Tren Point of Sales, Teknologi Penunjang Bisnis Retail

Monday, 19 September 2022

Pasca pandemi COVID-19 melanda, aktivitas belanja online kini menjadi hal normal yang baru. Beragam teknologi pun mulai banyak ditawarkan untuk memuaskan gaya hidup baru yang dilakoni masyarakat saat ini. Untuk memenuhi tuntutan konsumen yang semakin tanggap dengan teknologi ini, sebagian besar bisnis retail pun harus memigrasikan bisnisnya menuju cloud.

 

Jika dilihat lebih jauh, saat ini teknologi Point of Sales (PoS) sudah tidak lagi opsional untuk bisnis. Namun manfaatnya sangat dibutuhkan oleh bisnis baik kecil maupun besar untuk mengelola barang yang ada dalam suatu usaha retail. Kini keberadaan sistem PoS  berfungsi ganda sebagai sistem kontrol stok dan juga penjualan untuk yang masih berbelanja secara offline. Berikut beberapa fungsi lebih jauh mengenai manfaat utama aplikasi PoS saat ini;

  1. Transaksi Tanpa Sentuhan Melalui Sistem POS Seluler

Pandemi COVID-19 belum sepenuhnya usai, hal ini mengakibatkan meningkatnya masalah kesehatan dan kebersihan. Sudah mulai banyak pembeli menjadi lebih berhati-hati untuk menyentuh apa pun di belakang meja kasir. Untuk menahan diri dari menggunakan uang tunai dan meminimalkan kontak fisik, transaksi tanpa uang tunai menjadi alasan umum bagi banyak bisnis ritel. Teknologi PoS dapat mengakomodir kebutuhan tersebut dengan berbagai pilihan layanan pembayaran.

Selain menyediakan cara yang lebih bersih untuk membeli barang, lebih banyak pembeli menyukai membeli barang dengan platform interaktif ketuk layar dan bayar sebagai cara yang lebih nyaman untuk menyelesaikan transaksi di toko ritel. Hal ini mendorong peningkatan adopsi sistem penjualan ke end user konsumen atau pengecer yang dapat dilakukan dengan aplikasi selular atau platform sejenisnya. Sehingga ini memungkinkan para penjual untuk mengakomodasi lebih banyak pelanggan yang menggunakan pembayaran non tunai tanpa sentuhan dan dompet seluler.

  1. Adopsi Sistem POS yang Dihosting Cloud

Solusi PoS yang dihosting di cloud, sering kali terintegrasi dengan perangkat aplikasi PoS. Teknologi ini secara otomatis mencadangkan dan menyinkronkan data di cloud melalui server jarak jauh. Hal ini memudahkan untuk melindungi dan memperbarui informasi tentang bisnis ritel, menyediakan penyimpanan terpusat untuk semua inventaris dan data penjualan.

Selain itu, perangkat lunak PoS berbasis cloud dapat meningkatkan visibilitas data untuk bisnis ritel. Ini memungkinkan pemilik bisnis dapat melakukan monitoring darimana saja dan kapan saja. Keseluruhan data bisnis dapat diakses dengan mudah melalui Internet. Ini berarti Anda dan karyawan yang terlibat dapat melihat total harian, laporan produktivitas, dan jumlah inventaris secara real-time.

  1. Mampu mengetahui trend penjualan

Sistem PoS melacak inventaris mana yang dijual dan item mana yang kurang populer di kalangan pelanggan. Demikian juga, data PoS memberikan wawasan tentang tren musiman dan memungkinkan peningkatan margin berdasarkan data harga. Hal ini memudahkan Anda untuk mengoptimalkan analitik data ritel dan mendorong penjualan dengan lebih tinggi.

  1. Pengalaman belanja dari toko yang dipersonalisasi

Dengan persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini, memaksa penjual harus menyediakan pelayanan yang jauh lebih baik. Melalui personalisasi yang baik dengan teknologi penunjang pembelian PoS, akan membentuk pengalaman berbelanja yang lebih baik pula. Hal ini akan menjadi faktor utama mereka mau kembali merujuk bisnis Anda sebagai referensi untuk berbelanja. Bahkan, dengan personalisasi yang baik konsumen akan bersedia membayar lebih untuk pengalaman berbelanja yang lebih baik ini.

 

Itu tadi beberapa fungsi PoS yang tetap dapat mengikuti tren maraknya teknologi yang semakin pesat. Selain fungsi di atas, teknologi PoS memiliki guna untuk efisiensi dengan mengelola inventaris Anda dengan lebih mudah. 

Untuk kebutuhan bisnis ritel Anda dapat memanfaatkan aplikasi FORCA PoS. Aplikasi FORCA PoS mampu membantu pengguna melakukan pencatatan dalam transaksi penjualan dan pembelian, sekaligus memantau aktivitas dan performa bisnis dalam satu waktu. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!