Tren Shared Services yang Perlu Anda Ketahui demi Bisnis yang Profitable

Thursday, 1 December 2022

Layanan shared services adalah prinsip yang menggabungkan layanan dukungan “non-inti” (back office). Layanan yang disediakan shared services center (SSC) memungkinkan untuk memangkas biaya, meningkatkan kualitas layanan, standarisasi dan harmonisasi proses, dan fleksibilitas platform pengiriman layanan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Shared services ini ada beberapa penyebutan yang variatif, mulai dari “shared services” dan “business services” hingga “support services”. Namun, dari semua sebutan itu, yang konsisten adalah fakta bahwa, dalam skenario praktik terbaik, SSC melaporkan baik langsung maupun tidak langsung kepada dewan eksekutif, dan menjalankan unit yang berdiri sendiri dengan keahlian inti yang berakar kuat dalam layanan “non-inti” organisasi. 

Pendanaan dan sumber daya layanan dibagi dan SSC secara efektif menjadi penyedia layanan internal, sering kali bersaing dengan penyedia pihak ketiga eksternal (penyedia outsourcing proses bisnis/BPO).

Model shared services awalnya diterapkan oleh perusahaan di AS, yang mengakui bahwa masuk akal untuk mengkonsolidasikan layanan dukungan duplikat yang tersebar di seluruh anak perusahaan ataupun anak cabang. Lingkungan bisnis Anglo-Saxon dengan cepat mengadopsi shared services

Pada awalnya, penyerapan model ini lebih lambat di benua Eropa, sebagai akibat dari pembatasan tenaga kerja dalam negeri dan kecenderungan gaya manajemen proteksionis. Meskipun pada akhirnya Eropa Tengah dan Timur sejak itu menyaksikan ledakan dalam ekspansi, didorong oleh organisasi yang ingin mengambil keuntungan dari biaya tenaga kerja yang lebih rendah. 

Di pasar yang sedang berkembang di Amerika Latin dan Asia, shared services dengan cepat dimanfaatkan untuk menyediakan jenis fleksibilitas sumber daya yang dibutuhkan dalam memperluas pasar.

Saat suatu organisasi memutuskan bahwa shared services layak dilakukan, ada beberapa keputusan yang perlu dibuat:

 

Bagaimana cara memilih model shared services?

Divisi yang paling umum dialihdayakan ke dalam shared service center (SSC) adalah sumber daya manusia (SDM), keuangan dan akuntansi, dan TI. Pada kenyataannya, layanan non-inti mencakup manajemen aset, dukungan hukum, manajemen armada, dan sebagainya.

Keuntungan awal terbesar telah ditemukan dalam fungsi keuangan dan akuntansi, dan sektor ini, yang cukup bersifat transaksional, tetap menjadi pasar terbesar untuk layanan bersama. 

Ada kecenderungan yang meningkat bagi perusahaan untuk fokus pada proses pengadaan, dan secara global kami melihat banyak aktivitas dalam menerapkan layanan bersama ke area ini. Fokus selanjutnya diperluas ke procure-to-pay, yang mendukung pengakuan bahwa keuntungan terbesar akan diperoleh sebagai hasil dari kebijakan yang tepat.

SDM, meskipun menghadapi persyaratan unik di dalam negeri, masih dapat mendukung platform perusahaan global, dan sebagian besar teknologi swalayan dan otomatis yang telah muncul selama beberapa dekade terakhir telah sangat mendukung layanan bersama SDM.

Anda harus memastikan bahwa pimpinan fungsional di perusahaan memahami hal itu dan bahwa mereka dapat berbagi pertanggungjawaban di seluruh prosesnya. 

Teknologi Informasi (IT) cenderung tidak memiliki format kaku dalam suatu perusahaan, sehingga sulit untuk dijabarkan sebagai fungsi “pendukung”, seperti halnya pemasaran, penjualan, manufaktur, dll. Namun, IT sangat jelas cocok untuk model SSC dan hari ini mewakili segmen terbesar ketiga di pasar ini.

 

Tren Model In-sourcing atau Outsourcing

Dalam shared services, “in-sourcing” hanya mengacu pada pengiriman layanan dari operasi layanan bersama in-house (SSO). Layanan ini bisa di dalam negeri, regional, atau global, tetapi semuanya merupakan layanan terpusat. 

Saat ini, kita sering mendengar istilah “smart sourcing”, yang mengacu pada keseimbangan yang lebih ideal antara in-sourcing dan outsourcing. Outsourcing yang dimaksud adalah menggunakan shared services center yang disediakan oleh pihak ketiga.

Ada beberapa penyedia layanan SSC yang memiliki spesialisasi dalam layanan outsourcing proses bisnis di bidang keuangan, SDM, dan fungsi lainnya. Penyedia ini akan dengan senang hati mengambil seluruh proses Anda dan memberikan layanan ini kembali kepada Anda dengan biaya lebih rendah – berdasarkan biaya per transaksi atau ukuran standar lainnya.

 

SISI sebagai salah satu penyedia layanan shared services juga berkomitmen memberikan inspirasi di tengah tren ke depan.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai layanan Shared Services SISI sebagai solusi terpadu bagi proses bisnis yang berkelanjutan, hubungi kami di sini.