkinkan muncul di halaman pertama hasil mesin pencarian. Hal ini tentunya juga bermanfaat bagi calon pelanggan dalam menemukan produk atau layanan yang mereka butuhkan dengan, sehingga berdampak pada kepercayaan dan loyalitasnya.

  1. Tambahkan testimoni & review

Dalam era digital saat ini, adaptasi para pelanggan pun jauh berbeda dibanding sebelum-sebelumnya. Saat ini pelanggan jauh lebih cermat dalam memiliki produk dan layanan. Tak jarang mereka juga lebih selektif memilih produk berdasarkan testimoni dan review dari pelanggan sebelumnya. Testimoni memiliki peranan yang penting dalam perkembangan suatu produk atau layanan. Dampak pun bahkan mampu mengubah keputusan calon pelanggan. Untuk itu penting bagi Anda menambahkan menu testimoni dan review customer.

  1. Pastikan transaksi mudah & aman

Sebagian besar orang di era digital ini berharap dapat melakukan segalanya menggunakan fitur online di manapun dan kapanpun. Sebagai pemilik bisnis Anda harus berupaya untuk mengoptimalkan website agar lebih user friendly dengan memiliki kemudahan dalam melakukan transaksi. Ini bagian paling penting karena tentu tujuan akhir dari Anda membuat website adalah untuk meningkatkan penjualan. Dalam hal ini Anda harus mengoptimalkan segalanya agar lebih mudah termasuk dalam sistem pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman.

Apabila Anda menginginkan customer dapat membeli langsung pada toko dan website hanya sekedar pengenalan awal produk Anda, ada baiknya Anda melengkapi fitur-fitur website dengan lebih detail. Fitur-fitur ini seperti layanan bertanya melalui customer service dan lain sebagainya.

 

Itulah beberapa cara membangun kedekatan dan meningkatkan customer experience. Saat ini website sangat memegang peran penting untuk keberlangsungan bisnis. Sebagai upaya dukungan terhadap bisnis Anda, SISI telah hadir menyediakan berbagai solusi digital yang dapat mendukung pengembangan binis Anda. Klik di sini untuk mengembangkan bisnis Anda bersama SISI.