10 Tokoh Millennial yang Mengharumkan Indonesia di Bidang IT

Friday, 12 November 2021

10 November menjadi momen yang penting bagi bangsa Indonesia. Pada tanggal tersebut, Indonesia selalu memperingati hari pahlawan dengan mengenang jasa para pahlawan yang telah berhasil merebut kemerdekaan maupun mempertahankan kemerdekaan serta memberikan sumbangsih bagi stabilitas bangsa. Sebagai kaum milenial kita pun tetap bisa menjadi pahlawan masa kini, yakni dengan berprestasi mengharumkan nama Indonesia, salah satunya dapat melalui bidang teknologi. 

Saat ini banyak sekali pemuda-pemudi yang kian bermunculan untuk terus berinovasi bahkan menemukan hal-hal baru di bidang teknologi. Mereka telah memberikan sumbangsih besar terhadap kemajuan di tengah masyarakat modern. Dari beberapa sosok yang membanggakan tersebut, dikutip dari laman gametechno berikut adalah sepuluh di antaranya yang berhasil membanggakan negara di kancah nasional hingga internasional,

 

 

  • Khoirul Anwar

Khoirul Anwar, pria asal kediri ini adalah seorang ilmuwan yang dikenal sebagai pemilik paten teknologi broadband yang menjadi standar internasional ITU, baik untuk sistem terestrial (di bumi) maupun satelit (di luar angkasa). Dirinya sempat disebut sebagai penemu 4G LTE, namun pihaknya membantah dan menegaskan bahwa ia hanya mengerjakan konsep dasar dengan dua Fast Fourier Transform (FFT) berpasangan, yang dipakai dalam 4G uplink.

 

  • Anantya Van Bronckhorst

Dunia teknologi informasi lekat dengan kesan rumit dan sulit dipahami. Namun upaya Anantya Van Bronckhorst adalah salah satu bukti sukses bahwa dirinya bisa menaklukan segala kerumitannya. Dirinya berhasil menjadi entrepreneur digital, mengelola Think.Web dan sederet sister company-nya. Sejak tahun 2007 lalu, bisnis digital yang ia geluti ini mampu mencapai hingga 70% setiap tahunnya.

 

  • Shinto Nugroho

Wanita pemilik nama lengkap Dyan Shinto E. Nugroho ini memang sudah tidak asing lagi bagi kita. Dirinya saat ini menjadi Chief Policy and Government Relations Go-jek. Tetapi kiprahnya di bidang teknologi pun sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebelum dirinya di Gojek, ia pernah menjadi seorang Head of Public Policy and Government Relations di Google Indonesia tahun 2013 lalu. Berkat pengalaman tersebut, dirinya juga dipercaya menjadi staf Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 2010 lalu. 

 

  • Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo kini bisa dibilang sebagai seorang serial entrepreneur. Seperti ketagihan pada perkembangan teknologi bisnis saat ini, Ryan sukses mendirikan beberapa startup secara berkelanjutan. Ia saat ini menjadi founder dari tiga startup sekaligus, yaitu Sribu, sebuah situs penghubung antara klien yang ingin membutuhkan desain dengan komunitas desainer, SribuLancer, platform online yang menghubungkan klien dengan freelancer dan Halo Diana, asisten virtual pribadi. Meskipun dirinya mengaku tidak memiliki background bisnis sama sekali, tidak membuat dirinya pesimis untuk mengembangkan startup tersebut. Peminatnya pun tak hanya dari Indonesia, tetapi juga orang-orang dari luar negeri.

 

  • Andre Surya

Pria asal Jakarta ini merupakan orang Indonesia yang berperan dalam pembuatan film mendunia seperti Iron Man, Transformer, Terminator, Star Trek dan juga pendiri dari Enspire School of Digital Art (ESDA). Saat duduk di bangku SMP Andre mempelajari 3D visual effect secara otodidak dari google. Semenjak itu, ia pun ketagihan dengan dunia 3D visual effect dan mengantarkan dirinya dalam kompetisi hingga menang berkali-kali di kejuaraan luar negeri. Andre pun diterima di Lucasfilm yang merupakan production company tersukses di dunia dan menjadikan dia digital artist ternama.

 

  • Rini Sugianto

Rini Sugianto adalah seorang animator, fotografer, dan desainer wanita. Ia dikenal dengan karya-karyanya yang mendunia dan memiliki nama di seluruh penjuru dunia seperti The Adventure Of Tintin: The Secret Of Unicorn dan The Hobbit: An Unexpected Journey. 

 

  • Jim Geovedi

Pria asal Bandar Lampung ini adalah seorang pakar keamanan teknologi informasi ternama asal Indonesia. Jim Geovedi berfokus pada penemuan celah keamanan komputer dan jaringan dengan kekhususan sistem telekomunikasi maupun satelit. Dirinya juga berhasil mendirikan C2PRO Consulting, perusahaan konsultan IT umum untuk lembaga pemerintahan. Geovandi juga banyak dikenal dalam kiprahnya membantu Komisi Pemilihan Umum(KPU) dalam upaya menemukan pelaku peretas website KPU yang menjebol pusat data penghitungan suara.

 

  • Muhaimin Iqbal

Melihat sosok yang satu ini, pasti sudah tidak asing lagi sebagai pencetus dari ide startup iGrow, startup yang menjadi juara dua di kompetisi tingkat internasional di Istanbul, Turki pada tahun 2015 bersama dengan Andreas Senjaya. Sejak dirilis, iGrow kini telah memiliki 1.247 hektar lahan, 10.682.001 pohon yang ditanam, 23.965 member serta 2.300 petani. Dari statistik sebanyak itu, terdapat 351.840 kg CO2 yang terserap. Hal ini tentu saja berdampak baik bagi lingkungan. Beliau juga adalah pendiri dari Gerai Dinar dan websitenya. 

 

  • Wahyu Ichwandardi

Tak pernah ada yang menyangka, seorang animator Tanah Air berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional berkat karyanya yang unik. Wahyu Ichwandardi atau yang akrab disapa Pinot, ini telah diakui oleh dunia internasional dalam dunia animasi. Salah satu karyanya yang melambung adalah versi vintage dari trailer Star Wars: The Last Jedi yang dibuat menggunakan komputer Apple Macintosh tahun 1984, KoalaPad 1984, dan sebuah program bitmap.

 

  • Borrys Hasian

Salah satu pakar UX/UI-nya Google ternyata ada yang dari Tanah Air loh. Beliau bernama Borrys Hasian. Pria lulusan Electrical Telecommunication di Institut Teknologi Telkom ini sejak tahun 2015 telah menjadi mentor UX/UI pada Google Launchpad Global Mentor. Tugasnya adalah mendampingi dan membimbing startup dari seluruh dunia di Silicon Valley, di bawah program Launchpad Accelerator Google. 

 

 

Bagaimana sobat, menarik bukan pengalaman dari ke-10 sosok tokoh milenial ini? Di tengah momentum 10 November ini semoga dapat menjadi motivasi agar kita selalu mengimplementasikan semangat para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat membanggakan negara Indonesia. Selamat Hari Pahlawan, jasamu akan selalu dikenang!