Transformasi SDM Dorong Inovasi pada Bisnis Perusahaan

Monday, 27 March 2023

Kini inovasi melalui penggunaan teknologi menjadi sebuah hal yang penting dalam bisnis. Sebuah bisnis yang baik dapat merangkul inovasi teknologi yang tidak hanya dapat memberikan nilai positif kepada pelanggan. Adanya teknologi juga memberikan keuntungan lain bagi internal perusahaan seperti menarik talenta terbaik, membangun organisasi yang merangkul budaya inovatif, dan membuat karyawan tetap terlibat dalam fungsi strategis perusahaan.

Bukan hal yang asing lagi jika saat ini sumber daya manusia (SDM) telah menjadi pendorong utama dalam membangun budaya inovasi serta pencapaian visi perusahaan. Kini di era serba digital penggunaan teknologi dapat membantu manajemen human resource (HR) dapat berfokus untuk mengotomatisasi proses HR dengan lebih cepat. Manajemen perusahaan pun dapat lebih mudah menemukan talenta yang lebih baik dalam perusahaan dengan lebih efisien. Ini terbukti signifikan membawa perubahan baik pada perusahaan.

Pengelolaan SDM dengan bantuan teknologi sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar pemilik bisnis. Teknologi kini telah melampaui fungsi HR yang ada untuk benar-benar membantu penyusunan kembali strategi manajemen karyawan dengan lebih praktis. Berikut beberapa dampak dari transformasi SDM untuk bantu inovasi kinerja perusahaan:

 

Menangkap peluang baru

Adanya teknologi SDM yang baik tentu juga diimbangi dengan proses evaluasi yang baik. Hal ini sangat berfungsi bagi pengelola SDM dalam melakukan pengelolaan dan penilaian terhadap seluruh karyawan dalam perusahaan. Tim SDM dapat mengakses, mengulas dan menganalisis data pegawai kapan saja dan dari mana saja secara real-time. 

Dengan adanya data yang terperinci dalam aplikasi SDM memudahkan Anda membuat perhitungan dan evaluasi akurat guna mengambil keputusan bisnis yang kritis. Bisa jadi ini akan menciptakan peluang baru yang menguntungkan bagi perusahaan. Manajemen dapat meningkatkan laba perusahaan dengan keahlian dan pengetahuannya tentang bagaimana SDM mempengaruhi keberhasilan perusahaan. Begitu pula dalam pengambilan keputusan perusahaan yang mendasari penilaian karyawan dan proyeksi kebutuhan tenaga kerja berdasarkan permintaan bisnis.

 

Manajemen konflik

Entah kapan saja dan di mana saja, konflik tidak akan dapat dihindari karena masing-masing individu memiliki pola pikir tersendiri dalam memandang sesuatu. Bahkan dalam tingkat perusahaan pun konflik bisa jadi timbul baik antara karyawan maupun karyawan dan atasan. Sebagai tim SDM, tentu memiliki tugas untuk menghindarkan konflik ini sehingga tertanam rasa aman dan nyaman dalam bekerja. 

Melalui penggunaan teknologi SDM, tim dapat dengan lebih mudah melakukan mediator atau konselor untuk memilah karakter dan background karyawan ini secara efektif. Tim SDM harus mampu mengambil tindakan yang tepat serta pembagian unit kerja yang pas untuk memastikan tidak ada konflik yang lepas kendali.

 

Melakukan pembinaan hubungan baik

Karyawan merupakan salah satu bagian terpenting bagi sebuah perusahaan dan juga organisasi. Adanya teknologi SDM ini bertujuan untuk mengatur dan juga menghubungkan setiap sumber daya manusia yang ada di dalam sebuah perusahaan secara efektif dan efisien. 

Inovasi teknologi SDM memanfaatkan data dan teknologi seluler untuk melibatkan karyawan. Misalnya, hanya dalam hitungan menit, tim SDM dapat mengirimkan survey pada karyawan untuk mengumpulkan umpan balik tentang bagaimana perusahaan dapat melayani mereka dengan lebih baik. Melalui database dalam aplikasi ini pula tim SDM dapat mengetahui kebutuhan soft skill apa saja yang dibutuhkan oleh karyawan, sehingga dapat mengembangkan SDM dengan lebih baik. Bidang pelatihan dan pengembangan karyawan ini bertujuan untuk mempersiapkan calon pemimpin perusahaan dan tim SDM mengambil peranannya sebagai pengawasan dan mengarahkan manajemen berikutnya.

Apa pun visi bisnis Anda saat ini, perusahaan akan lebih siap untuk mencapainya dengan memilih inovasi teknologi SDM yang selaras dengan strategi bisnis Anda. Hal ini berarti Anda perlu menemukan platform dengan layanan dan fitur yang dapat membantu bisnis dapat mencapai tujuannya dan beradaptasi dengan kebutuhannya seiring perkembangannya.